BAGIKAN
Alice, Eugeo, dan Kirito (©2017 Kawahara Reki/KADOKAWA ASCII Media Works/SAO-A Project)

Sinopsis

Musim ketiga dari Sword Art Online. Kirigaya Kazuto atau Kirito diminta untuk menjadi penguji coba sebuah teknologi perangkat virtual reality baru, di mana ia hidup bersama dengan NPC dunia tersebut dalam rentang waktu beberapa tahun, yang di dunia nyata setara dengan beberapa jam saja. Kazuto juga menceritakan pengalamannya mencoba dunia virtual tersebut kepada teman-temannya, meskipun sebenarnya ia sendiri tidak memiliki ingatan apapun tentang apa yang ia alami di sana. Sinon dan Asuna sebenarnya agak cemas dengan pekerjaan barunya ini, dan kecemasan ini pun rupanya benar-benar terwujud ketika Kirito dan Asuna bertemu kembali dengan mantan anggota Laughing Coffin yang hendak membalas dendam. Untuk kedua kalinya akhirnya Kirito pun terjebak masalah dengan dunia virtual baru tersebut, Underworld.

Komentar

M Razif Dwi Kurniawan (The Indonesian Anime Times)

Penantian semua orang pun terjawab sudah dengan tayangnya episode perdana Sword Art Online: Alicization, dan ini merupakan cerita yang sangat panjang mengingat anime ini akan tayang selama 4 cour atau sekitar 50 episode akan tayang secara terus menerus, mengikuti cerita dari novel volume 9 hingga 18. Kesungguhan penayangan seri ini pun juga ditunjukkan dengan durasi episode pertama yang lebih panjang (48 menit) dan adanya acara penayangan premiere di beberapa penjuru dunia.

Paruh pertama episode Sword Art Online: Alicization ini diisi dengan kisah masa kecil tiga kanak-kanak Desa Rulid: Kirito, Eugeo, dan Alice. Secara umum bagian ini menjelaskan bagaimana sistem Underworld bekerja: tentang waktu hidup setiap item, taboo index, sistem pekerjaan masing-masing individu, dsb. Dari sini pun sudah terlihat hubungan dekat antara Kirito dan Eugeo dalam menjalankan pekerjaan mereka sebagai penebang pohon. Lalu di paruh kedua cerita kembali lagi ke dunia nyata, diawali dengan adegan aksi Kirito dan kawan-kawan membantu Sinon di Gun Gale Online. Lalu ada juga percakapan Kirito, Sinon, dan Asuna mengenai pekerjaan Kirito sebagai penguji coba perangkat Soul Translator (STL) dan penjelasan apa itu STL secara umum.

Episode perdana ini saya rasa sudah cukup berhasil sebagai introduksi terhadap sebuah lakon cerita Underworld yang amat panjang. Selain sebagai penyegar ingatan setelah SAO 2 dan Ordinal Scale, episode ini juga menyediakan beberapa penjelasan umum mengenai gim apa lagi yang akan dihadapi oleh Kirito. Memang terdengar membosankan, namun tunggu sampai anda melihat kualitas animasi yang detail baik pada adegan-adegan biasa maupun pada adegan-adegan pertarungan. Saya bisa katakan bahwa kualitasnya sama bagusnya dengan apa yang pernah kita lihat di Ordinal Scale.

Intinya, mari kita selami kembali hikayat terjebaknya Kirito di dunia virtual, kali ini dengan durasi yang lebih lama di anime Sword Art Online: Alicization.

Fakta dan Data

Judul lain ソードアート・オンライン アリシゼーション
Karya asli Novel ringan karangan Reki Kawahara
Pengisi suara
Ai Kayano sebagai Alice Zuberg
Akira Ishida sebagai Satellizer
Ayahi Takagaki sebagai Lizbeth
Hiroaki Hirata sebagai Klein
Hiroki Yasumoto sebagai Agil
Haruka Tomatsu sebagai Asuna
Miyuki Sawashiro sebagai Sinon
Nobunaga Shimazaki sebagai Eugeo
Rina Hidaka sebagai Silica
Yoshitsugu Matsuoka sebagai Kirito
Sutradara Manabu Ono (Gakuen Toshi Asterisk, Overlord)
Penulis skenario Yukito Kizawa (episode 1) (Kizumonogatari, Nisekoi)
Desain karakter Shingo Adachi (Galilei Donna, Working!!), Gou Suzuki (Mushi-shi)
Lagu pembuka Adamas” oleh LiSA
Lagu penutup Iris” oleh Aoi Eir
Studio A-1 Pictures
Situs resmi https://sao-alicization.net
Twitter  @sao_anime
Mulai tayang pada 6 Oktober 2018 (1500 GMT, 2200 WIB), 7 Oktober 2018 (2400 JST)

Screenshot dan Trailer

Waduh ngapain itu mas? (©2017 Kawahara Reki/KADOKAWA ASCII Media Works/SAO-A Project)
“Let’s go” (©2017 Kawahara Reki/KADOKAWA ASCII Media Works/SAO-A Project)
Rapat mendadak di GGO (©2017 Kawahara Reki/KADOKAWA ASCII Media Works/SAO-A Project)
Pacar posesif (©2017 Kawahara Reki/KADOKAWA ASCII Media Works/SAO-A Project)
Dimarahin sama pacar (©2017 Kawahara Reki/KADOKAWA ASCII Media Works/SAO-A Project)

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.