Tentang Kami

KAORI Fansub adalah UPT (Unit Pelaksana Teknis) KAORI Nusantara, menjadi satu dari pilar strategis KAORI Nusantara selain KAORI forum dan KAORI Newsline.

KAORI Fansub tidak diiklankan di KAORI forum, namun ditujukan kepada pengguna dan penggemar anime non anggota KAORI forum, sebagai bagian dari relasi eksternal KAORI Nusantara.

Memiliki sejarah panjang sebagai unit KAORI tertua, KAORI Fansub didirikan pada pertengahan April 2008 dan merilis karya pertamanya, Kanon 2006 episode 1 pada 16 Mei 2008. Sejak saat itu, KAORI Fansub mengalami pasang surut hingga akhirnya mulai direvitalisasi pada tahun 2013.

Misi KAORI Fansub

  1. Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan kebudayaan anime Jepang dengan mengerjakan takarir berbahasa Indonesia tanpa berbenturan dengan pelisensi dan upaya distribusi anime original di Indonesia.
  2. Mempromosikan karya-karya terbaik agar dapat diakses oleh masyarakat luas.
  3. Merepresentasikan KAORI dan nilai-nilai yang dibawa KAORI untuk memajukan kebudayaan anime di Indonesia.
  4. Menyajikan rilis fungsional, berkualitas, dan cepat dengan memenuhi standar produksi minimum.
  5. Menerapkan perkembangan teknologi dan cara kerja terdepan berstandar internasional.
  6. Memberi sumbangsih untuk kemajuan fansub Indonesia.

KAORI Fansub merupakan pelopor, menjadi grup fansub pertama di Indonesia yang menyediakan tautan unduh dalam format torrent secara permanen. Selain itu, KAORI Fansub menyediakan layanan XDCC permanen yang dapat diakses melalui #kaorinusantara.fansub @ irc.rizon.net.

KAORI bekerja sama dengan komunitas fansub Indonesia dan grup fansub mitra untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya rilis berkas yang layak. KAORI juga bermitra dengan Kanindo dan Si Anak Rubah (anakrubah.fansub.web.id) untuk memperluas akses masyarakat terhadap takarir yang dikerjakan oleh KAORI Fansub.

Rilis KAORI Fansub

Segala rilis terbaru KAORI Fansub dapat dicek di http://www.kaorinusantara.or.id/rubrik/kaori-fansub/

Stanformasi Staf

Pembina dan Kepala UPT: A_C
Penerjemah: Ritsu, ChiharuHanayagi, Thuatha, Kizamaru, Riiya, Renten, Argus Panoptes, Gio93ivan
Editor: Handband, Shin Muhammad, AzuRey
Pengkode: M^M^T
Jaminan Kualitas (Quality Assurance): Shin Muhammad
Distribusi: Shin Muhammad

Kontak Kami

Keluhan akan rilisan akan ditanggapi hanya bila rilisan melebihi dari SPM (Standar Produksi Minimum) maupun bila terjadi kesalahan yang cukup parah/fatal sehingga harus diadakan perbaikan/v2.

Kirimkan keluhan melalui postingan masing-masing episode, maupun melalui KAORI Forum (Shin Muhammad), saluran IRC di #kaorinusantara.fansub@irc.rizon.net, atau ke surel kami di newsline@kaorinusantara.or.id.

Standar Produksi Minimum

  1. Kesalahan maksimal 5% dari rilis sebuah episode dan kesalahan yang dimaksud tidak mengganggu kenyamanan menonton, pengertian akan jalan cerita, dan
  2. Kesalahan fatal di mana rilis perbaikan harus dilakukan termasuk namun tidak terbatas pada: kecacatan pada gambar (rilis 720p/1080p), kesalahan yang mengganggu jalan cerita, distorsi tipografi, distorsi timing.
  3. Dalam hal ketika kesalahan yang dimaksud masih dalam batas wajar maupun berada dalam batas SPM, tidak dilakukan rilis perbaikan (versi R/versi 2).
  4. Rilis menggunakan font yang terbaca dengan jelas dan nyaman ditonton dari televisi dengan jarak yang rasional.
  5. Kualitas video menggunakan sumber asal sebisa mungkin tanpa ada perubahan, kecuali bila ukuran yang ada terlalu besar untuk disimpan sesuai dengan kebijakan internal.
  6. Tidak menggunakan honorifik dan menuruti sebagian besar standar EYD, kecuali beberapa pedoman yang tidak lumrah dipergunakan di masyarakat. (seperti pelesapan kau-)
  7. Mengutamakan rilis fungsional dengan tidak menggunakan typeset maupun karaoke effect, kecuali bila memungkinkan dan cukup alasan.

Trackbacks & Pings

Leave a Reply