Opini

Opini dari staf Newsline maupun dari masyarakat. Opini yang dimuat tidak menggambarkan kebijakan editorial KAORI.

5 Alasan Menonton Go-Toubun no Hanayome ∬ Walau Sudah Tamat

Walau komiknya sudah tamat, animenya masih sangat asyik untuk diikuti. Lalu apa saja yang menjadi daya tarik untuk menonton Go-Toubun no Hanayome ∬?

Ingin Jadi Riajuu Sejati? KAORI Hadirkan Aplikasi Dating Kokoro!

Musim semi mendatangi KAORI, itulah alasan kami merilis aplikasi Kokoro. Segera unduh aplikasinya di toko app kesayangan Anda!

Opini: Di Kala Genre Otome Isekai Menjadi Sebuah Tren

Selain di Jepang, tren novel dengan tema cerita "otome isekai" dengan karakter vilainess ternyata juga booming di Korea Selatan.

Opini: Mengkritisi Update 1.3 Genshin Impact Dari Perspektif Content Tourism

Hadir mengusung tema Lantern Rite Festival, update Genshin Impact versi 1.3 ternyata juga membawa nuansa content tourism di dalamnya.

Opini: Sistem Resin Genshin Impact: Era Baru dari Sistem “Game Arcade”?

Sistem resin dalam game Genshin Impact ternyata memiliki kemiripan dengan sistem bermain di game arcade.

Opini: Saya Menamatkan Ring Fit Adventure Selama 9 Bulan dan Turun...

Terlepas dari motivasi "ingin kurus" atau efek Vtuber, Ring Fit Adventure merupakan opsi olahraga di rumah yang efektif bagi para pengguna Nintendo Switch.

Pilih Anime Jagoan Anda di Polling Anime Terfavorit 2020 Versi KAORI,...

Punya anime jagoan yang tayang tahun ini? Ikuti polling Anime Terfavorit 2020 Pilihan Pembaca KAORI dan menangkan doorprize dari Elex Media!

Opini: Minta Maaflah, Kemudian Maafkanlah

Berguyon mengenai agama di era media sosial saat ini seperti bermain dengan api dan bensin.

Opini: Esu, Cikal Bakal Yuri yang Jarang Kita Ketahui

Muncul sejak awal abad 20-an, Esu ternyata menjadi cikal bakal dan juga mempengaruhi genre yuri yang populer di masa kini.

In Memoriam: Horriblesubs (2010 – 2020)

Sebuah generasi tumbuh dewasa bersama Horriblesubs. Selamat jalan, Horriblesubs.

Opini: Tumbuhnya Budaya Riset di Dalam Bermain Mobile Legends

Dengan sistem permainannya yang begitu kompleks, kultur budaya riset dalam gim genre MOBA, khususnya Mobile Legends, akhirnya tumbuh.

Opini: Ini Dia yang Bikin Serial Kanojo Okarishimasu Seru Diikuti!

Selain cerita romcom-nya yang seru diikuti, serial Kanojo Okarishimasu juga menghadirkan kisah perkembangan karakter yang menarik.

Inilah Kisah Pertemuan Pertama Kami dengan Franchise Love Live! Series

Tak terasa seri anime Love Live! sudah genap berusia 10 tahun. Bagaimana cerita perkenalan staf kami dengan seri anime idol-idolan ini?

STEAM Summer Sale 2020 – Rekomendasi Gim Diskon PC Pilihan Staf...

Dari gim wibu, sampai gim edgy. Bingung mau khilaf apa di Steam Summer Sale 2020 ini? Inilah rekomendasi gim diskon dari staf KAORI!

Opini: Memahami Teknik Elevator Pitch pada Animasi DuckTales (2017)

Pernahkah #kaoreaders berada dalam situasi penting di mana kalian bertemu dengan orang yang kalian ingin dekati lebih lanjut baik untuk bisnis atau lainnya? Apakah kalian sudah mencoba teknik Elevator Pitch?

Opini: Berdamai dengan Siluet Megumi Kato

Berusaha untuk tidak memaksakan kepada suatu kefanaan dan juga tetap berdamai dengan kenyataan dalam berusaha adalah kunci dalam pengultusan yang tulus.

Opini: Melihat Kembali Historiografi Sejarah Industri Kreatif Indonesia

Historiografi sejarah industri kreatif Indonesia menawarkan suatu hal berbeda dari lingkup lain karena campuran dari berbagai lingkup seperti sosial, ekonomi, bahkan politik.

Opini: Melihat Sosok Seorang Mentor dalam Anime Gurren Lagann

Sosok Kamina dari anime Tengen Toppa Gurren Lagann merupakan salah satu alasan bahwa kita memerlukan sosok mentor dalam menjalani kehidupan.

Opini: Makna dari “Habis Gelap, Terbitlah Terang” dalam Anime Maquia –...

Ternyata kita dapat menemukan makna di balik ungkapan "Habis gelap, terbitlah terang" milik R.A. Kartini dalam film anime Maquia (SayoAsa)

Inilah 3 Komik Indonesia yang Wajib di-Remake

Sejumlah komik-komik klasik Indonesia layak untuk di-remake dan dinikmati generasi muda. Dan inilah beberapa komik Indonesia yang wajib untuk di-remake.

Komik Indonesia yang Masih Dinantikan Kelanjutannya Oleh Staff KAORI Nusantara

Ada banyak sekali komik lokal yang kelanjutannya masih tersendat. Berikut adalah komik Indonesia yang masih dinantikan kelanjutannya oleh staff KAORI.

Opini: Kenapa Komik Digital Lokal Masih Laku Versi Cetaknya?

Kini banyak komik lokal bisa dengan mudah dibaca melalui berbagai platform online, namun ketika ada versi cetaknya, orang-orang masih mau membeli. Penulis memaparkan temuan penelitiannya mengapa pembaca memilih membeli komik digital lokal dalam versi cetak.

Opini: Alasan Grup Musik Ini Disebut “EGOIST”

Grup musik EGOIST kehilangan sosok penting, yaitu ryo (supercell) sebagai penulis lagunya. Mereka akan mulai berganti-ganti komposer lagu. Tapi apakah masih pantas disebut sebagai EGOIST?

Opini: Melawan Miskonsepsi Pada Gim Dewasa Populer Jepang

Tak hanya untuk "memuaskan" pemain, eroge dan gim dewasa tiga dimensi populer ternyata memiliki sisi lain yang menarik untuk ditelusuri.

Opini: Ketika Laki-Laki Heteroseksual Lebih Menikmati Genre Yuri

Ada alasan mengapa seorang pemirsa laki-laki bisa ikut mencintai karakter perempuan yang saling mencintai satu sama lain dalam kisah-kisah yuri.