cosplay-lowangle

Dalam acara Street Fiesta di Nihonbashi, Osaka beberapa hari yang lalu, ada sebuah hal yang menjadi perdebatan di ranah maya di Jepang.

Perilaku fotografer (kameko) yang sengaja mengambil foto dari sudut yang sangat rendahlah yang memicu kontroversi.

Advertisement Inline

Segera setelah acara berakhir, muncul berbagai pendapat yang menyesalkan hal tersebut.

Seorang pengguna berpendapat, “memotret dari sudut rendah seperti itu, rasanya termasuk tindak kriminal.” Ada pula yang setelah mengetahui hal ini, menjadi tidak ingin datang ke acara-acara tersebut.

Di sisi lain, ada pula yang berpendapat bahwa sang fotografer tidak mungkin mengambil gambar seperti itu bila sang cosplayer tidak mengizinkan.

lowangle2

Ada yang berpendapat bila kedua belah pihak sudah sepakat, seharusnya hal seperti ini tidak dipermasalahkan. Yang terpenting menurutnya, fotografer sudah mendapatkan izin dari sang cosplayer.

Salah satu faktor yang menyebabkan hal seperti ini menjamur di antaranya karena banyak cosplayer yang ingin cepat tenar di internet. Mereka terkadang ingin memerankan karakter yang disukainya tanpa berpikir panjang mengenai etika kesopanan.

Ada pula yang berpendapat kalau fenomena seperti ini seharusnya tidak akan terjadi bila cosplayer tidak memerankan karakter yang riskan dan banyak mengekspos bagian tubuh mereka, terutama bagian bawah.

Mereka berharap kejadian di acara Street Fiesta ini mampu memicu kesadaran akan etika ber-cosplay sehingga hal seperti ini tidak semakin banyak.

KAORI Newsline | sumber

6 KOMENTAR

  1. "bila kedua belah pihak sudah sepakat, seharusnya hal seperti ini tidak dipermasalahkan." setuju ama kata2 ini. knp kadang jd org laen yg sewot ya haahaha .

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.