BAGIKAN
Tiongkok Menuju Amsterdam
KA barang yang beroperasi dari Tiongkok menuju Amsterdam. | Foto: portofamsterdam.com

Tiongkok semakian menunjukkan ambisinya untuk menghidupkan jalur sutra modern melalui moda transportasi Kereta Api (KA). Setelah sebelumnya telah dioperasikan layanan KA barang dari Tiongkok menuju Inggris dan Jerman, kali ini yang dioperasikan ialah KA barang dari Tiongkok menuju Amsterdam, Belanda.

Layanan tersebut diluncurkan pada Rabu (7/3) di Pelabuhan Amsterdam dengan kota tujuan Yiwu di Tiongkok. Layanan tersebut merupakan hasil inisiatif dari Nunner Logistics, TMA Logistics, Pelabuhan Amsterdam dan Rail Cargo Group.

Baca juga: Kereta Api Barang Perdana Dari Tiongkok Akhirnya Tiba Di London.

Membawa gerbong barang yang total panjang rangkaiannya sepanjang 630 m. kereta tersebut membawa barang-barang asal Eropa yang permintaannya tinggi di Tiongkok, seperti barang elektronik, produk otomotif, bir, makanan bayi and produk tekstil berkualitas tinggi dan nantinya juga akan kembali membawa hasil industri asal Tiongkok.

Menempuh perjalanan sejauh 11.000 km, kereta akan melewati negara Jerman, Polandia, Belarusia, Rusia, Kazakhstan dan kemudian memasuki Tiongkok dan akan tiba di Yiwu dalam 16 hari atau pada Jumat (23/3). Atau dua kali lebih cepat dari perjalanan menggunakan kapal laut.

Saat ini perjalanan KA barang dari Tiongkok menuju Eropa atau bisa disebut jalur sutera baru memang sedang diminati dan merupakan bagian dari program pemerintah Tiongkok, ‘One Belt, One Road’. Selain dari lebih cepat, keunggulan lain dari perjalanan KA barang ini juga lebih ramah lingkungan karena emisi karbon yang dihasilkan 20 kali lebih sedikit dibandingkan yang dihasilkan kargo udara.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.