KAORI Nusantara - Komunitas Anime Otaku Rakyat Indonesia

Go Back   KAORI Nusantara - Komunitas Anime Otaku Rakyat Indonesia > ukkm KAORI > KAORI Sepur - Railfans Indonesia



KAORI Sepur - Railfans Indonesia Komunitas anime otaku pecinta kereta api Indonesia

Reply
 
Thread Tools
Old 03 July 2010, 19:48   #1
martinez


 
martinez's Avatar
 
Join Date: Aug 2009
Location: dibawah rok Aikawa Kizuna
Blog Entries: 9
Thumbs up ~ Mengenal Berbagai Macam Kereta Penumpang di Indonesia ~

Pada pembahasan kali ini, saya akan sedikit mengulas berbagai macam kereta penumpang yang sedang beroperasi di Indonesia. Artikel kali ini mungkin dapat anda rasakan masih jauh dari sempurna, namun semoga dapat menjadi tambahan khazanah ilmu bagi kita semua. Selamat menyaksikan !

Moda transportasi kereta api di Indonesia telah ada sejak 7 Juni 1864 yang dibangun oleh Baron Sloet van den Beele, Gubernur Jenderal Hindia Belanda waktu itu. Kereta api di Pulau Jawa digunakan untuk mobilisasi tentara Kerajaan Belanda dari basecamp militer di Ambarawa menuju Kota Semarang via Tuntang dan Kedungjati. Dan di Pulau Sumatera, khususnya di Sumatera Barat, Kolonial Hindia Belanda membangun jaringan kereta api untuk mengangkut batu bara dari tambang Ombilin di Sawahlunto ke Pelabuhan Emmahaven (Teluk Bayur) di Kota Padang. Jadi sejak zaman dahulu kereta api telah digunakan sebagai moda transportasi massal untuk mengangkut penumpang maupun barang.

Tak jauh berbeda dengan sekarang, di era globalisasi seperti saat ini mobilisasi orang dan barang yang cepat dan aman menjadi syarat mutlak. Dan kereta api merupakan salah satu moda trasnportasi yang dapat diandalkan dan diproyeksikan menjadi The Future of Transportation Backbone di berbagai negara, karena semakin padatnya lintas jalan raya (jalan aspal).

Dewasa ini, PT. Kereta Api (PT. KA) sebagai Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan untuk mengelola sektor perkeretaapian di Indonesia mengoperasikan berbagai jenis Kereta Api Penumpang (Passenger Train) dan Kereta Api Barang (Freight Train) yang melayani berbagai koridor di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Jenis Kereta Api Penumpang Berdasarkan Kelas Layanan

Pada dasarnya, KA Penumpang dapat diklasifikasi ke dalam dua kelompok, (1) menurut kelas layanan yang ditawarkan dan (2) menurut trayek/koridor yang dilayani.

Dilihat dari segi pelayanan, ada tiga kelas layanan pada KA penumpang, yakni Kelas Eksekutif (gerbongnya diberi kode K1), Kelas Bisnis (kode K2), serta Kelas Ekonomi (kode K3).

1. Kelas Eksekutif
Untuk KA yang melayani kelas eksekutif ada beberapa jenis, yakni Kereta Api Argo, KA Eksekutif Satwa, dan KA Campuran Eksekutif Bisnis (Ekbis). KA kelas eksekutif melayani pemerjalanan jarak jauh.

KA Argo merupakan brand unggulan PT. KA dengan mengambil nama-nama gunung yang identik dengan daerah yang dilayani. PT. KA meluncurkan produk argo sebagai jawaban atas tuntutan masyarakat kalangan menengah ke atas yang menginginkan layanan KA yang berkualitas prima meskipun harus dibayar dengan tarif yang mahal. Produk argo yang pertama kali diluncurkan adalah KA Argo Bromo pada tahun 31 Juli 1995. KA argo yang ada saat ini antara lain KA Argo Bromo Anggrek (Jakarta-Surabaya), KA Argo Jati (Jakarta-Cirebon), KA Argo Muria dan KA Argo Sindoro (Jakarta-Semarang), KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga (Jakarta-Solo), dan KA Argo Wilis (Bandung-Surabaya). Belum ada KA argo yang beroperasi di Pulau Sumatera.

Sedangkan KA Eksekutif Satwa tidak berbeda dengan KA argo, hanya berbeda soal nama saja yang menggunakan nama-nama satwa seperti Sembrani, Rajawali, Taksaka, maupun Turangga. KA argo dan eksekutif satwa merupakan KA dengan tarif paling mahal, sepadan dengan fasilitas layanan dan kecepatan waktu tempuhnya. Di dalam gerbong eksekutif telah menggunakan AC, ada televisi kabel, colokan listrik dan bagasi khusus. Untuk pemakaian jalur rel, KA kelas eksekutif paling diprioritaskan sehingga paling cepat. KA eksekutif satwa yang ada saat ini antara lain KA Sembrani dan KA Bima (Jakarta-Surabaya), KA Taksaka (Jakarta-Jogja), KA Rajawali (Semarang-Surabaya), KA Harina (Bandung-Semarang), KA Turangga (Bandung-Surabaya), dan KA Bangunkarta Eksekutif (Jakarta-Jombang).


Sementara KA Campuran Eksekutif Bisnis berarti dalam satu rangkaian KA terdiri atas gerbong eksekutif dan gerbong bisnis. KA campuran eksbis memang sengaja dibuat untuk mengakomodasi selera dan kemampuan kantong penumpang sehingga leluasa untuk memilih naik kelas eksekutif atau bisnis dengan waktu tempuh yang sama. KA campuran eksbis yang beroperasi di Pulau Jawa antara lain KA Cirebon Ekspress (Jakarta-Cirebon), KA Parahyangan (Jakarta-Bandung), KA Purwojaya (Jakarta-Purwokerto), KA Sawunggalih (Jakarta-Kutoarjo), KA Gumarang (Jakarta-Surabaya), KA Lodaya (Bandung-Solo), KA Sancaka (Jogja-Surabaya), dan KA Mutiara Timur (Surabaya-Banyuwangi). Sedangkan di Pulau Sumatera ada KA Sri Bilah (Medan-Rantauprapat), KA Sriwijaya (Tanjungkarang-Kertapati), dan KA Sindang Marga (Kertapati-Lubuklinggau).

2. Kelas Bisnis

KA kelas bisnis ditawarkan bagi penumpang kelas menengah yang menginginkan kenyamanan, kebersihan, dan kecepatan waktu tempuh yang lebih baik dari KA kelas ekonomi, tetapi dengan harga yang terjangkau. Dilihat dari segi tarif, rata-rata tarif bisnis hanya 50% atau setengah dari tarif kelas eksekutif. Memang harga yang sepadan dengan kualitas layanan yang disediakan, karena gerbongnya hanya dilengkapi kipas angin, jendela yang bisa terbuka, serta tidak ada televisi kabel dan colokan listrik. Untuk waktu tempuh rata-rata lebih lama 2-3 jam dibanding KA kelas eksekutif.

Rangkaian KA kelas bisnis ini ada dua, yakni rangkaian KA dengan gerbong kelas bisnis semua, dan ada juga yang dicampur dengan gerbong kelas eksekutif menjadi KA campuran ekbis seperti yang telah saya sebutkan di atas. KA bisnis juga merupakan kereta dengan jarak pemerjalanan yang jauh (KA jarak jauh). KA bisnis yang masih beroperasi di Pulau Jawa antara lain KA Fajar dan Senja Utama Semarang (Jakarta-Semarang), KA Fajar dan Senja Utama Jogja (Jakarta-Jogja), KA Senja Utama Solo (Jakarta-Solo), KA Bangunkarta Bisnis (Jakarta-Jombang), KA Senja Kediri (Jakarta-Kediri), dan KA Mutiara Selatan (Bandung-Surabaya).

3. Kelas Ekonomi

Inilah KA kelas rakyat, KA-nya wong cilik, KA yang paling laris dan hampir selalu penuh bahkan overload pada weekend maupun hari libur. Karena tarifnya yang benar-benar miring, tetapi membuat calon penumpangnya mrinding, apalagi yang belum pernah naik KA ekonomi sebelumnya. Kita bandingkan tarif-tarif KA koridor Jakarta-Solo, tarif KA Argo Lawu Rp250.000-300.000 (fluktuatif), KA Senja Solo bisnis Rp130.000, dan KA Senja Bengawan ekonomi hanya Rp39.000. Sangat murah bukan? Dibandingkan dengan tarif bus umum ekonomi sekalipun. Karena KA ekonomi merupakan pelaksanaan amanat dari pemerintah (dalam hal ini Kemenhub RI) kepada PT. KA untuk menyelenggarakan jasa transportasi massal yang terjangkau. Tiap tahunnya Kemenhub mengucurkan subsidi kepada PT. KA, yang dikenal dengan istilah Public Service Obligation (PSO) untuk operasional kereta ekonomi ini. Tahun 2009 lalu, realisasi subsidi PSO mencapai angka 648 miliar, dan tahun 2010 ini PSO dianggarkan sebesar 670 miliar.

Dengan tarif miring seperti itu, jangan lagi dibayangkan Anda akan mendapatkan kenyamanan selama perjalanan dengan KA ekonomi. Yang penting adalah selamat sampai tujuan, entah jam berapa Anda akan tiba di stasiun tujuan…? Untuk urusan pemakaian jalur, KA ekonomi selalu mengalah, mendahulukan KA eksekutif dan bisnis. Tak ayal jika waktu tempuh KA ekonomi paling lama. Memang seperti ini realita KA ekonomi, KA yang lekat di hati rakyat, segala hiruk pikuk dan profil wong cilik bercampur sesak dalam gerbong ekonomi yang rata-rata telah berusia senja. KA Ekonomi yang beroperasi jumlahnya sangat banyak, mulai dari KA jarak jauh seperti KA Senja Bengawan (Jakarta-Solo) dan KA Progo (Jakarta-Jogja) hingga KA Lokal seperti KA Banten Ekspress (Jakarta-Merak).

Pembahasan di post selanjutnya akan membahas mengenai macam KA Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi. Selamat mengikuti !
__________________
martinez is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote

Old 03 July 2010, 19:49   #2
martinez


 
martinez's Avatar
 
Join Date: Aug 2009
Location: dibawah rok Aikawa Kizuna
Blog Entries: 9
KA KELAS EKSEKUTIF

A. Kelas Argo

1. ARGO BROMO-ANGGREK



Argo Bromo Anggrek adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa dengan jurusan Jakarta - Surabaya melewati jalur utara.

Kereta api ini mulai dioperasikan pada tanggal 24 September 1997. Produk ini merupakan pengembangan (derivatif merk) dari KA Argo Bromo Anggrek JS-950 yang diresmikan pertama kali perjalanannya oleh Presiden RI pada tanggal 31 Juli 1995 menandai Hari Teknologi Nasional, 12 Agustus 1995.

Nama Bromo diambil dari nama salah satu gunung yang berada dikawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Panorama Wisata Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.392 m ini selain menyimpan makna ritual kultural dan religius juga menyajikan keindahan kawah dan keasrian alam lingkungannya yang membuat kawasan Gunung Bromo menjadi sangat terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata utama turis domestik maupun mancanegara. Sebutan Anggrek digunakan untuk menandai adanya derivatif merk dari produk sebelumnya, sehingga warna eksterior kereta tersebut disesuaikan dengan panduan warna setangkai bunga anggrek.

Perjalanan Gambir - Surabaya Pasarturi sejauh 725 km melalui lintas Utara ditempuh dalam waktu 9 jam. KA Argo Bromo Anggrek dengan kapasitas 400 seat terdiri atas 8 rangkaian kereta kelas eksekutif dan dalam perjalanannya hanya berhenti di Stasiun Pekalongan dan Semarang Tawang.
KA Argo Bromo Anggrek menyediakan saranan hiburan selama dalam perjalanan berupa tayangan audio/video show On Rail) . Selain saranan hiburan penumpang dapat juga memesan makanan dan minuman sesuai dengan menu pilihan yang disediakan dan bisa dinikmati baik ditempat duduk masing-masing maupun dikereta restorasi.

2. ARGO DWIPANGGA



Argo Dwipangga adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa dengan jurusan Jakarta - Solo melewati jalur selatan.

Kereta api ini menempuh perjalanan sejauh 576 km dengan koridor Gambir - Solo Balapan, dalam waktu sekitar 8 jam dan hanya berhenti di stasiun Purwokerto dan Yogyakarta. Argo Dwipangga dengan kapasitas 400 seat dan membawa 8 rangkaian kereta kelas eksekutif menawarkan alternatif perjalanan pada siang hari dari stasiun Gambir ke Solo Balapan dan perjalanan pada malam hari dari arah sebaliknya (berkebalikan dengan alternatif perjalanan yang ditawarkan oleh Kereta api Argo Lawu).

Pertama kali diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI pada tanggal 21 April 1998 menggunakan nama KA Dwipangga. Akan tetapi seiring dengan tuntuan pelanggan yang menginginkan penambahan KA Argo koridor Jakarta - Solo, maka KA Dwipangga sengaja dimodifikasi untuk layanan sekelas KA Argo, sehingga brand-nya pun diganti menjadi KA Argo Dwipangga pada tanggal 5 Oktober 1998.

Kata Argo digunakan sebagai brand image layanan kereta api eksekutif dan penamaan Dwipangga memang sengaja dibedakan dengan argo lainnya yang lazim menggunakan nama gunung mengingat nama Dwipangga dirasakan sudah sangat melekat di benak pelanggan. Kata Dwipangga diambil dari sebutan kendaraan Dewa Indra berupa gajah yang setia dan mampu melindungi pengendaranya dalam segala cuaca, sehingga menumbuhkan kebanggaan dan prestise bagi penumpangnya.


3.
ARGO LAWU



Argo Lawu adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa dengan jurusan Jakarta - Solo melewati jalur selatan.

Kereta api ini membawa rangkaian sebanyak 8 kereta kelas eksekutif dan memiliki kapasitas 400 tempat duduk. Perjalanan Solo-Jakarta (576 km) ditempuh dalam waktu kurang lebih 7 jam 30 menit dan hanya berhenti di stasiun Yogyakarta dan Purwokerto.

Pada ujicoba pertama pada tanggal 13 Juli 1995 memang sengaja dilekatkan nama JS-750 yang berarti melayani perjalanan Solo - Jakarta dengan waktu tempuh 7 jam bertepatan dengan momentum HUT Kemerdekaan RI ke-50. Pada tanggal 21 September 1996 dilekatkan nama KA Solo Jaya yang kemudian pada akhirnya diganti sesuai dengan strategi brand Argo dengan nama KA Argo Muria.

Kata Argo selain berarti gunung juga merupakan brand image layanan kereta api eksekutif yang dimaksudkan untuk menumbuhkan kebanggaan konsumennya. Sedangkan nama Lawu diambil dari nama sebuah gunung (Gunung Lawu) yang terletak disebelah Timur Laut kota Surakarta (wilayah administratif Kabupaten Karanganyar dan Magetan) yang memiliki ketinggian 3.245 km.

Perjalanan kereta api dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Gambir pada siang hari memungkinkan penumpang menikmati indahnya panorama pegunungan di Bumi Banyumas, Kali Serayu dan Kali Progo. Sementara perjalanan dari Jakarta - Solo dilakukan pada malam hari.


4.
ARGO JATI



Argo Jati adalah nama rute kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa, Indonesia dengan jurusan Jakarta - Cirebon. Kereta ini diluncurkan perdana pada tanggal 12 April 2007 pukul 14.00 dengan loko CC20335.

Rangkaian kereta yang digunakan KA Argo Jati adalah Eks. KA Argo Gede Jakarta yang dihapus trayeknya. Jadwal keberangkatan KA Argo Jati adalah: KA 27 Dari Cirebon pukul 05.45 dan tiba di Gambir pukul 08.32. Berangkat lagi dari Gambir dengan KA 28 pukul 09.00 dan tiba di Cirebon pukul 11.42. Berangkat lagi dengan KA 29 pukul 14.00 dan tiba di Gambir pukul 16.48. Berangkat lagi dengan KA 30 pukul 17.10 dan tiba di Cirebon pukul 19.58.


5. ARGO SINDORO





Argo Sindoro adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa dengan jurusan Jakarta - Semarang.

Argo Sindoro ini merupakan pengganti nama dari salah satu Argo Muria jurusan Semarang Tawang – Jakarta yang berangkat pada pagi hari dari Semarang, dan sebaliknya berangkat pada sore hari dari Jakarta.

Indahnya pantai utara wilayah jawa ini dapat dinikmati pada siang hari dengan menggunakan kereta Argo Sindoro dari Semarang.


6. ARGO WILIS



Argo Wilis adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa dengan jurusan Bandung - Surabaya melewati jalur selatan.

Kereta api Argo Wilis dioperasikan pertama kalinya pada tanggal 8 November 1998. Perjalanan sejauh 699 km ditempuh dalam waktu 11 jam dan selama dalam perjalanan hanya berhenti di stasiun Cipeundeuy, Tasikmalaya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Kertosono. Kereta api ini merupakan salah satu layanan eksekutif unggulan yang menghubungkan antara Kota Bandung dengan Kota Surabaya.

Kata Argo digunakan sebagai brand image layanan kereta api eksekutif. Kata Wilis diambil dari nama Gunung Wilis yang memiliki ketinggian 2.169 m dari permukaan laut dan merupakan tataran pegunungan yang panjang dengan puncak tertingginya berada di kawasan Bajulan Nganjuk, Jawa Timur.

KA Argo Wilis dengan kapasitas angkut 200 seat (13 rangkaian kereta kelas eksekutif) menawarkan alternatif perjalanan pada siang hari yang memungkinkan perjalanan menikmati indahnya panorama pengunungan di Bumi Parahyangan, Banyumas, Kali Serayu dan Kali Progo.


B. Kelas Eksekutif Satwa

1.
BIMA



Bima adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa dengan jurusan Jakarta - Surabaya lewat jalur selatan.

Kereta api Bima pertama kali diluncurkan pada bulan 1 Juni 1967, merupakan awal dari sejarah pengoperasian kereta api dengan fasilitas pengatur suhu ruangan/ Air Conditioner di Indonesia.

Melayani pemerjalan koridor Jakarta - Surabaya dan berjalan menembus birunya malam yang menjadi dasar dari penamaan BIMA (Biru Malam). Selain itu kata Bima dianalogikan pula dengan nama dari salah satu tokoh pewayangan Bima yang memang digambarkan memiliki karakter tubuh tinggi besar, kokoh, kekar, kuat dan pemberani. Sejumlah karakter itu senganja dilekatkan pada KA Bima untuk menggambarkan kehandalan perjalanan dan kualitas pelayanannya yang selalu siap dalam berbagai cuaca.

Diawal pengoperasiannya, KA Bima dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur couchettedan eksterior kereta yang sengaja dicat dengan warna biru. Namun sesuai dengan keinginan dari pelanggan sejak tanggal 9 Juni 1990 KA Bima mengalami perubahan interior menjadi kereta kelas eksekutif dengan tetap dilengkapi fasilitas pendingin ruangan (AC).

Perjalanan Gambir - Surabaya Gubeng (825 km) melalui Lintas Selatan ditempuh dalam waktu kurang lebih 13 jam dan berhenti di stasiun Cirebon, Purwokerto, Solobalapan, Madiun, Kertosono dan Jombang. Selain itu, banyak penumpang KA Bima yang melanjutkan perjalanan ke Denpasar dengan menggunakan Kereta api Mutiara Timur.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, sejak tanggal 1 Agustus 2002 rangkaian KA Bima sengaja diganti dengan rangkaian kereta api sekelas Argo dengan kapasitas angkut sebanyak 400 orang (membawa rangkaian 8 kereta kelas eksekutif).


2.
GAJAYANA



Gajayana adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa dengan jurusan Jakarta - Malang melewati jalur selatan.

Kereta api Gajayana diresmikan pengoperasiannya pada tanggal 28 Oktober 1999. Layanan kereta api dengan kapasitas 416 tempat duduk dan terdiri dari 8 kereta kelas eksekutif ini melayani pemerjalan koridor Malang - Jakarta.
Perjalanan sejauh 907 km ditempuh dalam waktu sekitar 14 jam 30 menit dan hanya berhenti di Stasiun Blitar, Tulungagung, Kediri, Madiun, Solobalapan, Yogyakarta dan Purwokerto.

Sebutan Gajayana diambil dari nama seorang raja Kerajaan Kanjuruhan yang bernama Sang Liswa (anak dari Dewasimha), dan terkenal dengan gelar Gajayana yang sangat dicintai oleh para brahmana dan rakyatnya karena membawa ketentraman diseluruh negeri. Kerajaan Kanjuruhan ini berpusat di wilayah Dinoyo, Malang.

3.
HARINA



Kereta api Harina adalah kereta api eksekutif yang melayani jurusan Bandung - Semarang Tawang. Saat ini ada 2 rangkaian kereta yang melayani rute ini secara bergantian. Berangkat dari Bandung malam hari (jam 20.15) dan berangkat dari Semarang malam hari (jam 20.30).

Rute yang dilewati cukup unik, dari Bandung tidak ke arah timur, melainkan ke barat menuju Cikampek, Sampai Cikampek kemudian lokomotifnya diputar dan terus berbalik ke arah timur melewati Cirebon, Pekalongan, sampai berakhir di Semarang Tawang.

Harina sesungguhnya merupakan penerus dari kereta api yang pernah melayani rute Bandung - Semarang sebelumnya, yaitu kereta api Mahesa. Namun rute kereta api Maesa ini berbeda dengan Harina, yaitu dari Bandung ke arah timur menuju Tasikmalaya, Banjar, kemudian Kroya. Di Kroya, lokomotifnya diputar dan kereta api melanjutkan perjalanan melalui Purwokerto, Prupuk, dan dari sini mengambil jalur ke arah utara menuju Tegal lewat Slawi, kemudian terus ke Pekalongan sampai Semarang Tawang. Kemudian berbeda dengan Harina yang keseluruhannya merupakan rangkaian kereta api eksekutif, rangkaian Mahesa terdiri dari campuran kereta api bisnis dan eksekutif.

Mahesa ini rupanya tidak berumur panjang. Beberapa lama kemudian, karena inefisiensi jarak (karena jarak melewati Kroya sampai Tegal ini terlalu panjang) dan respon penumpang yang tidak terlalu menggembirakan, kereta api ini kemudian dihentikan pengoperasiannya. Setelah melalui evaluasi, kemudian diluncurkan kereta api Harina yang rutenya diubah melewati utara (Cikampek Cirebon) sehingga lebih efisien.

4. RAJAWALI



Peluncuran perdana KA Rajawali yang melayani pemerjalan koridor Semarang-Surabaya dilakukan pada tanggal 21 Mei 2003 sehari setelah dilakukannya launching KA Harina (Semarang-Bandung). KA Rajawali ini merupakan produk baru untuk mengisi kekosongan layanan KA Eksekutif di koridor Semarang-Surabaya. Perjalanan sejauh 280 km ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam dan hanya berhenti di Stasiun Cepu, Bojonegoro dan Lamongan. KA Rajawali ini memiliki kapasitas 260 tempat duduk dalam rangkaian 5 kereta kelas eksekutif sekelas Satwa.

Nama Rajawali diambil dari salah satu jenis burung (satwa) yang dikenal sebagai burung yang perkasa, berani dan terlihat anggun pada saat mengepakkan sayapnya terbang dan melayang di udara. Tentunya penamaan ini sengaja dipilih untuk menggambarkan atribut pelayanan yang ditawarkan oleh KA Rajawali yaitu : safety, kecepatan dan ketepatan waktu serta kenyamanan dalam beperjalanan.

5. SEMBRANI



Kereta api Sembrani melayani koridor Jakarta - Surabaya Pasarturi sejauh 725 km. Peluncuran perdana KA Sembrani dilakukan pada tanggal 1 Oktober 1995. Produk ini merupakan pembaharuan dan inovasi dari KA Mutiara Utara yang sudah beroperasi mendahuluinya.

Kereta api yang memiliki kapasitas 416 tempat duduk ini (8 kereta kelas eksekutif) menawarkan alternatif perjalanan pada malam hari melalui lintas Utara Pulau Jawa dengan waktu tempuh sekitar 10 jam 30 menit dan hanya berhenti di stasiun Pekalongan, Semarang Tawang, Cepu dan Bojonegoro.

Nama Sembrani diambil dari cerita legenda masyarakat tempo dulu yang menggambarkan seekor kuda bersayap yang dapat terbang dan sangat berani. Dalam cerita pewayangan kuda Sembrani adalah kuda tunggangan Batara Wisnu. Sementara menurut hikayat rakyat Jawa, Sembrani merupakan alat transportasi bagi raja, ratu dan senopati yang konon menurut cerita bila bepergian selalu menggunakan kuda Sembrani agar dapat dengan mudah dan cepat sampai ditujuan.

6. TAKSAKA



Kereta api Taksaka mulai dioperasikan pada tanggal 19 September 1999 untuk melayani koridor Yogyakarta - Jakarta. Perjalanan sejauh 517 km ditempuh dalam waktu kurang dari 8 jam dan hanya berhenti distasiun Kutoarjo, Purwokerto dan Cirebon.

Pada tanggal 17 Oktober 2001 diluncurkan KA Taksaka II yang menawarkan perjalanan siang hari dari Yogyakarta ke Jakarta dan pada malam hari dari arah sebaliknya, sehingga sejak itu terdapat dua alternatif pilihan perjalanan KA Taksaka pada siang dan malam hari dari stasiun Yogyakarta - Gambir atau sebaliknya.

Rangkaian KA Taksaka terdiri atas 8 kereta kelas eksekutif dan memiliki kapasitas sebanyak 416 tempat duduk.
Taksaka merupakan nama lain dari seekor ular besar/naga dalam cerita pewayangan yang baik hati dan pengayom.

7. TURANGGA



Kereta api Turangga yang melayani koridor Bandung - Surabaya mulai dioperasikan pada tanggal 2 September 1995. Perjalanan sejauh 699 km ditempuh dalam waktu kurang lebih 12 jam dan hanya berhenti di stasiun Tasikmalaya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun dan Kertosono.
Kereta api dengan desain layanan sekelas eksekutif ini menawarkan alternatif perjalanan pada malam hari dengan membawa rangkaian sebanyak 6 kereta dengan 312 tempat duduk.

8. BANGUNKARTA



Bangunkarta adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa dengan jurusan Jakarta - Jombang lewat jalur utara.
Kereta api Bangunkarta dioperasikan pertama kali pada bulan Januari 1985 melayani pemerjalan ekonomi dari Jombang ke Jakarta. Pada tanggal 24 Desember 1994 layanan KA Bangunkarta ditingkatkan dengan menambah rangkaian kereta kelas bisnis, dan sejak tanggal 1 Agustus 1996 semua rangkaian berubah layanannya menjadi kelas bisnis.
Penambahan layanan kelas eksekutif dilakukan sejak tanggal 1 Februari 1999 dan pada tanggal 1 Juli 2001 sampai dengan sekarang KA Bangunkarta melayani perjalan eksekutif dan bisnis dengan membawa rangkaian 2 kereta kelas eksekutif dan 8 kereta kelas bisnis.
Pada mulanya Kereta api ini melewati jalur selatan (Yogyakarta dan Purwokerto), kemudian diubah sehingga melewati jalur utara (Semarang). Perjalanan sejauh 738 km ditempuh dalam waktu kurang lebih 13 jam dan hanya berhenti di Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Madiun, Nganjuk dan Kertosono.
Nama Bangunkarta diambil dari singkatan nama kota asal dan tujuan kereta api yaitu jomBANG melalui madiUN dan jaKARTA (BANGUNKARTA). Ditawarkan layanan kelas eksekutif dan bisnis dengan kapasitas mencapai 616 tempat duduk.
Sejak 5 Desember 2009, Bangunkarta diubah seluruhnya menjadi kelas eksekutif dengan menggunakan gerbong bekas Gajayana retrofit. Sedangkan rangkaian kelas bisnisnya kini dipakai untuk Senja Kediri koridor Kediri - Pasarsenen.

C. Kelas Eksekutif - Bisnis

1. Cirebon Ekspress



Cirebon Ekspres adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa dengan jurusan Jakarta - Cirebon.
Kereta api Cirebon Ekspres diluncurkan pada tanggal 29 November 1989. Produk ini didesain untuk melayani pemerjalan koridor Cirebon - Jakarta. Perjalanan sejauh 219 km ditempuh dalam waktu 3 jam dan hanya berhenti di Stasiun Jatibarang dan Stasiun Haurgeulis.
KA Cirebon Ekspres menawarkan layanan kelas bisnis dan eksekutif dengan alternatif jadwal perjalanan sebanyak 4 (empat) kereta api per hari dari arah Cirebon - Gambir dan sebaliknya.
Sejak 25 Juli 2007, satu rangkaian Cirebon Ekspres diperpanjang rutenya sampai Brebes.
Satu rangkaian lagi direncanakan pula untuk diperpanjang rutenya sampai Ciledug di petak Cirebon-Purwokerto. Walaupun sempat dibuat jadwalnya (bahkan sempat dipampangkan di Stasiun Ciledug), namun kemudian perpanjangan rute ini kemudian dibatalkan.
Mulai tahun 2009 kereta api cirebon express ini yang biasa melayani cirebon jakarta pp, sekarang di lanjutkan hingga sampai stasiun tegal. dari 5 kali jadwal ka cirebon express hanya 2 kali perjalanan dari tegal ataupun dari jakarta.


2. PURWOJAYA




Kereta api Purwojaya melayani pemerjalan koridor Cilacap - Purwokerto - Jakarta dengan kapasitas 584 tempat duduk dan menyediakan layanan kelas bisnis dan eksekutif. Peluncuran pedana KA Purwojaya dilakukan pada awal Maret 1995.
Perjalanan sejauh 454 km ditempuh dalam waktu 7 jam dan hanya berhenti di Stasiun Gumilir, Maos, Kroya, Purwokerto, Bekasi dan Jatinegara. Rangkaian kereta api ini terdiri dari 4 kereta kelas eksekutif dan 6 kereta kelas bisnis. Alternatif perjalanan ditawarkan malam hari dari Cilacap - Jakarta dan siang hari dari arah sebaliknya. Uniknya Kereta api ini TIDAK BERHENTI di stasiun Cirebon.

3. SAWUNGGALIH UTAMA





Sawunggalih Utama merupakan kereta api penumpang yang dioperasikan oleh PT Kereta Api dengan relasi Pasar Senen - Kutoarjo.
Kereta api ini merupakan pengembangan dari Sawunggalih Ekonomi Jakarta yang beroperasi sejak tahun 1977. Pada tahun 1984, Sawunggalih jurusan Jakarta dikembangkan dengan diluncurkannya lagi satu KA Sawunggalih kelas bisnis yang diberi nama Sawunggalih Utama. Pada tahun 1996, rangkaian Sawunggalih Utama yang sebelumnya hanya menyediakan kereta kelas bisnis, ditambah satu kereta kelas eksekutif.
Sawunggalih utama memiliki perjalanan sejauh 430 km yang ditempuh dalam waktu sekitar delapan jam.
Kereta ini melewati beberapa stasiun besar, antara lain, Stasiun Jatinegara, Stasiun Cirebon, dan Stasiun Purwokerto.


4. GUMARANG






Gumarang adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa dengan jurusan Jakarta - Surabaya melewati jalur utara. Sebelumnya, kereta api ini bernama Jayabaya Utara dengan kelas bisnis.
Kereta api Gumarang mulai dioperasikan pada tanggal 20 Mei 2001 melayani koridor Jakarta - Surabaya. Jarak sejauh 725 km ditempuh dalam waktu sekitar 12 jam. Dalam perjalanannya KA Gumarang menelusuri pantai Utara Jawa dan berhenti di Stasiun Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Cepu dan Bojonegoro. Kapasitas KA Gumarang dapat mengangkut sebanyak 488 penumpang dengan rangkaian kereta terdiri dari 2 kelas eksekutif dan 8 kereta kelas bisnis.
Gumarang berasal dari nama banteng (sapi hutan) yang digambarkan sebagai satwa yang gagah berani.


5. LODAYA






Lodaya adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa dengan jurusan Solo - Bandung.

Kereta api Lodaya diluncurkan pertama kali pada tanggal 11 Maret 1992 melayani pemerjalan koridor Yogyakarta - Bandung dan sejak tanggal 1 September 1992 diperluas layanannya untuk melayani pemerjalan koridor Solo - Bandung. Sebelumnya kereta api ini dikenal dengan nama KA Pajajaran/Senja Mataram. Pada tanggal 2 Mei 2000 dilakukan peremajaan rangkaian KA Pajajaran/Senja Mataram dan diganti namanya menjadi KA Lodaya.

Kereta api ini menawarkan alternatif perjalanan pada malam hari dari arah Solo menuju Bandung dan pada siang hari dari arah sebaliknya. Dalam perjalanan Bandung - Solo pada siang hari penumpang dapat menikmati indahnya panorama Bumi Parahyangan Bagian Timur. Perjalanan sejauh 447 km ditempuh dalam waktu 8 jam 30 menit dan hanya berhenti di stasiun Tasikmalaya, Banjar, Kutoarjo, Yogyakarta dan Klaten.




Nama Lodaya diambil dari cerita rakyat di Tatar Sunda yakni Macan Lodaya yang merupakan penjelmaan dari Prabu Siliwangi ketika berhadapan dengan Prabu Kian Santang.

6. SANCAKA





Kereta api Sancaka beroperasi sejak 21 Mei 1997 dan melayani koridor Yogyakarta - Surabaya. Perjalanan sejauh 311 km ditempuh dalam waktu kurang dari 5 jam.

Rangkaian KA Sancaka memiliki kapasitas sebanyak 496 tempat duduk dan menawarkan layanan untuk pemerjalan kelas eksekutif dan bisnis. Sancaka diambil dari nama seekor ular naga sakti yang siap melindungi.

Sejak tanggal 1 Desember 2002 diluncurkan KA Sancaka II yang menawarkan alternatif perjalanan pada pagi hari dari Yogyakarta - Surabaya dan sore atau malam hari dari arah sebaliknya (berkebalikan dengan perjalanan yang ditawarkan oleh Sancaka I).

7. MUTIARA TIMUR



Mutiara Timur adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api di Jawa dengan jurusan Surabaya - Banyuwangi.

Kereta api Mutiara Timur dioperasikan pertama kali pada tahun 1972 dengan menawarkan layanan kelas ekonomi dan bisnis. Sejak tanggal 7 April 1996 diluncurkan layanan baru dengan menggantinya menjadi kelas bisnis dan eksekutif. Kereta api ini sengaja dirancang ulang untuk kelas bisnis dan eksektutif yang menginginkan perjalanan ke Pulau Bali dan sebaliknya. Kereta ini menempuh koridor Surabaya - Banyuwangi dengan jarak 257 km, ditempuh dalam waktu sekitar 6 jam 30 menit.

Dalam perjalanannya, kereta api dengan kapasitas 360 tempat duduk yang terdiri atas 2 kereta kelas eksekutif, 1 kereta makan KMP2 dan 4 kereta kelas bisnis ini berhenti di Stasiun Sidoarjo, Bangil, Pasuruan,Probolinggo, Tanggul, Rambipuji, Jember, Kalisat, Kalibaru, Kalisetail dan Rogojampi.

Untuk penumpang yang akan meneruskan perjalanan dari Banyuwangi ke Denpasar dan sebaliknya disediakan bus eksekutif sebagai bagian dari keseluruhan pelayanan yang disajikan oleh PT. Kereta Api. Setiap harinya terdapat dua alternatif perjalanan kereta api dari Surabaya - Banyuwangi dan dari arah sebaliknya dengan jadwal pemberangkatan pada pagi dan malam hari.

Sekian dulu untuk Kelas Eksekutif.....untuk Bisnis dan Ekonomi menyusul....klo ada info tambahan silahkan untuk menyumbangkan tulisannya disini....disini kita saling berbagi ilmu.....
__________________

Last edited by martinez; 03 July 2010 at 23:54.
martinez is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 03 July 2010, 20:06   #3
martinez


 
martinez's Avatar
 
Join Date: Aug 2009
Location: dibawah rok Aikawa Kizuna
Blog Entries: 9
simpen lg gan
__________________
martinez is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 03 July 2010, 20:11   #4
martinez


 
martinez's Avatar
 
Join Date: Aug 2009
Location: dibawah rok Aikawa Kizuna
Blog Entries: 9
simpen ah gan...
__________________
martinez is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 03 July 2010, 20:27   #5
ishino123
Eat Any Rawberry
 
ishino123's Avatar
 
Join Date: Mar 2010
Location: DAOP 4 Semarang
Blog Entries: 12
saya mah pingin naik yang eksekutif...
__________________


Quote:
Originally Posted by PseudoAngel;bt88423
Lebih bagus vid Gogon x Marty
Quote:
Originally Posted by Frizky
terus nanti diadain pertukaran pelajar antara gayanusantara dan kaorinusantara
ishino123 is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 03 July 2010, 20:30   #6
Shuichi
ZF-004 Caulus Eterna

 
Shuichi's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Location: Daop 1 Jakarta
Blog Entries: 6
Kepengen naek yg eksekutig gk prnh ksampean
__________________
KLINIK CINTA LOLICON SQUAD SAKURA GAKUIN


Quote:
Being religious doesn't mean you have morals. According to the Bible, God killed over two million people and the Devil only ten.
Twitter | Facebook
Shuichi is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 03 July 2010, 20:52   #7
rsei1978
Senior Member
 
rsei1978's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Blog Entries: 2
thanks bro... mantaf la save as ^^
__________________
Blog Perjalanan KA : http://irpdaop1.blogspot.com/
rsei1978 is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 04 July 2010, 21:10   #8
shapships
Fine Arts Student Owl

 
shapships's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Bandung
Blog Entries: 4
thanks kamerad
tapi ane lihat Argo Parahyangan, Malabar blon ada
__________________

Waifu: Kiriya Nozomi | Gertrud Barkhorn | Nakano Azusa | Izayoi Sakuya Daughter: Kousaka Kirino
Quote:
Twenty years from now you will be more disappointed by the things you didn't do than by the ones you did do.
Valkyrie Crusade ID: Shapships / 4tuxa
shapships is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 04 July 2010, 21:19   #9
martinez


 
martinez's Avatar
 
Join Date: Aug 2009
Location: dibawah rok Aikawa Kizuna
Blog Entries: 9
Quote:
Originally Posted by shapships View Post
thanks kamerad
tapi ane lihat Argo Parahyangan, Malabar blon ada
blom selesai om.......ane masih cari referensi.....

Fajar Utama Semarang kesayangan ane aja lom ane jelasin
__________________
martinez is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 04 July 2010, 21:33   #10
nuke
HOW BIG IS IT ? 👀
 
nuke's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: Ministry of Ni Inquisition
Blog Entries: 253
satu kereta satu thread ?
__________________

Quote:
Originally Posted by classypedobear
Honestly, I did not laugh at all when I saw this guy's comment. Pedophilia is wrong and trivializing it with little jokes like that is immoral
nuke is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 04 July 2010, 21:44   #11
shapships
Fine Arts Student Owl

 
shapships's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Bandung
Blog Entries: 4


Argo Parahyangan, mengunakan Kereta K2 bekas Parahyangan dan K1 Argo Gede
yang akhirnya diciptakan oleh PT. KA akibat pihak yang protes dihapuskannya KA Parahyangan

Layanan K1 sama seperti argo gede namun K2 sperti Parahyangan, BD-GMR menempuh rata2
3 jam 15 menit, sama seperti Parahyangan dulu..
Menarik 8 kereta dengan stanformasi K2-K2-KM-K1-K1-K1-K1-BP
dan biasanya ditarik Lokomotif CC203, CC201, ato CC204
Harga tiket untuk K2 seharga 30 rb dan K1 45rb (hari biasa) 60rb(hari libur)
__________________

Waifu: Kiriya Nozomi | Gertrud Barkhorn | Nakano Azusa | Izayoi Sakuya Daughter: Kousaka Kirino
Quote:
Twenty years from now you will be more disappointed by the things you didn't do than by the ones you did do.
Valkyrie Crusade ID: Shapships / 4tuxa
shapships is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 05 July 2010, 00:56   #12
martinez


 
martinez's Avatar
 
Join Date: Aug 2009
Location: dibawah rok Aikawa Kizuna
Blog Entries: 9
klo ada yg punya info terbaru maupun info tambahan...silahkan menyetor disini...nanti ane update first post.... tujuan KASEP emang lebih memberi edukasi kepada masyarakat umum....

mungkin artikel depan....Macam Kereta Barang kali ya? seperti keinginan bung Nuke..
__________________
martinez is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 05 July 2010, 01:39   #13
shapships
Fine Arts Student Owl

 
shapships's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Bandung
Blog Entries: 4
tambah gan :

Malabar (relasi Bandung-Malang)
KA yang ini adalah yang pertama kali menggunakan semua kelas yang ada di KA Penumpang (Ekse, Bis, Eko) dengan relasi bandung-malang, menggunakan K2 dan K1 bekas Parahyangan..
Harga tiket:
Ekse: 220.000
Bis: 150.000
Eko+= 90.000
kereta ini diberangkatkan dari BD jam 15:30 dan sampai di ML jam 08:11
dan dari ML jam 15:30 sampai BD jam 08:37
__________________

Waifu: Kiriya Nozomi | Gertrud Barkhorn | Nakano Azusa | Izayoi Sakuya Daughter: Kousaka Kirino
Quote:
Twenty years from now you will be more disappointed by the things you didn't do than by the ones you did do.
Valkyrie Crusade ID: Shapships / 4tuxa
shapships is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 05 July 2010, 02:12   #14
rsei1978
Senior Member
 
rsei1978's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Blog Entries: 2
Lintas barat gan (Jakarta - Rangkasbitung - merak) XD

RAJA & MERAK EXPRESS
__________________
Blog Perjalanan KA : http://irpdaop1.blogspot.com/
rsei1978 is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Old 06 July 2010, 14:20   #15
BP-2001902
Rin-Chan

 
BP-2001902's Avatar
 
Join Date: Apr 2010
Location: Daop 1
Sedikit sejarah tentang Senja Utama SLO
Diluncurkan pada tahun 1978 dengan campuran kelas Kuset dan K2,menempuh perjalanan dari Solo ke Jakarta maupun sebaliknya selama 9 jam dan berhenti di Klaten,Yogyakarta Tugu,Kutoarjo,Gombong,Purwoker to,Cirebon,Jatinegara dan Gambir.
Seiring Munculnya Argo Lawu dan Dwipangga,kelas Kusetpun dihilangkan dan Senja Utama SLO pun hanya berkelas Bisnis saja,dan pemberangkatannya di jakarta dipindah dari Gambir menjadi Pasar Senen
Senja Utama SLO Berhenti di=
Jatinegara
Cirebon
Purwokerto
Gombong
Kutoarjo
Yogyakarta Tugu
Klaten
Harga Tiket=Rp 120.000-130.000
Berangkat Pasar Senen=20:15,Tiba Solobalapan=06:08
Berangkat Solobalapan=18:00,Tiba Pasar Senen=03:59
Sekian penjelasan dari saya
__________________

Quote:
1.Tamaki Rinko
2.Misaka Mikoto
3.Ruri Gokou
4.Shichijo Aria


Last edited by BP-2001902; 06 July 2010 at 14:33.
BP-2001902 is offline  
Say 'Thank You!' for this post.
Reply With Quote
Who Said Thanks:
martinez
Reply

Bookmarks


Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +8. The time now is 20:31.

KAORI © 2012 | KAORI tidak bertanggung jawab atas isi dari situs internet pihak luar

Powered by vBulletin® Version 3.8.9 Beta 1 | Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.
no new posts
Page generated in 0.21882 seconds with 8 queries