BAGIKAN

Sejak dibuka secara resmi pada 4 Februari 2015, berita perkeretaapian KAORI tidak lepas dari berbagai pembicaraan.

Pertanyaan paling mudah adalah dari pembaca utama KAORI sendiri yaitu para penggemar anime. Apa hubungan antara nama KAORI dengan berita kereta api? Pada satu kesempatan, KAORI pernah disindir kehabisan bahan berita.

Tidak kalah menarik adalah pertanyaan lain dari para penggemar dan instansi terkait transportasi ular besi ini. Ketika membaca berita kereta api KAORI, pertanyaannya mulai dari “Anda seorang weaboo ya?”, “kenapa tidak bahas bus dan kapal laut,” sampai muka-muka merengut saat mendengar pernyataan bahwa bisnis utama KAORI adalah berita kartun. Bahkan sampai ledekan dari oknum pegawai atau penggembira yang menuding KAORI aji mumpung karena ikut dalam perjalanan kereta api luar biasa (KLB) untuk uji coba bersama wartawan media lain.

Jadi, apa motivasi di balik berdirinya divisi perkeretaapian KAORI?

Orang-orang di belakang KAORI dan tim perkeretaapian (khas dengan signature Cemplus Newsline by KAORI) sesungguhnya bukan orang baru dalam dunia perkeretaapian. Saya pernah aktif di beberapa komunitas terkait perkeretaapian, sedangkan Faris, GM Cemplus Newsline, adalah mantan penulis di Majalah Kereta Api (MKA) yang ironisnya setelah berhenti terbit dalam format cetak, masih kesulitan menemukan jati dirinya dalam dunia berita digital. Sementara rekan-rekan lain seperti Fasubkhanali, Amri, Farouq, dan Igun adalah wajah lama dalam ranah railfanning.

Semua diawali dengan keprihatinan atas menurunnya kualitas berita mengenai kereta api yang disajikan di media massa umum, sementara itu MKA pada awal 2015 mutu dan kedalamannya semakin menurun sampai-sampai kalah saing dalam hal kedalaman warta dengan grup-grup Facebook. Di sisi lain, ada peluang secara komersial yang ditangkap oleh KAORI dan tidak disadari oleh media lain.

Di Jepang, sangat akrab ditemui kolaborasi antara kereta api dengan anime. Munculnya penggemar kereta api yang juga penggemar anime di negara yang menghasilkan Nisekoi dan Love Live ini dibuktikan dengan ramainya railfans (penggemar kereta api) yang menggunakan avatar anime kesukaan dan aktif berburu foto-foto kereta api. Bahkan, Comiket menyediakan lapak khusus untuk mengakomodasi para circle kereta api! Entah mengapa hal ini sepertinya tidak disadari atau seolah dinafikan oleh segelintir orang.

KAORI melihat fenomena yang sama mulai tampak di Indonesia, terbukti dengan mudahnya ditemui para penggemar anime yang berkeliaran di stasiun dan menggunakan KRL Commuter Line untuk “oy oy oy” di daerah Senayan, Jakarta. Pemahaman tentang kereta api tidak berhenti hanya mengasosiasikan JR 205 dengan kereta galau, namun mengetahui pula set berapa yang dipakai dan di jalur mana rangkaian tersebut beroperasi.

Maka dengan kekuatan basis pengguna KAORI dan pengalaman dalam mengasuh media online yang dipadukan dengan pengetahuan mendalam para staf Cemplus, lahirlah rubrik perkeretaapian KAORI. Cemplus Newsline mengisi ruang yang tidak diisi oleh media-media lain di Indonesia dan menggarapnya. KAORI memberikan berita mengenai kereta api Jepang, kereta api Jepang yang akan ke Indonesia, dan perkembangan atau inovasi terkini dari perkeretaapian Indonesia yang dirasakan relevan untuk dibaca oleh target pembaca utama KAORI. Memang masih ada kendala-kendala dalam hal coverage berita kereta api non-KRL dan hal ini sedang dalam pembenahan.

Dalam perkembangannya, berita kereta api KAORI ternyata tidak hanya dinikmati penggemar anime yang kebetulan juga railfans, namun ikut dibaca oleh pengamat dan pemerhati kereta api secara umum di berbagai forum-forum internet dan diapresiasi oleh pihak-pihak terkait.

Pada akhir Oktober, KAORI menjadi tamu kehormatan yang diundang untuk bertemu langsung dengan direktur utama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), M. Nurul Fadhila. Dalam pertemuan tersebut, KCJ mengapresiasi kedalaman berita-berita yang ditulis oleh KAORI, terbukti dengan beredarnya beberapa berita KAORI untuk dibaca oleh para karyawan KCJ di seluruh Jabodetabek. Walau demikian, sebagai media KAORI tetap berdiri dalam posisi independen dan bisa mengkritik, tentunya dengan kedalaman yang tidak ditemukan di media-media lain.

Fokus utama KAORI tetap memberikan berita terkini mengenai anime dan ekonomi kreatif. Namun demikian, apapun yang muncul di KAORI, kami berharap semua disajikan dengan kualitas tertinggi sembari tetap bisa dinikmati oleh banyak orang, dengan sedikit twist kegalauan dan kerinduan akan anak-anak SD dan jetski.

Kevin W
Direktur Utama

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.