BAGIKAN
BB 304 18
Lokomotif BB 304 18 saat tiba di Dipo Semarang Poncol. | Foto: Titah Raharjo.

Musim hujan yang terjadi selama beberapa waktu terakhir selalu menimbulkan bencana banjir yang juga menyebabkan terhambatnya perjalanan Kereta Api (KA). Salah satu upaya untuk mengurangi efek keterlambatan perjalanan KA akibat banjir ialah kembali mendayagunakan lokomotif jenis diesel hidrolik. Pada Kamis (8/3) dini hari lokomotif BB 304 18 diboyong ke Semarang Poncol dari rumah aslinya di Dipo Tanah Abang.

Baca juga: Locomotive Sunday : BB 301 27 Lokomotif Misterius dari Sidotopo.

Berangkat dari Tanah Abang pada tepat tengah malam, lokomotif diesel hidrolik tersebut dibawa ke Semarang dengan ditarik oleh lokomotif CC 203 41 dengan nomor perjalanan PLB 8034 dan diperkirakan tiba di Semarang pada Kamis (8/3) pukul 14.30. Lokomotif BB 304 18 sebelumnya merupakan lokomotif milik Dipo Tanah Abang, sebelum mulai diistirahatkan lokomotif ini rutin berdinas menarik KA lokal Rangkasbitung.

Lokomotif tipe BB 304 adalah lokomotif diesel hidrolik milik KAI buatan Jerman. Mulai beroperasi sejak tahun 1976, BB 304 memiliki mesin dengan daya 1550 HP. Pada masa jayanya, BB 304 biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang dan dapat beroperasi kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam. Lokomotif ini bergandar BB, artinya lokomotif ini memiliki dua bogie, di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.