BAGIKAN

Pelan tapi pasti industri komik Indonesia terus bertumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. Yang menarik, bukan cuma di dalam negeri, namun banyak insan-insan komik Indonesia yang juga berkarya dan berprestasi di mancanegara. Sebut saja Ario Anindito yang aktif menjadi artis di sejumlah penerbit besar Amerika Serika seperti DC hingga Marvel, hingga komik Baladeva karya Tantraz Comic Bali yang terjual hingga ke Amerika dan Eropa.

Satu lagi komik Indonesia yang juga go international adalah Cloverlines, sebuah komik karya Wednesday Ash dan asteRiesling, yang dibuat di bawah bendera Scroll Down Comics. Komik yang awalnya dipublikasikan secara digital melalui Tapas dan LINE Webtoons Discover akan dirilis dalam bentuk cetak berkat kesuksesan program pendanaan mereka di Kickstarter.

Cloverlines adalah komik komedi dengan konsep penggabungan estetika warna-warna neon dari Macross, dan sensibilitas musik Vocaloid. Dalam Cloverlines dikisahkan mengenai Yuuki, seorang gitaris dengan mimpi untuk menjadi bintang rock terbesar di Milky Way. Ia kemudian bertemu Cloverlines, sebuah band yang dipimpin oleh gadis berambut biru yang nekat bernama Aimi Hoshikawa. Cloverlines baru saja kehilangan lead guitarist mereka, beberapa jam sebelum mereka akan melangsungkan debut streaming untuk seantero galaksi.

Yuuki juga bertemu Damon, bassis sekaligus manager band yang pragmatis, dan Rinne, sebuah gynoid yang diprogram untuk bermain drum (alias literal drum machine), juga Karen, eksekutif Omnii Musik yang secara terang-terangan berusaha untuk melakukan sabotase pada band Cloverlines.

This slideshow requires JavaScript.

Yang menarik, selain di komik, Cloverlines sendiri jugalah nama dari sebuah band virtual yang diciptakan oleh Ash, dengan menggunakan software Vocaloid. Band virtual ini sendiri telah menghasilkan satu album, yang dibuat dengan menggunakan Vocaloid GUMI sebagai suara vokal Aimi, dan juga menggandeng berbagai musisi dari skena Vocaloid lokal.

Ash sang kreator dari Cloverlines mengaku sangat senang menulis karakter-karakter tersebut. Dan ketika dirinya melihat subscriber terus menerus bertambah setiap bulan di LINE Webtoons Discover dan Tapas, serta melihat banyaknya minat para subscriber untuk memiliki versi fisiknya, iapun menjalin kerja sama dengan Webtoons Hub, komunitas internasional pecinta komik webtoon yang digawangi oleh Nen, dan berbasis di London untuk bisa memproduksi buku fisiknya lewat Kickstarter.

Visual dari komik ini sendiri diciptakan oleh dua ilustrator asal Indonesia, yaitu asteRiesling sebagai desainer, dan nachocobana sebagai komikusnya. Keduanya, terutama asteRiesling mengaku sangat senang, sekaligus tertantang, terutama dalam mendesain karakter yang hidup di masa depan.

Program pendanaan Cloverlines sendiri cukup fenomenal. Bagaimana tidak, baru seminggu sejak diluncurkan di Kickstarter, proyek ini telah berhasil didanai higga 3 kali lipat dari target awal yang diharapkan. Tentu saja semuanya tidak berhenti sampai di situ. Karena masih ada sejumlah target lagi, di mana jika berhasil, maka proyek ini akan dikembangkan lebih lanjut, seperti peningkatan kualitas buku versi cetaknya, menjamin kelanjutan komik Cloverlines di masa depan, dan menambah bonus menarik, salah satunya adalah produksi lagu baru dari Cloverlines.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.