Opini

Opini dari staf Newsline maupun dari masyarakat. Opini yang dimuat tidak menggambarkan kebijakan editorial KAORI.

Inilah Kisah Pertemuan Pertama Kami dengan Franchise Love Live! Series

Tak terasa seri anime Love Live! sudah genap berusia 10 tahun. Bagaimana cerita perkenalan staf kami dengan seri anime idol-idolan ini?

STEAM Summer Sale 2020 – Rekomendasi Gim Diskon PC Pilihan Staf...

Dari gim wibu, sampai gim edgy. Bingung mau khilaf apa di Steam Summer Sale 2020 ini? Inilah rekomendasi gim diskon dari staf KAORI!

Opini: Memahami Teknik Elevator Pitch pada Animasi DuckTales (2017)

Pernahkah #kaoreaders berada dalam situasi penting di mana kalian bertemu dengan orang yang kalian ingin dekati lebih lanjut baik untuk bisnis atau lainnya? Apakah kalian sudah mencoba teknik Elevator Pitch?

Opini: Berdamai dengan Siluet Megumi Kato

Berusaha untuk tidak memaksakan kepada suatu kefanaan dan juga tetap berdamai dengan kenyataan dalam berusaha adalah kunci dalam pengultusan yang tulus.

Opini: Melihat Kembali Historiografi Sejarah Industri Kreatif Indonesia

Historiografi sejarah industri kreatif Indonesia menawarkan suatu hal berbeda dari lingkup lain karena campuran dari berbagai lingkup seperti sosial, ekonomi, bahkan politik.

Opini: Melihat Sosok Seorang Mentor dalam Anime Gurren Lagann

Sosok Kamina dari anime Tengen Toppa Gurren Lagann merupakan salah satu alasan bahwa kita memerlukan sosok mentor dalam menjalani kehidupan.

Opini: Makna dari “Habis Gelap, Terbitlah Terang” dalam Anime Maquia –...

Ternyata kita dapat menemukan makna di balik ungkapan "Habis gelap, terbitlah terang" milik R.A. Kartini dalam film anime Maquia (SayoAsa)

Inilah 3 Komik Indonesia yang Wajib di-Remake

Sejumlah komik-komik klasik Indonesia layak untuk di-remake dan dinikmati generasi muda. Dan inilah beberapa komik Indonesia yang wajib untuk di-remake.

Komik Indonesia yang Masih Dinantikan Kelanjutannya Oleh Staff KAORI Nusantara

Ada banyak sekali komik lokal yang kelanjutannya masih tersendat. Berikut adalah komik Indonesia yang masih dinantikan kelanjutannya oleh staff KAORI.

Opini: Kenapa Komik Digital Lokal Masih Laku Versi Cetaknya?

Kini banyak komik lokal bisa dengan mudah dibaca melalui berbagai platform online, namun ketika ada versi cetaknya, orang-orang masih mau membeli. Penulis memaparkan temuan penelitiannya mengapa pembaca memilih membeli komik digital lokal dalam versi cetak.

Opini: Alasan Grup Musik Ini Disebut “EGOIST”

Grup musik EGOIST kehilangan sosok penting, yaitu ryo (supercell) sebagai penulis lagunya. Mereka akan mulai berganti-ganti komposer lagu. Tapi apakah masih pantas disebut sebagai EGOIST?

Opini: Ketika Laki-Laki Heteroseksual Lebih Menikmati Genre Yuri

Ada alasan mengapa seorang pemirsa laki-laki bisa ikut mencintai karakter perempuan yang saling mencintai satu sama lain dalam kisah-kisah yuri.

Harapan untuk Komik Indonesia: Butuh Lebih dari Sekadar Si Juki, Gundala,...

Industri komik Indonesia telah bertumbuh dan berkembang begitu pesat beberapa tahun terakhir ini. Berbagai impian dan harapan juga terbesit untuknya.

Opini: Menemukan Diri Sendiri pada Karakter Moe

Karakter moe tidak hanya sekadar manis dan imut, tapi juga bisa membuat kita merasa menemukan diri kita sendiri padanya.

Opini: Gunung Es Isekai

Fenomena isekai ibarat gunung es. Banyak yang berkomentar mengenainya di internet, namun hanya sedikit yang benar-benar berkomitmen untuk melihatnya lebih dalam.

Senjakala Industri Novel Visual, Benarkah?

Industri novel visual saat ini mengalami kemunduran, tetapi apakah industri ini bisa bertahan?

Opini: Japan Action Night Chapter 2 dan Kejenuhan Pada Event Jejepangan...

Acara Japan Action Night Chapter 2 mungkin bisa menjadi Anda yang sedang mencari event jejepangan alternatif dengan nuansa yang lebih guyub.

Opini: Jawaban Weathering with You untuk Bencana Sehari-hari

Kala “tiap hari adalah kiamat & kiamat adalah keseharian,” bagaimana kita tetap semangat bertindak? Itulah yang ditawarkan Weathering with You.

Opini: Lho Kok Masih Mau Aja ke Comiket?

Apa sih yang seru di Comiket? Kenapa kamu harus datang ke sana? Apa saja yang harus kamu hadapi dan persiapkan sebelumnya?

Opini: Berharap dengan Terukur Kepada Jagat Sinema Indonesia

Mengumumkan sederet proyek film sekaligus dengan bertabur bintang ternama bukan jaminan otomatis suatu jagat sinema bisa sukses.

Opini: Fenomena Attractiveness Bias dan “Surat Cinta untuk Yuka Takaoka”

Fenomena surat cinta atau rasa cinta yang ditujukan kepada para psikopat maupun kriminal bukanlah hal baru.

Opini: Tate no Yuusha no Nariagari, Kekecewaan yang Menghibur

Meskipun mengecewakan, Tate no Yuusha no Nariagari masih dapat memberikan kesenangan tersendiri saat menontonnya.

Opini: Terima Kasih MRT Jakarta, Sekarang Saya Bisa Kembali Mencintai Kereta

Setelah dua tahun lebih berhenti memotret kereta di Indonesia, saya kembali merasakan senangnya memotret di MRT Jakarta.

Opini: Ganci dan Kaos Wibu Menghubungkan Kita

Pernik wibu seperti gantungan kunci karakter anime favorit adalah salah satu perantara komunikasi yang saling menghubungkan penggemar.

Opini: Buat Apa Membahas Anime Mencantumkan Referensi?

Ada tanggung jawab penulis kepada sumber yang telah dipelajari dan kepada pembaca

Ulasan Komik Spy x Family Vol. 1: Wholesome!

Penuh aksi, komedi, dan menyentuh, hanya ada satu kata yang bisa menjelaskan komik ini: Wholesome! Inilah ulasan manga Spy x Family Vol. 1.

Kamu Pasti Suka Ini....