BAGIKAN

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Mazjojo, salah satu komikus ternama kini tengah mengembangkan sebuah novel visual berjudul Full Service/Full Service Spa. Novel visual ini akan dibalut dengan dialog berbahasa Inggris dan berbahasa Jepang. Rencananya novel visual ini akan dirilis pada 21 Agustus 2018. Namun rupanya rencana tersebut meleset, dan masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan kiranya novel visual ini akan dirilis.

Melalui pengumuman yang diumumkan di lama Kickstarter Full Service per-tanggal 16 Agustus 2018 lalu, pengembangan dari novel visual ini memang cukup lambat. Karenanya jadwal rilisnya harus diundur hingga waktu yang belum ditentukan. Meskipun begitu, proses pengembangan masih terus berjalan pelan tapi pasti. Karenanya, Mazjojo sebagai pengembang memberikan sejumlah klarifikasi mengenai proses pengembangan novel visual Full Service yang saat ini tengah berjalan.

Pengembangan CG atau ilustrasi dari Full Service telah rampung, di mana terdapat lebih dari 1000 CG yang bisa ditemukan selama permainan. Sementara itu sprite dari karakter-karakter yang ada di Full Service juga sudah rampung, di mana masih ada sejumlah sprite yang masih harus diekstrak, namun tidak akan memakan waktu terlalu lama. Adapun untuk animasi sendiri akan ditangani oleh Maohking, di mana 5 dari 7 karakter sudah dianimasikan, dan 2 karakter lainnya juga akan segera dirampungkan.

Untuk naskah cerita sendiri sudah hampir rampung, kecuali untuk sejumlah adegan yang melibatkan sejumlah NPC. Namun untuk untuk cerita utama, termasuk rute-rute karakter beserta endingnya sendiri sudah rampung, dan tinggal diprogram bersamaan dengan elemen-elemen lainnya seperti CG maupun sprite. Adapun untuk programming sendiri, 11 dari 21 chapter dari keseluruhan cerita di novel visual Full Service tengah melalui proses beta testing, di mana rupanya masih ditemukan sejumlah bug dan error yang harus diperbaiki secara lebih komprehensif, dan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, novel visual Full Service akan dirilis dengan fitur dialog berbahasa Jepang maupun Inggris. Karena faktor dwi bahasa tersebut, pihak pengembang harus berkoordinasi dengan para seiyuu-seiyuu-nya, baik untuk seiyuu berbahasa Jepang, maupun seiyuu berbahasa Inggris. Karena itu, proses koordinasi ini juga membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Sementara itu di bagian produksi, sejumlah merchandise fisik seperti gantungan kunci, sarung bantal, cosplay, kaos, cover DVD, artbook, kartu pos, hingga poster juga masih dalam thap pencetakan. Hal ini memerlukan waktu yang cukup panjang juga, namun pihak pengembang berjanji akan memberikan informasi lebih lanjut jika ada perkembangan yang lebih mutakhir lagi.

Kemudian, pihak pengembang, terutama Mazjojo selaku kreator dan juga pemimpin proyek mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena tidak bisa merilis Full Service, tepat pada tanggal yang sudah dijadwalkan, yaitu pada 21 Agustus 2018. Hal ini dikarenakan dirinya bersama para tim masih membutuhkan waktu yang ebih lama untuk merampungkan Full Service sesempurna mungkin, dan tidak ingin mengecewakan para penggemarnya, terutama para peserta program pendanaan yang sudah menumbangkan uangnya demi rampungnya pengembangan Full Service dengan hasil yang terbaik. Mazjojo sendiri mengakui bahwa pihaknya memang mengalami berbagai kesalahan, terutama di bidang perencanaan sedari awal. Karenanya mereka mengalami kesulitan dalam proses pengembangannya. Meskipun begitu, Mazjojo berjanji bahwa dirinya beserta para tim akan terus melanjutkan pengembangan nove visual ini hingga rampung dan siap dirilis. Ke depannya, rencananya pihak pengembang akan merilis demo terbaru yang berisi 6 chapter, khusus untuk para peserta pendanaan kickstarter atas proyek Full Service.

KAORI Newsline

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.