BAGIKAN

Gamabunta Hikari Matsuri atau Gambarimasu merupakan acara pop kultur Jepang yang diselenggarakan oleh Gajah Mada Bunka Taika (Gamabunta), dan XO Productions. Acara ini telah berlangsung pada tanggal 28-30 September 2018 di Outdoor Jogja Expo Center Banguntapan, Bantul, D.I. Yogyakarta. Sebagai sebuah acara jejepangan yang baru di Yogyakarta, Gambarimasu telah berhasil menyedot perhatian masyarakat baik umum maupun penggemar pop kultur Jepang. Bagaimana kemeriahan acara ini berlangsung? Simak liputannya berikut ini!

Salah satu sudut JEC yang akan anda lewati kala hendak salat atau ke toilet.

Sempat tertunda pembukaanya karena adanya acara kenegaraan pembagian sertifikat tanah oleh Presiden Jokowi di JEC, Gambarimasu yang sejatinya dibuka pada 28 September pukul 13.00 harus diundur pembukaanya hingga pukul 17.00. Namun hal ini tidak menyurutkan minat pengunjung yang sudah mulai antri membeli maupun menukarkan tiketnya sejak pukul 15.00.

This slideshow requires JavaScript.

Acara hari pertama yang sebagian besar berlangsung malam hari diisi oleh berbagai penampilan musik dan dance cover di panggung, seperti kompetisi band, Equorz, dan Sastro Moeni. Selain itu, pengunjung juga berkesempatan untuk mencicipi lebih dari 80 stand jajanan yang memenuhi sebagian besar tempat acara Gambarimasu itu sendiri. Jajanan yang tersedia sangat bervariasi mulai dari makanan khas matsuri seperti takoyaki, permen kapas, okonomiyaki, hingga makanan yang unik seperti dragon’s breath, dosa dan shwarma dari India, cumi goreng, ayam telur asin, dsb.

Acara kembali dibuka keesokan harinya pada pukul 10.00. Selain beberapa penampilan band, ada juga lomba karaoke yang beberapa pesertanya juga mengenakan cosplay unik. Pada sore harinya, pengunjung juga diajak berjoget ria ala gerakan senam bersama Unmanly.

This slideshow requires JavaScript.

Selain acara di panggung, ada juga pertunjukan Kabuki yang diselenggarakan di teater tersendiri. Pengunjung akan disuguhkan sajian teater khas Jepang namun dengan menggabungkan elemen kearifan lokal Indonesia juga. Sekali penampilan akan memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Selain stand makanan, di sisi timur tempat acara ada stand komunitas dan souvenir. Ada berbagai macam pernak-pernik khas even jejepangan yang dijual di sini seperti poster, gantungan kunci, figur, dsb. Stand komunitas juga menampilkan beberapa komunitas jejepangan yang eksis di Yogyakarta seperti AMV Indonesia, komunitas itasha YOICO, komunitas gim seperti Kancolle, BangDream, Love Live, komunitas action figure, Otaku Muslim Community, dan masih banyak lagi.

Malam menjelang, dan suasana di depan panggung menjadi meriah karena adanya Bon Odori. Tarian khas Jepang yang mengajak banyak orang ini rupanya sangat menarik perhatian pengunjung untuk ikut menari. Lagu pengiring yang digunakan pun dapat membuat tarian menjadi semakin energik. Malam hari itu ditutup dengan penampilan Idol lokal Yogyakarta, Momiji Velvet.

Gambarimasu berlanjut di hari ke-3, dibuka dengan penampilan peserta kompetisi dance cover. Sesudahnya, peserta dihibur dengan kompetisi makan cepat. Di siang hari yang panas peserta lomba ini harus bisa menghabiskan semangkuk ramen pedas dalam waktu secepat mungkin. Menjelang sore, para penggemar serial Kamen Rider pun dihibur oleh penampilan Kamen Shoujo, yang tentunya membawakan lagu-lagu tema dari Kamen Rider.

This slideshow requires JavaScript.

Sore hari, pengunjung pun dihibur oleh acara yang selalu menjadi ciri khas setiap acara jejepangan: Cosplay Competition. Di perlombaan ini, peserta akan memerankan suatu adegan tertentu sesuai dengan kostum yang mereka kenakan. Setelah Cosplay Competition, perlombaan dilanjutkan dengan Coswalk di mana seluruh pengunjung yang mengenakan kostum cosplay tampil secara bergiliran di depan panggung untuk menunjukkan kostum mereka. Mulai dari si Sel Darah Putih alias Neutrofil (Hataraku Saibou), Umaru, Rory Mercury (GATE), Kitaro, bahkan ada juga yang berperan sebagai “Jokowi” lengkap dengan ajudannya.

Penampilan sore hari itu ditutup dengan kolaborasi antara Say! Won! dan QNTL. Malam harinya, setelah acara Bon Odori dan pengumuman-pengumuman pemenang lomba, penampilan malam hari diisi oleh band-band seperti Dewo x Death, Crossover, New Entry, 2&2 project, dan Victoria Symphony. Seluruh rangkaian acara Gambarimasu ditutup dengan penampilan DJ Saddam yang berhasil mengajak penonton untuk larut dalam kegembiraan sambil berjoget ria.

This slideshow requires JavaScript.

Apakah anda juga hadir dalam Gamabunta Hikari Matsuri? Silahkan bagikan kesan Anda di acara ini pada kolom komentar!

Sebuah Pengingat

KAORI Newsline | Foto oleh Marwa Pranata dan Razif Kurniawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.