Sepurologi - Kamus Istilah Seputar Kereta Api Indonesia Untuk Umum

Discussion in 'KAORI Sepur - Railfans Indonesia' started by Imran Hanif, Aug 2, 2009.

reon comics

  1. Imran Hanif

    Imran Hanif Densha no Kuni, Nozomi no Shoujo Kaori Ace!

  2. xchalant

    xchalant Sadako's boyfriend Kaori Ace!

    Dari yg paling mendasar sekali :

    Kereta Api

    Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya). Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.

    [​IMG]
     
  3. Imran Hanif

    Imran Hanif Densha no Kuni, Nozomi no Shoujo Kaori Ace!

    Guide di sini, juga fungsinya buat membantu supaya kita bisa diskusi dengan nyaman, kalo ada istilah sulit, bisa membuka kamus ini :D
     
  4. we supratman

    we supratman New Member

    dari milis

     
  5. Shin Muhammad

    Shin Muhammad Administrator Staff Member Administrator Moderator

    Biar sedikit yg pernting bermakna...

    Railfans = Pencinta kereta api
    Cabriding = Naik kereta di lokomotif
    T23 = Surat ijin naik di lokomotif
    Daop = Daerah Operasi
    S21 = Sekip / Tanda Akhiran kereta
    Fakultatif = Berjalan dihari tertentu (kereta tambahan)
    PLH = Peristiwa Luarbiasa Hebat (Kecelakaan berat yang melibatkan kereta api dan mengakibatkan korban jiwa dipihak kereta api)
    PL = Peristiwa Luarbiasa (Kecelakaan yang melibatkan kereta api tapi tidak mengakibatkan korban jiwa dipihak kereta api)
    RINJA = Rintang Jalan (gangguan selama perjalanan)
    Kereta = Gerbong PNP
    Gerobag = Gerbong Barang
    Stoker = Juru Api / Asisten Masinis
    Sepur Belok = Kereta masuk wesel
    Sinyal Elektrik = Sinyal yang menggunakan lampu sebagai petunjuk (merah, kuning, hijau)
    Sinyal Lengan / Sinyal Mekanik = Sinyal manual
    Kereta B = Kereta Begasi
    BP = Kereta Begasi Pembangkit (Kereta begasi dengan genset)
    KM = Kereta Makan
    KP = Kereta Pembangkit (kereta penumpang dengan genset)
    KMP = Kereta Makan Pembangkit (kereta makan dengan genset)
    K1 / EXA = Kelas Executive
    K2 = Kelas Bisnis
    K3 = Kelas Ekonomi
    PNP = Penumpang
    PK = Pengawas Komunikasi
    KP = Kondektur Perjalanan
    Prama / Prami = Pramugara / Pramugari
    PLKA = Pelayan Kereta Api
    Perka = Perjalanan Kereta Api
    BLB = Berhenti Luar Biasa (berhenti tidak normal)
    Normal = Berhenti sesuai T100
    T100 = Tabel perjalanan kereta api berisi daftar stasiun, waktu, petak km, tempat silang susul dan kecepatan
    Taspat = Batas Kecepatan
    BY = Balai Yasa (Tempat Perbaikan)
    Dipo = Semacam pool/depo
    PA = Pemeriksaan Akhir
    PB = Pemeriksaan Berkala
    MS = Melalui Sinyal (diberikan ketika sinyal darurat / emergen)
    Silang = Berhenti menunggu kereta dari arah yang berlawanan
    Susul = Berhenti menunggu kereta dari arah yang sama dibelakang kereta yang berhenti
    CC201 = Jenis Lok Type Diesel Elektrik Model U18C
    CC203 = Jenis Lok Type Diesel Elektrik Model U20C
    Gandar = As
    Aspan = As Panas
    LokPen = Lokomotif Penolong
    LPT = Lokomotif Pengganti
    TM = Traksi Motor
    S35 = Semboyan 35 (suling / Klakson)


    Dari milis keretapi (at) yahoogroups.com :fyi:




    Disticky deh :ngacir:
     
  6. Kaz

    Kaz Mr. Trollface Berkacamata Kaori Addicted!

    Tanya, Prameks itu apa?
     
  7. Shin Muhammad

    Shin Muhammad Administrator Staff Member Administrator Moderator

    Prambanan Ekspres, KRD Komuter relasi Kutoarjo - Yogyakarta - Solo Balapan :D

    [​IMG]
     
  8. Evangeline

    Evangeline >,...> Kaori Addicted!

    [Tanya] Pengait antar Gerbong Kereta di sebut apa ?
     
  9. tokyu8500fan

    tokyu8500fan Road 2 Future | 寄付に願望 Kaori Addicted!

    @Eva:

    Pengait antar dua kereta = coupler/penyambung.

    Sedikit istilah dalam kereta api:

    TC = Trailer Controller Car/Coach, yaitu kereta tanpa motor traksi namun berkabin masinis.
    MC = Motorised Controller Car/Coach, yaitu kereta bermotor traksi dan juga berkabin masinis.
    TEC = Trailer Engine Car/Coach, yaitu kereta tanpa motor traksi namun berkabin masinis dan memiliki mesin diesel.
    MEC = Motorised Engine Car/Coach, yaitu kereta bermesin diesel, bermotor traksi dan juga berkabin masinis.
    TMEC = Trailer Motorised Engine Car/Coach, yaitu kereta bermesin diesel, bermotor traksi dan juga berkabin masinis yang dilengkapi bogie model artikulasi (pada railbus).

    Larat = kereta yang berjalan sendiri tanpa mengaktifkan/memiliki mesin penggerak, yang disebabkan oleh kemiringan medan jalur.

    M1 = kereta kompartemen kelas eksekutif.
    MP2 = kereta kompartemen dan pembangkit kelas bisnis.
    MP3 = kereta kompartemen dan pembangkit kelas ekonomi.
     
  10. xchalant

    xchalant Sadako's boyfriend Kaori Ace!

    Tanya juga ah~
    Apa benar kalau rem bahaya yg ada di tiap gerbong kereta itu jika ditarik bakal bikin seluruh rangkaian kereta berhenti?
    Terus apa hukumannya kalau ada penumpang yg iseng?

    Satu lagi, bagaimanakah caranya jika kita hendak memberhentikan kereta dari luar, adakah kode/ rambu yg dimengerti masinis misalnya jika kita tahu bahwa di depan ada jembatan runtuh?
     
  11. tokyu8500fan

    tokyu8500fan Road 2 Future | 寄付に願望 Kaori Addicted!

    1. Sebenarnya untuk mengaplikasikan rem darurat tidak perlu dengan menarik rem di setiap kereta, akan tetapi cukup pada satu kereta saja maka semua kereta dalam 1 rangkaian akan berhenti termasuk lok jika ada, karena setiap kereta terhubung dengan sistem rem bertekanan udara yang berada pada persambungan antar kereta (kecuali untuk rangkaian kereta barang yang beberapa jenis gerbongnya masih menggunakan rem tangan dan memerlukan juru rem).

    Permasalahannya, hingga saat ini sama sekali belum ada sanksi resmi bagi penumpang yang dengan sengaja menarik rem darurat ataupun 'menembeng' (menutup saluran bertekanan pada persambungan antar kereta).

    2. Untuk memberitahu masinis bahwa terjadi insiden seperti jembatan amblas, longsor dan sebagainya di mana rangkaian KA wajib berhenti, biasanya diberikan semboyan 3 seperti ini:

    [​IMG]

    Tanda semboyan 3 dapat dibuat oleh masyarakat dengan mengibaskan kain warna merah atau memberi tanda yang sejenis, yang mana masinis akan segera menghentikan rangkaian KA di depan tanda semboyan tersebut.
     
  12. xchalant

    xchalant Sadako's boyfriend Kaori Ace!

    Oh gitu ya, mengenai rem darurat udah jelas.

    Semboyan3 itu kalau kondisi gelap atau malam hari gimana caranya?
     
  13. tokyu8500fan

    tokyu8500fan Road 2 Future | 寄付に願望 Kaori Addicted!

    Biasanya untuk keadaan malam hari bisa menggunakan lampu senter atau lentera warna merah baik murni warna merah atau dengan filter, seperti halnya semboyan 40 (tanda rangkaian KA dipersilakan untuk berangkat).

    Data semboyan 3, diambil dari reglemen 3 mengenai semboyan:

    Jika ada yang dirasa kurang jelas, silakan bertanya kembali mengenai hal yang kurang jelas tersebut.
     
  14. xchalant

    xchalant Sadako's boyfriend Kaori Ace!

    Loko yg sekarang posisi duduk masinis itu sebelah kiri atau kanan, kalau biliknya di belakang kan penglihatan kehalang body loko?
     
  15. tokyu8500fan

    tokyu8500fan Road 2 Future | 寄付に願望 Kaori Addicted!

    Hampir semua lokomotif, KRD dan KRL di Indonesia memiliki meja kendali dan penempatan tempat duduk untuk masinis di sebelah kanan atau disebut skema right hand drive/RHD (karena letak persinyalan berada di sebelah kanan jalur), akan tetapi beberapa lokomotif seperti BB 204 dan semua KRL AC impor eks Jepang menggunakan skema LHD/left hand drive di mana meja kendali dan tempat duduk masinis berada di sebelah kiri.

    1. Skema RHD

    Sisi depan ---------------- sisi belakang

    <- Arah ujung pendek (short hood)
    Arah ujung panjang (long hood) ->

    2. Skema LHD

    Sisi depan ---------------- sisi belakang

    Arah ujung panjang (long hood) ->
    <- Arah ujung pendek (short hood)
     
  16. Tubagus Lelouch

    Tubagus Lelouch New Member

    mesinnya lebih kecil daripada kabinnya, jadi masinisnya tetep bisa lihat belakang
     

Share This Page