Anime Review: Hidamari Sketch

1

Hidamari Sketch

Hidamari Sketch. Salah satu anime slice of life yang wajib anda saksikan jika anda pernah menonton (atau membaca) Azumanga Daioh atau Ichigo Mashimaro. Seperti apa, sih?

Anda bertanya-tanya. Empat orang perempuan yang tinggal di sebuah apartemen (Hidamari Apartement namanya). Tanpa plot cerita apapun. Inilah inti dari genre ini.

Mari, masuk ke alur cerita. Di Apartemen Hidamari ada Yuno, Hiro, Sae, dan Miyako. Menceritakan keseharian Yuno, seorang junior kelas satu di salah satu SMK Kesenian. Ia setiap hari menghadapi berbagai hal-hal unik. Melihat Miyako yang sangat suka makan, Hiro yang juga pengarang novel, dan Sae yang senang masak. Jangan lupakan juga epik pak Kepala Sekolah dan bu guru Yoshinoya yang maniak cosplay (dengan tagline yang terkenal, selamanya 17 tahun!).

Advertisement Inline

Di setiap episodenya, tidak memiliki jalan cerita yang pasti. Kalau nggak biasa, pasti akan kecewa dengan endingnya (memang beginilah anime tipikal slice of life). Namun, akan lebih spesial jika kita memperhatikan beberapa hal lain.


Salah satu contoh episode.

Anime ini dibuat oleh Shaft. Kalau anda pernah menonton anime ef, pasti tidak asing dengan gaya penceritaannya. Bagi saya pribadi, lebih mirip seperti parodi ef (karena banyak efeknya yang mirip). Dan sedikit komentar, efek ini lebih cocok untuk Hidamari, bukan untuk ef. (Mestinya anime ef harusnya digarap oleh Comix Wave – versi high-budget – atau oleh feel – kalau low-budget – ). Dengan budget yang rendah, anime ini berhasil membawa sejumlah elemen yang kelihatannya remeh tapi termasuk "dewa", seperti faktor moeness dalam sisi penggambaran dan pembawaan karakter.

Cerita sangat menyenangkan. Dengan lelucon yang segar dan orisinil, serial ini sukses membawa tradisi slice of life. Lelucon yang tidak diulang-ulang (kecenderungan gagalnya anime genre ini adalah karena diulang-ulangnya jokes yang sama). Mungkin bagi saya, yang cukup konyol adalah episode 7 season 1, saat acara festival olahraga sekolah akan dilangsungkan. (Jujur, saya paling suka bagian itu!)

Walau agak menyedihkan, anime ini tidak banyak diperhatikan (malah ketika tayang, nyaris tidak ada yang men-sub anime ini).

Penilaian SM: 8/10. Must watch if you like this genre. Tidak disarankan kalau anda tidak menyukai anime yang kelihatannya "membosankan" dan "tidak punya jalan cerita".

Link Download: Please see at http://www.kaorinusantara.or.id/forum/f36/review-hidamari-sketch-x365-1289.html

Review oleh Shin Muhammad | KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.