BAGIKAN

Bank Indonesia atau BI pada Selasa (20/7/2010) sore akan meluncurkan uang logam pecahan Rp 1.000 tahun emisi 2010 dan uang kertas pecahan Rp 10.000 desain baru.

Direktur Direktorat Perencanaan Strategis dan Humas BI Dyah Makhijani, Selasa pagi di Bandung, mengatakan, peresmian peluncuran dua uang baru itu akan dilakukan oleh Wakil Presiden (Wapres) Boediono di Gedung BI, Bandung.

Dyah menjelaskan bahwa uang logam pecahan Rp 1.000 bergambar Garuda Pancasila pada bagian depan dan gambar angklung dengan latar belakang Gedung Sate Bandung. Uang tersebut berwarna putih keperakan, yang terbuat dari besi baja dilapisi nikel.

Advertisement Inline

Adapun perubahan pada uang kertas pecahan Rp 10.000 bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi elemen desain atau up-grading yang dilakukan terutama pada warna dominan yang semula ungu kemerahan menjadi ungu kebiruan.

Meski terdapat pula perubahan pada unsur pengaman lainnya, elemen desain utama, seperti bahan uang, gambar utama, dan ukuran uang, tetap atau tidak berubah. “Uang kertas pecahan Rp 10.000 desain lama masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran sah sebelum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh BI,” katanya.

KAORI Newsline | via Kompas (Foto oleh TEMPO)

18 KOMENTAR

  1. Ya,setidaknya uang kita tidak didominasi dengan warna hijau lagi .:)
    Semoga juga kualitas uangnya bagus,jangan cuma model saja. 😀
     

  2. Suka gonta-ganti desain aj nih… Kecilin dulu nominal uangnya!! Repot ngitungnya… Jadiin 100.000 = 10.000, 1000 = 100, 50.000 = 5000, etc….

  3. Sudah pasti klu itu… sesuatu yg berpengaruh internasional seperti itu pasti butuh izin dari lembaga internasional yg berwenang… tapi kenapa pemerintah tidak mau menurunkan nominal mata uangx??

    • sudah jelas, sangat jelas dijelaskan bahwa perubahan nilai mata uang harus seijin IMF. Karena efeknya besar, ekspor dan impor, serta akan mempengaruhi perdagangan. Mungkin silakan cari-cari artikel mengenai kurs mata uang di internet, mungkin bisa mencerahkan.

      OOTnya sampai sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.