Tentang KAORI Nusantara Direktorat Pemberitaan

Direktorat Pemberitaan

Direktorat Pemberitaan adalah salah satu direktorat KAORI Nusantara, menjadi satu dari pilar strategis KAORI Nusantara selain Direktorat Operasional, Sarana, Teknik (Opsartek), Direktorat HAKI, dan Direktorat Komersial.

Bertanggung jawab atas konten di KAORI Newsline dan The Indonesian Anime Times, Direktorat Pemberitaan KAORI Nusantara melayani rentang pasar yang tidak tercakup oleh media lain dan memberitakan topik yang tidak diliput oleh media umum maupun media otaku.

Bila situs berita Indonesia sudah banyak, bagaimana dengan situs berita anime Indonesia?

KAORI Nusantara selaku pencetus ide awal bermimpi untuk mewujudkan berita anime berbahasa Indonesia. Hal ini bermula dari keprihatinan staf KAORI mengenai kurangnya informasi anime berbahasa Indonesia selama ini.

Selain itu, media informasi anime sangat kurang baik cetak maupun online. Kalaupun ada, biasanya kurang lengkap dan seringkali kurang informatif bagi pemula. Media massa anime cetak dipandang kurang update dan proporsi bahasan anime pun masih kurang.

Komunitas anime dengan konten berita dari pengguna seringkali memberikan referensi ke sumber berbahasa Inggris atau Jepang. Hal ini pun membuat ketersediaan informasi berbahasa Indonesia sangat kurang. Selain itu, biasanya sumber-sumber berita ini tidak begitu informatif, dan umumnya hanya bisa dimengerti kalangan tertentu.

KAORI Newsline (sebelumnya bernama Kabar Anime Indonesia dan KAORI News Online) dibentuk untuk menyelesaikan masalah itu. Bermula dari keinginan mewujudkan majalah online, hal ini pun berubah menjadi proyek jurnailsme anime berbasis komunitas, dimana siapa saja boleh menyumbang artikel.

KAORI Newsline diluncurkan dengan nama Kabar Anime Indonesia pada 28 Mei 2008, memiliki visi memajukan anime dan manga di Indonesia serta membuat anime lebih mudah diakses oleh seluruh rakyat Indonesia.

Pada masa-masa awalnya, KAORI Newsline dengan berani mengambil langkah kontroversial yakni mengkritik berbagai komunitas anime yang ada di Indonesia. Meskipun pada awalnya KAORI Newsline mendapat cercaan yang sangat besar, namun banyak pula yang mendukung langkah KAORI Newsline.

Secara berkala KAORI Newsline memberikan Kabar Fitur yang berisi berita-berita menarik dan rilis KAORI Fansub, anime bertakarir bahasa Indonesia.

Pada 8 Agustus 2008, KAI berubah nama menjadi KAORI News Online seiring visi kami untuk memantapkan branding layanan kami. Dan, pada 14 Maret 2009, kembali mengubah nama menjadi KAORI Newsline.

Seiring dengan perjalanan waktu, pada 2 Februari 2015 KAORI membuka divisi berbahasa Inggris (The Indonesian Anime Times) dan pada 4 Februari 2015 KAORI mulai membahas berita perkeretaapian melalui Cemplus Newsline.

Jurnalisme Berkualitas

KAORI bercita-cita memberikan informasi secara akurat, independen, dan merakyat melalui berita yang disajikan setiap hari.

Membangun kesadaran masyarakat, menjembatani penggemar dengan pihak industri animanga di Indonesia adalah misi terpenting yang dibawa oleh KAORI Nusantara.

Dengan memberitakan berita seputar industri anime dan industri kreatif di Indonesia, KAORI meraih sisi yang tidak diekspos oleh media massa besar maupun media massa otaku. Hal ini unik, sebab ranah ini biasanya dianggap terlalu niche oleh media umum dan dianggap terlalu mainstream oleh media otaku, meskipun potensi ekonomi dan sosial yang ditimbulkannya bisa jadi lebih besar daripada mengakomodasi pasar otaku.

KAORI akan berkompetisi secara sehat dan adil dengan majalah anime publikasi cetak dan majalah daring animanga yang ada.

Kebijakan Editorial

1. Akurat

Akurat adalah dasar dari segala konten yang ada di KAORI. Kami mengutamakan keakuratan berita ketimbang kecepatan memberi konten yang berpotensi menyebarkan rumor yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

2. Independen

Kami memotret dengan obyektif fenomena yang terjadi dalam perkembangan kebudayaan anime dan industri kreatif di Indonesia, tanpa campur tangan kepentingan maupun pemilik modal manapun.

3. Merakyat

Kami menyajikan berita melalui pendekatan yang bisa diterima oleh seluruh pihak. Melalui laporan kami, kami menghadirkan berita “otaku” dan memotretnya dalam sudut pandang yang bisa dimengerti oleh kalangan awam, serta menghadirkan fenomena masyarakat dalam sudut pandang yang bisa dipahami oleh para penggemar kebudayaan anime di Indonesia.

KAORI bukan situs “geek” dan tidak akan pernah menjadi situs untuk kalangan tertentu saja.

Kontak Resmi

Kirimkan seluruh kritik, saran, dan keluhan melalui surel halo@kaorinusantara.or.id maupun melalui korespondensi resmi di bawah ini.

Informasi Umum:

  • Direktur Utama
    Kevin Wilyan (Shin Muhammad)
  • Dewan Pengawas (Steering Commitee)
    Adi W. W. (3nisette)
  • Direktur Pemberitaan
    Rafly Nugroho (frozenravly)
  • GM Editor (General Manager)
    Halimun Muhammad (halimun) – The Indonesian Anime Times
    Faris Fadhli (faris) – Cemplus Newsline / Perkeretaapian
  • Editor Madya
    Fasubkhanali (aliyanda)
    Farouq Adhari (farouqcc20410)
    Fathia (ayayuuhi)
    Dimas Faiz (faiz)
    Eri Gunawan (erigmac) – London
  • Kontributor (Correspondent) – KAORI Newsline
    Shofa P (kemonomimi hunterz) – Yogyakarta
    Marwa H (walpurgisnacht) – Yogyakarta
    Daniel Agung (nokitron) – Semarang
    Johan S.P (johanseptian) – Bandung
    Farhan P (ryosuke) – Tokyo
    M Hafizh A – Malang
    Irfan D – Jakarta
  • Kontributor (Correspondent) – Cemplus Newsline
    Riky R – Medan
    M Dhafin – Bandung
    Ignatius Rahardhi – Surabaya
    Reza Aditya – Surabaya
    Rifqi F – Jakarta
    Amri Bintang – Depok
    Taufik Adi – Bogor
    Yonathan K – Semarang
  • Alamat Korespondensi Resmi:
    Jalan Gatotkaca III/12, Bantarjati,
    Bogor Utara, Kota Bogor 16153
    Jawa Barat, Indonesia
  • Korespondensi Daring Resmi:
    halo@kaorinusantara.or.id
    Alamat ini hanya menerima surat masuk, balasan akan ditangani oleh staf yang bertugas (pastikan penjawab menggunakan alamat surel @kaorinusantara.or.id)