BAGIKAN
Kereta LRT Jakarta bernomor 1102B sedang diangkat ke rel (KAORI Nusantara / Fasubkhanali)

Sebanyak tiga unit dari enam unit kereta ringan yang tiba di Tanjung Priok untuk layanan Light Rail Transit (LRT) Jakarta dibawa ke Kelapa Gading pada Jumat malam (22/6). Tiga unit kereta LRT Jakarta tersebut juga diangkat dari truk trailer ke main line (jalur utama) yang berada di depan Mall Kelapa Gading. Sebelumnya, dua unit kereta LRT Jakarta yang pertama kali datang juga dinaikkan di tempat yang sama.

Rombongan truk pembawa kereta-kereta LRT Jakarta tersebut berangkat dari Indonesia Kendaraan Terminal, Tanjung Priok sekitar pukul 21.20. Rute yang dilalui tidak mengalami perubahan dari rute pengiriman sebelumnya. Rombongan truk pun tiba di area lifting (pengangkatan), tepatnya di sebrang Mall Kelapa Gading sekitar pukul 23.15.

Berbagai persiapan pun mulai dilakukan. Pengangkatan articulated bogie, persiapan peralatan lifting dan lain-lain mulai dikerjakan. Sebanyak tiga unit articulated bogie diangkat ke jalur utama.

Staf Jakpro dan konsultan sedang memantau proses pengangkatan kereta LRT Jakarta (KAORI Nusantara / Fasubkhanali)

Baca Juga: Penuh Tantangan, Rangkaian Kereta LRT Jakarta Dipindahkan Ke Jalur Layang

Kereta dengan nomor 1102A menjadi kereta pertama yang diangkat. Sekitar pukul 01.51, kereta tersebut sudah mulai bisa diangkat dengan crane yang telah disiapkan. Terlihat beberapa kali posisi pengangkatan oleh crane kurang seimbang sehingga sedikit menghambat proses pengangkatan kereta. Kereta bernomor 1102A langsung dipasangkan ke articulated-bogie yang telah tersedia. Selanjutnya, dilakukan pengangkatan kereta bernomor 1102B. Tidak ada kendala berarti dan kereta tersebut langsung dirangkaikan dengan kereta 1102A.

Unit ketiga yaitu kereta bernomor 1103A mulai diangkat pukul 04.23. Sebelum diangkat, rangkaian 1102 yang sudah terangkai sebelumnya digeser ke arah selatan untuk memudahkan peletakkan kereta bernomor 1103A. Setelah sampai di atas, kereta tersebut langsung disambungkan dengan articulatedbogie yang telah disiapkan.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.