KAORI Nusantara - Komunitas Anime Otaku Rakyat Indonesia

Go Back   KAORI Nusantara - Komunitas Anime Otaku Rakyat Indonesia > ukkm KAORI > KAORI Sepur - Railfans Indonesia



KAORI Sepur - Railfans Indonesia Komunitas anime otaku pecinta kereta api Indonesia

Reply
 
Thread Tools
Old 02 August 2009, 16:29   #1
Imran Hanif
Densha no Kuni, Nozomi no Shoujo
 
Imran Hanif's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Blog Entries: 6
Sepurologi - Kamus Istilah Seputar Kereta Api Indonesia Untuk Umum

Soal proyek kamus KA, kayaknya kita bisa mulai bikin nih.

Contoh yg cukup baik ada di [tanya]Istilah-istilah yang ada di kereta api - GM-MarKA - Gerakan Muda Penggemar Kereta Api dan Kamus semboyan35

Coba kita susun bersama
__________________


Only Aoki Ume does deserve the real SHAFT style.
Hidamari Sketch (x365,x***) + Madoka Magica

Imran Hanif is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote

Old 02 August 2009, 19:58   #2
xchalant
Sadako's boyfriend
 
xchalant's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: Near Galaxy
Blog Entries: 16
Dari yg paling mendasar sekali :

Kereta Api

Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya). Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.

__________________

"Sungguh sedikit mereka yang melihat dengan mata mereka sendiri

dan merasakan dengan hati mereka sendiri" ; Einstein
xchalant is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Who Said Thanks:
azu otaku , Imran Hanif
Old 02 August 2009, 20:37   #3
Imran Hanif
Densha no Kuni, Nozomi no Shoujo
 
Imran Hanif's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Blog Entries: 6
Guide di sini, juga fungsinya buat membantu supaya kita bisa diskusi dengan nyaman, kalo ada istilah sulit, bisa membuka kamus ini
__________________


Only Aoki Ume does deserve the real SHAFT style.
Hidamari Sketch (x365,x***) + Madoka Magica

Imran Hanif is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 03 August 2009, 01:49   #4
we supratman
Member
 
we supratman's Avatar
 
Join Date: Apr 2009
dari milis

Quote:
Kalau kita sering naek kereta api baik kereta ekonomi sampai kelas eksekutif mungkin sering sekilas kita melihat tulisan seperti K3-67514 atau K2-86501 tulisan ini biasanya kita temukan di luar gerbong atau di dalam gerbong tepat di atas pintu keluar menuju bordes nah apa si arti kode itu, nah ini jawabannya tolong dikoreksi kalau salah :

Gerbong kereta api milik PT ********** dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu kereta/gerbong penumpang kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif. kemudian Kereta/gerbong makan kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif. dan Kereta Pembangkit atau Kereta Bagasi.
nah kode sebelum tanda '-' itu menunjukkan jenis gerbong contoh :
K1 : Gerbong kelas Eksekutif
KM1 : Gerbong Makan kelas Eksekutif
K2 : Gerbong kelas Bisnis
KM2 : Gerbong Makan kelas Bisnis
K3 : Gerbong kelas Ekonomi
KM3 : Gerbong Makan kelas Ekonomi
KMP : Gerbong Makan Pembangkit (Jenis Kereta Makan + Pembangkit Mini) biasanya hanya untuk kelas Ekonomi dan Bisnis (KMP3 & KMP2)
KP : Gerbong Pembangkit Listrik
BP : Gerbong Bagasi Penumpang

kemudian 2 digit setelah tanda '-' menunjukkan tahun pembuatan gerbong
contoh : K1-67xxx berarti gerbong kelas Eksekutif tahun pembuatan gerbong 1967

kemudian 1 digit setelah tahun pembuatan menunjukkan kode seri boogie ( Rangkaian Roda Kereta ) setiap seri menunjukkan karakteristik dari beban dan batas kecepatan pacu gerbong , yang saya tahu ada 5 jenis seri yaitu seri 5,6,7,8,9 yang batas kecepatan nya berkisar antara 80km/h - 120 Km/h

Ciri Ciri Boogie seri :
5 : 1 Boogie 4 roda ditiap tiap roda mengunakan per keong , termasuk per utamanya dengan mak kecepatan 100 km/h .
6 : 1 Boogie 4 roda ditiap roda menggunakan per keong , per utama menggunakan per daun dengan mak kecepatan 100 km/h .
7 : 1 Boogie 4 roda ditiap roda menggunakan per daun, termasuk per utamanya dengan mak kecepatan 100 km/h .
8 : 1 Boogie 4 roda ditiap roda menggunakan suspensi pegas karet, suspensi sekunder menggunakan per keong dengan mak kecepatan 120 km/h .
9 : 1 Boogie 4 roda ditiap roda menggunakan suspensi pegas karet, suspensi sekunder menggunakan pegas udara dengan mak kecepatan 120 km/h .

contoh : K2-xx5xx berarti kereta Bisnis yang menggunakan boogie seri 5 yang mampu melaju sampai kecepatan 100 km/h .
seri 5,6,7 biasanaya digunakan untuk gerbong seri lama dengan tahun pembuatan 60,70,80 seri 8 untuk tahun 90 an untuk kelas Argo Generasi 1 ( Argo Bromo ) namun karena dirasakan kurang nyaman oleh penumpang banyak yang di ganti dengan seri 5 yang dianggap lebih stabil
seri 9 digunakan kereta Argo terbaru seperti Argo Anggrek yang sekarang gerbongnya berwarna pink dan bentuknya seperti trapesium.

2 digit terakhir menunjukkan nomor inventaris biasanya dari nomor 1 sampek sebanyak gerbong yang dimiliki oleh PT ********** sesuai kelasnya .
contoh K1-02901 berarti gerbong kelas Eksekutif pertama milik PT ********** yang di buat tahun 2002.
__________________
flickr ane
we supratman is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Who Said Thanks:
Shin Muhammad , Illinyan
Old 04 October 2009, 02:14   #5
Shin Muhammad
Kerja, kerja, dan kerja!


 
Shin Muhammad's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: Kota Bogor
Blog Entries: 310
Biar sedikit yg pernting bermakna...

Railfans = Pencinta kereta api
Cabriding = Naik kereta di lokomotif
T23 = Surat ijin naik di lokomotif
Daop = Daerah Operasi
S21 = Sekip / Tanda Akhiran kereta
Fakultatif = Berjalan dihari tertentu (kereta tambahan)
PLH = Peristiwa Luarbiasa Hebat (Kecelakaan berat yang melibatkan kereta api dan mengakibatkan korban jiwa dipihak kereta api)
PL = Peristiwa Luarbiasa (Kecelakaan yang melibatkan kereta api tapi tidak mengakibatkan korban jiwa dipihak kereta api)
RINJA = Rintang Jalan (gangguan selama perjalanan)
Kereta = Gerbong PNP
Gerobag = Gerbong Barang
Stoker = Juru Api / Asisten Masinis
Sepur Belok = Kereta masuk wesel
Sinyal Elektrik = Sinyal yang menggunakan lampu sebagai petunjuk (merah, kuning, hijau)
Sinyal Lengan / Sinyal Mekanik = Sinyal manual
Kereta B = Kereta Begasi
BP = Kereta Begasi Pembangkit (Kereta begasi dengan genset)
KM = Kereta Makan
KP = Kereta Pembangkit (kereta penumpang dengan genset)
KMP = Kereta Makan Pembangkit (kereta makan dengan genset)
K1 / EXA = Kelas Executive
K2 = Kelas Bisnis
K3 = Kelas Ekonomi
PNP = Penumpang
PK = Pengawas Komunikasi
KP = Kondektur Perjalanan
Prama / Prami = Pramugara / Pramugari
PLKA = Pelayan Kereta Api
Perka = Perjalanan Kereta Api
BLB = Berhenti Luar Biasa (berhenti tidak normal)
Normal = Berhenti sesuai T100
T100 = Tabel perjalanan kereta api berisi daftar stasiun, waktu, petak km, tempat silang susul dan kecepatan
Taspat = Batas Kecepatan
BY = Balai Yasa (Tempat Perbaikan)
Dipo = Semacam pool/depo
PA = Pemeriksaan Akhir
PB = Pemeriksaan Berkala
MS = Melalui Sinyal (diberikan ketika sinyal darurat / emergen)
Silang = Berhenti menunggu kereta dari arah yang berlawanan
Susul = Berhenti menunggu kereta dari arah yang sama dibelakang kereta yang berhenti
CC201 = Jenis Lok Type Diesel Elektrik Model U18C
CC203 = Jenis Lok Type Diesel Elektrik Model U20C
Gandar = As
Aspan = As Panas
LokPen = Lokomotif Penolong
LPT = Lokomotif Pengganti
TM = Traksi Motor
S35 = Semboyan 35 (suling / Klakson)


Dari milis keretapi (at) yahoogroups.com




Disticky deh
__________________
Talian Kendala Teknis/Non Teknis KAORI: shinmuhammad@kaorinusantara.we b.id atau 62 818 740 914
(tidak melayani iklan/permintaan baca karya/jajal game/kredit tanpa agunan)
Aletheia - Cerita Fiktif Berlatar KRL zaman Divisi Jabotabek

Untuk diri saya sendiri: agar tidak sungkan dan berinisiatif menyapa pengguna baru atau postingan orang yg belum dijawab/ditegur baik di beranda atau di tempat lain
Shin Muhammad is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 05 January 2011, 11:36   #6
Kaz
Mr. Trollface Berkacamata
 
Kaz's Avatar
 
Join Date: Dec 2010
Location: Kalimantan Timur tapi nyasar ke Jogja
Tanya, Prameks itu apa?
__________________
untuk sementara hiatus
Kaz is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 05 January 2011, 11:47   #7
Shin Muhammad
Kerja, kerja, dan kerja!


 
Shin Muhammad's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: Kota Bogor
Blog Entries: 310
Quote:
Originally Posted by Kaz View Post
Tanya, Prameks itu apa?
Prambanan Ekspres, KRD Komuter relasi Kutoarjo - Yogyakarta - Solo Balapan

__________________
Talian Kendala Teknis/Non Teknis KAORI: shinmuhammad@kaorinusantara.we b.id atau 62 818 740 914
(tidak melayani iklan/permintaan baca karya/jajal game/kredit tanpa agunan)
Aletheia - Cerita Fiktif Berlatar KRL zaman Divisi Jabotabek

Untuk diri saya sendiri: agar tidak sungkan dan berinisiatif menyapa pengguna baru atau postingan orang yg belum dijawab/ditegur baik di beranda atau di tempat lain
Shin Muhammad is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 05 January 2011, 12:00   #8
Evangeline
>,...>

 
Evangeline's Avatar
 
Join Date: Jun 2010
Location: Animu No Ookami
Blog Entries: 4
[Tanya] Pengait antar Gerbong Kereta di sebut apa ?
__________________

you will Fell a happiness in marrige one time
(Tangan)(Muka)Saya terlalu bahagia ngelihat Eva Cosplay Yusa
Kalender Anime 2012
Monggo
New Word >> Ini
Request Sertifikat Tolong lewat VM Aja, PM penuh =,..,=a
Evangeline is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 05 January 2011, 12:54   #9
xchalant
Sadako's boyfriend
 
xchalant's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: Near Galaxy
Blog Entries: 16
Tanya juga ah~
Apa benar kalau rem bahaya yg ada di tiap gerbong kereta itu jika ditarik bakal bikin seluruh rangkaian kereta berhenti?
Terus apa hukumannya kalau ada penumpang yg iseng?

Satu lagi, bagaimanakah caranya jika kita hendak memberhentikan kereta dari luar, adakah kode/ rambu yg dimengerti masinis misalnya jika kita tahu bahwa di depan ada jembatan runtuh?
xchalant is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 05 January 2011, 16:10   #10
xchalant
Sadako's boyfriend
 
xchalant's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: Near Galaxy
Blog Entries: 16
Oh gitu ya, mengenai rem darurat udah jelas.

Semboyan3 itu kalau kondisi gelap atau malam hari gimana caranya?
xchalant is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 05 January 2011, 16:23   #11
xchalant
Sadako's boyfriend
 
xchalant's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: Near Galaxy
Blog Entries: 16
Loko yg sekarang posisi duduk masinis itu sebelah kiri atau kanan, kalau biliknya di belakang kan penglihatan kehalang body loko?
xchalant is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 13 May 2012, 14:41   #12
Tubagus Lelouch
Junior Member
 
Tubagus Lelouch's Avatar
 
Join Date: Apr 2012
Location: Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Quote:
Originally Posted by xchalant View Post
Loko yg sekarang posisi duduk masinis itu sebelah kiri atau kanan, kalau biliknya di belakang kan penglihatan kehalang body loko?
mesinnya lebih kecil daripada kabinnya, jadi masinisnya tetep bisa lihat belakang
__________________
I command you to do this... If you don't obey my direction, please enjoy your punishment... The punishment doesn't make you weak physically, but it's lies in your deepest heart.
Tubagus Lelouch is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Reply

Bookmarks


Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +8. The time now is 04:51.

KAORI  2012 | KAORI tidak bertanggung jawab atas isi dari situs internet pihak luar

Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 2 | Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.
no new posts
Page generated in 0.46819 seconds with 6 queries