BAGIKAN

upt-kaori-fansub

Setelah berdiri selama sekitar enam tahun, pada September 2014 KAORI Fansub, unit penerjemah takarir kartun Jepang berbahasa Indonesia milik KAORI Nusantara, akan ditutup.

Penutupan ini dikarenakan pergeseran lanskap sejak enam tahun lalu dan operasional KAORI Fansub yang tidak lagi dianggap strategis oleh KAORI.

Advertisement Inline

Kevin W, CEO KAORI menuturkan, “selama dua tahun terakhir fansub anime berbahasa Indonesia sudah berkembang pesat. Saat KAORI fansub didirikan ide anime berbahasa Indonesia dianggap konyol oleh orang-orang. Kini anime berbahasa Indonesia sudah mudah diakses setiap hari sehingga peran KAORI Fansub tidak lagi dibutuhkan.”

Penutupan ini sudah disosialisasikan selama beberapa bulan sebelumnya kepada staf dan tim KAORI Fansub yang bertugas sampai penutupan ini. Staf KAORI fansub dipersilakan untuk mengundurkan diri maupun mengajukan mutasi ke bagian lain di KAORI yang sesuai dengan minat dan kompetensi.

Sejumlah seri yang pernah dikerjakan KAORI Fansub di antaranya adalah Kanon, Nichijou, Little Busters!, Shinryaku Ika Musume, dan Moyashimon Returns. Di masa kejayaannya, KAORI Fansub berhasil melakukan terobosan teknologi yang kini diikuti oleh grup fansub lain di Indonesia, seperti pemuatan berkas torrent, merilis berkas dalam jarak kurang dari 12 jam sejak penayangan di Jepang, dan menyediakan tautan unduhan langsung dari server sendiri.

Mengenai bagaimana nasib aset dan keberlangsungan berkas maupun proyek yang diasuh oleh KAORI Fansub, belum dapat dipastikan.

“Mungkin kita spin-off atau kita alihkan ke grup lain yang mau menerimanya,” imbuhnya.

KAORI Newsline | Situs KAORI Fansub

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.