BAGIKAN

Mengenang bencana gempa bumi dan tsunami yang menerjang Tohoku pada 11 Maret 2011, the Japan Foundation menggagas sebuah pameran bertajuk “Beautiful Handicrafts of Tohoku, Japan”.

Wilayah Tohoku yang terkenal akan pegunungan dan pemandangan lautnya yang indah menyimpan kekayaan budaya dan sejarah lokal. Masyarakat setempat kembali bangkit dan berusaha keras mengembalikan kehidupan normal mereka sesegera mungkin, termasuk memulihkan kembali bidang manufaktur dan budaya kerajinan tangan yang terkena dampak bencana. Pameran “Beautiful Handicrafts of Tohoku, Japan” ini digelar sebagai bentuk dedikasi dan dukungan the Japan Foundation atas usaha masyarakat setempat dalam membangun kembali wilayah Tohoku.

“Beautiful Handicrafts of Tohoku, Japan” akan dipamerkan di Jakarta dan Surabaya bekerja sama dengan House of Sampoerna dan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dengan tujuan memperkenalkan kepada masyarakat luas kerajinan Tohoku yang istimewa dan berciri khas. Beragam karya dari berbagai genre seperti keramik, lacquerware (perabotan berpernis), tekstil, logam, kerajinan dari kayu dan bambu dihadirkan langsung dari Tohoku. Peralatan sehari-hari yang tak hanya indah namun bersifat fungsional tersebut dibuat dengan teknik kerajinan tradisional tingkat tinggi yang telah ada sejak zaman kuno dan menginspirasi seniman-seniman Jepang yang karya-karyanya terlibat dalam pameran ini untuk mengembangkan dan mewariskan tradisi istimewa tersebut hingga saat ini.

Advertisement Inline

Pameran ini terbuka untuk umum, gratis, dan tanpa tanda masuk. Nikmatilah beragam kerajinan khas
Tohoku yang menawan ini di Surabaya dan Jakarta dengan jadwal pameran sebagai berikut:

SURABAYA
15-25 Februari 2016
House of Sampoerna
Taman Sampoerna No.6, Surabaya
Jawa Timur 60163
T.031-353-9000
(Buka setiap hari pk. 10:00-20:00)
Pembukaan : 15 Februari 2016, pk. 19:00

JAKARTA
7-19 Maret 2016
Gd. Summitmas I lt.2
Jl. Jend. Sudirman kav. 61-62, Jakarta Selatan
T. 021-520-1266
(Buka Senin-Sabtu pk. 10:00-18:00)
Pembukaan : 7 Maret 2016, pk. 14:00

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.