BAGIKAN
Kereta LRT Jakarta bernomor 1103B sedang diangkat ke jalur utama | Foto: Fasubkhanali/KAORI Nusantara

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku perusahaan yang mengerjakan proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta pada 9 Juni 2018 kedatangan enam unit kereta ringan untuk layanan LRT Jakarta. Kedatangan kereta LRT Jakarta tersebut merupakan kedatangan  gelombang ke-2, di mana pada kedatangan gelombang pertama telah tiba sebanyak dua unit pada pertengahan April 2018.

Seluruh kereta tersebut kini telah dipindahkan ke jalur utama, tepatnya di jalur yang berada persis di depan Mal Kelapa Gading. Pemindahan enam unit kereta LRT Jakarta yang datang pada gelombang ke-2 ini dilakukan secara bertahap sebanyak 2 gelombang di mana dilakukan pemindahan tiga unit kereta di tiap gelombangnya.

Baca Juga: Tiga Unit Kereta LRT Jakarta Berhasil Dinaikkan Ke Jalur Utama

Seluruh unit kereta LRT Jakarta yang datang pada gelombang ke-2 tersebut mulai dipindahkan dari dermaga Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), Tanjung Priok pada Jumat (22/6) malam. Pada pemindahan gelombang pertama itu, dilakukan pemindahan sebanyak tiga unit kereta LRT yang terdiri dari kereta bernomor 1102A dan 1102B dari rangkaian ke-2 dan satu unit kereta bernomor 1103A dari rangkaian ke-3. Selanjutnya, dilakukan pengiriman gelombang ke-2 untuk tiga unit kereta LRT Jakarta yang tersisa ke jalur utama di depan Mal Kelapa Gading. Pada pemindahan gelombang ke-2 ini, kereta LRT Jakarta yang dipindahkan bernomor 1103B dari rangkaian ke-3 serta 1104A dan 1104B dari rangkaian ke-4.

Pada pemindahan enam kereta LRT Jakarta gelombang ke-2 pada Sabtu (23/6), rombongan truk yang membawa tiga unit LRT Jakarta yang tersisa berangkat dari IKT sekitar pukul 21.30. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk dapat mencapai area lifting (pengangkatan) di depan Mal Kelapa Gading. Kereta yang pertama kali diangkat bernomor 1103B dari rangkaian ke-3. Kereta tersebut mulai diangkat pukul 00.15 dan langsung dirangkai dengan kereta bernomor 1103A yang telah diangkat terlebih dahulu dipemindahan gelombang pertama. Selanjutnya, dilakukan pengangkatan kereta bernomor 1104A pada pukul 01.40 dan kereta bernomor 1104B pada pukul 02.19. Kereta bernomor 1104A dan 1104B selanjutnya dirangkai menjadi satu rangkaian sebagai rangkaian kereta ke-4.

Seluruh kereta LRT Jakarta yang telah tiba di Jakarta berjumlah delapan unit atau empat rangkaian. Keseluruhan kereta tersebut telah dipindahkan ke jalur utama di depan Mal Kelapa Gading. Pemindahan ke jalur utama dilakukan karena pengerjaan dipo yang belum tuntas sehingga kondisi dipo belum dianggap cukup baik untuk menyimpan kereta.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.