Angin segar penayangan anime di Indonesia. Namun, akankah mampu bertahan?

Stasiun Global TV kembali membuat kejutan bagi para penikmat anime di bulan Juli dengan ditayangkannya MAR. Anime yang menceritakan tentang petualangan seorang bocah bernama Ginta di dunia fantasi adaptasi dari komik karangan Nobuyuki Anzai tersebut mulai mengudara di Global TV sejak hari Sabtu tanggal 3 Juli lalu, dan dijadwalkan untuk tayang setiap hari Sabtu setiap jam 9.00 pagi WIB.

Advertisement Inline

Hal ini tentunya adalah suatu terobosan baru yang layak diapresiasi oleh para penggemar. Setelah Death Note, Kiba, Dancougar Nova, Eye Shield 21, Samurai 7, dan sederet judul-judul anime beken lainnya, kini Global TV kembali menambah programnya, dan semakin memantapkan citra sebagai salah satu stasiun TV yang menayangkan anime, di tengah trend menyurutnya penayangan anime di televisi nasional dalam 5 tahun terakhir ini.

Layaknya anime yang ditayangkan di Indonesia, anime ini juga dialihsuarakan ke dalam Bahasa Indonesia. Sejauh ini sulih suara yang ada pada anime ini masih belum terlalu istimewa, karena sejauh ini baru 4 episode yang ditayangkan dan belum semua karakter muncul secara lengkap. Sayangnya suara untuk karakter Alviss terasa jauh dari memuaskan dengan tipe suara yang terlalu berat dan tidak cocok dengan karakternya. Namun kejutan datang dari karakter Dorothy yang kini disuarakan oleh Seiyu yang sudah cukup lama tidak terdengar suaranya dalam anime. Ia adalah Siwi,  yang pernah berpengalaman mengisi suara Naru Osaka (Sailor Moon) dan Yanagi Sakosita (Flame of Recca).

Kejutan lain juga datang dari karakter Jack yang disuarakan oleh orang yang sama dengan yang menyuarakan Monta dalam Eye Shield 21 (yang namanya belum bisa saya temukan siapa orangnya). Hal ini cukup mengejutkan dan berada di luar perkiraan namun terasa cocok dengan karakter yang dibawakan, karena dalam beberapa hal baik Jack maupun Monta memang memiliki kesamaan (setidaknya muka yang hampir sama). Sementara untuk Ginta sendiri, sebenarnya lebih menginginkan ia disuarakan oleh Hilman (Zed – Kiba, Yusuke Urameshi – Yu Yu Hakusho, Son Gohan – Dragon Ball, Yugi Muto – Yugioh), namun sepertinya Ginta justru disuarakan oleh Kamal Nasuti (Yoh Asakura – Shaman King, Takuya Enoki – Baby and I, Sousuke Sagara – Full Metal Panic, Claude C. Kenny – Star Ocean EX) yang sepertinya lebih cocok untuk Alviss.

Secara keseluruhan, tidak ada permasalahan dalam pengisian suara anime ini, kecuali (mungkin) untuk suara Alviss. Hanya saja sejauh ini terdapat ketidakberesan dalam hal penerjemahan yang tersedia terutama dalam hal penyebutan istilah "ARM". Entah karena kekurangtelitian dari tim penerjemah ataukah di versi asli Jepangnya memang demikian, istilah "ARM" justru disebutkan dengan cara dieja menjadi "A" "Er" "Em", bukannya dieja "Arm". Hal ini semakin rancu, karena di episode keempat nampaknya terjadi perbedaan dalam masalah penyebutan kata "ARM" tersebut, karena terdapat dialog yang saling bergantian dan tumpang tindih antara "ARM" disebut dengan kata "Arm" atau dieja menjadi "A" "Er" "Em" (beberapa kali Ginta menyebut "ARM" dengan kata "Arm" sementara yang lainnya masih mengejanya). Semoga saja di episode-episode berikutnya hal ini bisa diperhatikan dan diperbaiki menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Seberapa Lama?

Masalah klasik penayangan anime di Indonesia pada umumnya (dan Global TV pada khususnya) adalah, seberapa lama anime ini bisa bertahan?

Global TV memiliki rekam jejak yang cukup buruk dalam penayangan anime di Indonesia. Banyak judul anime yang ditayangkan, terputus di tengah jalan, atau mengalami re-run pada jam-jam yang tidak dapat diprediksi (kasus anime Samurai 7, Death Note, dan Kiba). Hal ini menyebabkan Global TV terkesan parsial dalam menayangkan anime. Entah karena pembelian satu serinya tidak dalam bentuk utuh (baca: setengah-setengah), atau memang dibeli secara utuh, namun tidak dialihsuarakan secara utuh. Dalam beberapa kasus, terjadi pengulangan yang sangat parah (Naruto dan Avatar), maupun anime yang mendadak dihentikan penayangannya (Kochikame, Inuyasha, dan Eureka Seven). Dengan jumlah episode sebanyak 104 untuk seri ini, sulit untuk membayangkan apakah anime ini tidak akan "berhenti di tengah jalan".

Inkonsistensi terjadi saat anime ini akan ditayangkan. Awalnya akan ditayangkan pada hari Minggu (4/7) sore pukul 1800, kemudian digeser menjadi 0900, dan mendadak anime ini sudah tayang di pagi hari pada Sabtu (3/7) pukul 9.00 WIB. Bila merujuk pada jadwal resmi di Global TV, anime ini seharusnya hanya ditayangkan pada hari Sabtu saja dengan durasi tayang 1 jam per pekan. Yang ternyata, slot hari Sabtu pagi ini merupakan slot acara "kosong", yang setiap minggunya nyaris tidak pernah konsisten. Terkadang film, terkadang acara anak-anak, dan bahkan sebelumnya Inuyasha ditayangkan di slot waktu ini.

Meskipun banyak kendala, mengingat seri ini sudah tamat, semoga penayangannya tidak terhenti, atau tidak mengalami pengulangan. Bila suatu hari nanti penayangannya terhenti, mudah-mudahan bisa berlanjut, tanpa harus menunggu terlalu lama.

Serial MAR ini ditayangkan oleh Global TV setiap hari Sabtu pukul 9.00 WIB. Akankah serial ini bisa bertahan lama, dan mendapatkan apresiasi yang bagus? Semua tergantung pada kita, sebagai konsumen dan pecinta anime di Indonesia. Selamat menonton.

Shin Muhammad | Terima kasih kepada bung saddam untuk artikel serupa via KAORI forum dengan penyuntingan ulang | KAORI Newsline

104 KOMENTAR

  1. Meskipun dibilang memiliki track record buruk namun satu lagi track record yang dimiliki Global TV adalah mereka memiliki komitmen yang cukup baik dalam menayangkan anime sampai tamat. Sekallipun penayangannya harus putus sewaktu-waktu namun cepat atau lambat biasanya akan kembali ditayangkan sampai akhirnya benar-benar selesai. Berkaca pada kedua track record tersebut saya meramalkan MAR akan terputus penayangannya di tengah-tengah namun belakangan pasti akan dilanjutkan lagi. Karenanya saya akan tetap percaya dengan Global TV dan akan tetap mengikuti penayangannya bahkan bila penayangannya harus diungsikan pada jam tayang Subuh sekalipun (seperti Samurai 7). Sungguh jika fans benar-benar menginginkan stasiun TV menayangkan anime dengan serius maka fans tersebut juga harus mendukungnya dengan terus menontonnya. Karenanya saya akan selalu menontonnya.

  2. MAR besok sudah diganti dengan one piece………… padahal baru 12 episode yg ditayangkan……………..

  3. MAR diganti ma OnePiece, gak konsisten….Mungkin nnt jug diulang2 tayangannya pdhl blm nyampe “ending”nya kyk Anime2 laen.

  4. Padahal belum lama ditayangin, sekarang mendadak berhenti…. Kenapa gax dimajuin jadi jam 8 aja ya! Biarlah Pinguin itu gax usah ditayangin hari sabtu-minggu!!

  5. ahh,..saya kesel ma global tv,..
    sebenarx animex bagus” dan sangat saya sukai sebagai pengemar berat anime
    tpi knapa slalu berhenti di tengah jalan,…>.<

    kyk anime death Note ,..knapa berhentiiii,…..jdi cmn bisa kiat dari you tube / download yg masi subtitle english,….

  6. kenapa film mar heaven tidak di tayangkan kok malah di ganti one piece q jd sdih deh waktu itu pas tgl 25 dan 26 july tepatnya hari sabtu dan minggu 2010

  7. iya….tolong MAR nya jangan diganti one piece……….bagusan MAR…dan tolong tayangin hari minggu ja….kalow bsa 2 Jam ya……..hee

  8. law MAr di tayangin nya sekitar jam 18.00 WIB sebelum naruto,.,., nah lagi pula naruto jga di ulang-ulang mulu,.,.,plisss MAr nya jagan ampe ga di tayangin,.,. :'(

  9. pa btul mar di tayangin subuh g’seruh tu
    lebih baik pinguin madagaskar saja yg diganti n tampilkan dong iklan mar supaya penggemar mar heaven yg stia bsa tau

  10. masih ad,.,.,

    tapi sebelum “TUPI & PING-PING” bukti nya kya tadi subuh,.,.,

    biar cuma sekali aj , yg penting masih di tayangin ma global,.,.,

  11. wah di global udah gak tayang lagi nih friend mar heavennya gimana nih q bru lihat 12 episode

  12. IYAH NIH GIMANA SIH,.,.

    PADAHAL EPISOD YG INI NIH DAH MASUK SERI yg mulai rame,.,., bahhhh.,.,.,.

    tolong tayangin lagi,.,., sore deh pas mau buka puasa aj di tayangin nya,.,.,

    biar g bt ngabuburit nya,.,.,.,

  13. iya pdahal mar heaven filem yang bagus,,,,,
    palah hilang ditengah jalan pas kebetulan lagi episode yang menarikkkkk

    kapan di tayangin lagi ya””” ^-^

  14. MAR nya kok diganti sama onepice? jadi mar lagi, dong!
    trus, kata ARM nya jadi aneh kalo jadi A-Er-em itu! Trus, buat arm-armnya kayak: babbo version 1: hammer arm, lebih bgus gk di terjemahin jadi palu. Apa lagi sealling skull, dll. MAR nya ditanyangin lagi, ya! Meski dh nonton DVDnya, aku gk ngerti (hehe)

  15. (lanjutan) ada yg kelupaan, nih! Kalau dh diubah jam tanyang, bilang, dong! Biar bsa nonton gituh…Trus, klo bsa Sabtu-Minggu ajah, trus 1 hari 2 episode! Biar nambah cepet, soalnya kan ada 102 episode, dipanjangin lagi, gk kyak di komik, trus ‘rada sedih’ gitu di episode 95-102. Meskipun dh nonton DVDnya, tetep nonton nih! Trus klo bisa hari sabtu jam 09.00- (jgn sampe jam 12) gitu aja! sekian dulu mungkin nanti komentar lgih… MAR nya ditanyangin lagi, ya! Jgn kepotong” trus diulang!

  16. (lanjutan) ada lgi!! kalo mau ditanyangin sore, hari minggu aja, ya! trus, bwt kata-kata A-Er-Em nya lebih baik dibilang Arm–u, karena dalam pengucapan jepangnya juga armu, dan karena ada titik 2 di atas kata A. Seperti kata MAR HEAVEN yang ada titik 2 diatas kata M (A) R kata A-nya, dalam pengucapanya juga Maru Heaven. Boleh MAR dan ARm saja sih, tapi lebih baik saja.

  17. (lanjutan) ada lgi!! kalo mau ditanyangin sore, hari minggu aja, ya! trus, bwt kata-kata A-e-r-em nya lebih baik dibilang Arm–u, karena dalam pengucapan jepangnya juga armu, dan karena ada titik 2 di atas kata A. Seperti kata MAR HEAVEN yang ada titik 2 diatas kata M (A) R kata A-nya, dalam pengucapanya juga Maru Heaven. Boleh MAR dan ARm saja sih, tapi lebih baik saja.

  18. ya,.,.,

    mar tolong di tayangin lagi yah,.,.,

    tapi law mau di tayangin mar nya di iklanin dunks biar jelas,.,.,

    biar para penggemar MAR biasa seneng nonton nya,.,.!!!!

  19. huwaaaaaaaaaaaaaaa …

    MAR … Come back !!

    maen na sore aj napa , toh lebi bnyak penggemar na klo maen na sore

  20. eehhh… tdi aku liat di jadwalnya global tv ada MAR jam 04.30 hari sabtu-senin.
    beneran di tayangin gk tuh ya…?

  21. Ya aku juga lihat.

    Mudah-mudahan akhirnya benar-benar ditayangkan kembali.

    Kalau begitu siap-siap aja bangun pagi nanti.

  22. HUUUEE!!! aku gk pernah liat iklan MAR…!!! Aku inginnya ditanyangin sore bwt hri minggu, hri Sabtu gk bsa ada les… Atau kyak Naruto aja, senin-jumat, menggantikan berita. Beritanya dipercepat aja, ato onepiece diilangin jadi 1 episode.

  23. Tadi Pagi gw menemukan sesuatu. Gw nglt closingnya MAR!!! Tapi hanya soundtrack pentutupnya Doank. Sebelumnya hanya acara Jelajah. Masa yg ditayangin cma ending soundtracknya doank??

  24. ada yg kelupaan!!! kalo jam 04:30pagi hanya ada Sapi “Autis”, kalo Jam 04:00pagi ada “jelajah” yg tadi gw blg. Nah ending soundtracknya (hanya itu doank tdk ada filmnya)ada di pergantian dua acara itu. Apa siaran global diserobot stasiun lain atau jadwal penayangannya udh kacau??

  25. iya tdi malem aq nonton MAR cma 1 episode mana dah jauh lagi udah Dorothy Vs Rapunzel… jam tayangnya jam 04.00 bukan jam 04.30..

  26. ya,.,., MAR ad lagi,.,.,. tapi napa cuman satu episod,.,.,,.

    ganti jam tayang nya donk,.,., ganti sore aj,.,. ganti onepice ato naruto aj,.,.,

  27. Minta aja tayangin di Indosiar di hari minggu. Gantinya dragon ball, masa dari aq sd sampai dah kerja masih aja dragon ball yang ditayangin. Bosen bener dech!! Klo diambil ama Indosiar, 100 % aku pasti ikutin serinya. Sebenarnya sich, dah nonton ampe tamat, tp aq mau liat para seiyuu (pengisi suaranya) yang mengisi karakter di MAR HEAVEN. Apakah terjemahannya benar2 pas apa gak, suaranya cocok ama karakter apa gak. Aq malah pingin jadi pengisi suaranya Dorothy. Tp karakter favorit aq adalah…..
    ALVISS!!!!! BANZAI ALVISS!!! BRAVO ALVISS!!

  28. Please deh, para stasiun tv swasta di Indonesia, tolong donk tayangin anime yang bagus2 tp syaratnya juga yang harus mengandung makna kehidupan juga. Kyk Prince of Tennis yang bercerita ttg pemain tennis yg masih kelas 1 SMP, Dear Boys yg menceritakan soal pemain basket (biar anak2 tuh pada doyan gerak krn ingin seperti pemain tennis ato basket yang dimainkan di anime)trus bwt yg remaja tlg tayangin Skip Beat yang menceritakan seorang gadis yang memasuki dunia entertainment dan berusaha keras menghadapi kehidupan keras dunia showbiz. Gak semua anime aja ditayangin, pikirkan juga isi ceritanya. Dijamin laris manis dech!!!

  29. jgn di indosiar,.,.,.,.

    di global aj yg pentingg tayangin nya di sore aj ganti tuh onpice,.,.,

    onpiece 2kali..,, udah sore.,, minggu ad lagi,.,.,

    jdi mohon di tayangin di global sore aj,.,., one piece na di kasih minggu aj,.,.,

    ok,.,., ^_<

  30. hhuuaaa…
    knpa mar berhenti di tengah jalan…
    knpa nggak sampai akhir..
    aku kan sangat/very like mar…
    aayyoo dong global tv..
    tayangin mar
    jam 18.00wib sampe19.00…
    kumohon…
    pleasz..
    atau pagi jam 04.30wib-05.30…
    ya…
    pleasz

  31. kumohon..
    pleasz…
    tayangin mar kembali…
    jam 18.00-19.00..
    atau..
    4.30-5.30..
    pleasz..
    tolong..
    kumohon..
    global tv

  32. huee!! Aku dah bangun jam 4, tapi gak ada!! Kalo pindah jam tayang ke sore tiap hari (moga-moga) dan pagi (jam 8,9, dsb, hari Sabtu-minggu), tolong diulang ke episode 1! Aku emg udh nonton DVD-nya, tapi aku penasaran sama seiyuu di sini dan aku juga gk begitu ngerti (walau teks-nya Ing, dan buat iklannya sering! Kan, banyak yang gak tahu! Aku lihat iklannya aja baru 2 kali dalam sehari! Trus, Apa gak mikir jam segitu?! Global TV itu banyak acara, tapi gak keatur! Jangan masukkin yang gak penting kayak Johny and Finy (kali)!! Terus cari seiyuu yang cocok dengan watak dan karakteristiknya! Yang Ginta SANGAT gak cocok!

  33. huee!! Aku dah bangun jam 4, tapi gak ada!! Kalo pindah jam tayang ke sore tiap hari (moga-moga) dan pagi (jam 8,9, dsb, hari Sabtu-minggu), tolong diulang ke episode 1! Aku emg udh nonton DVD-nya, tapi aku penasaran sama seiyuu di sini dan aku juga gk begitu ngerti (walau teks-nya Ing, dan buat iklannya sering! Kan, banyak yang gak tahu! Aku lihat iklannya aja baru 2 kali dalam sehari! Trus, Apa gak mikir jam segitu?! Global TV itu banyak acara, tapi gak keatur! Jangan masukkin yang gak penting kayak Johny and Finy (kali)!! Terus cari seiyuu yang cocok dengan watak dan karakteristiknya!

  34. oh ketinggalan! episodenya jangan dilompat! Trus, kalo ADA BERITA BARU, TULIS ULANG HALAMAN INI BIAR GAK PUSING! dah dulu nanti juga aku bakal komentar lagi…!

  35. tolonglah kembali tayangin MAR masak ditayanginnya subuh-subuh dari jam 3.30-4.30 pagi. masa setiap hari bangun jam sgitu ku ja cuma bertahan beberapa hari utk nonton MAR jam segitu tayangin kek jam – jam sorelah aku pengen nengok ending ceritanya. tolong dong global tv tayangin lagi tapi jangan subuh-subuh please malem kek sehabis naruto gitu onepicenya 30 menit ja taw kelaut ja. tlg dong PLEASEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE. . . .:{

  36. Wihhii… MAR udh mau tamat utk yg kedua kalinya…

    MAR tayang tiap hari kan (04.00-05.00 WIB)!?, kecuali pas ada BPL…
    Syukurlah, aq g pernah ktinggalan episodenya satu pun…
    Gara2 nungguin MAR, jadi rajin bangun pagi nih…
    Menurutku lebih cocok kalo yg ngisi suara Alviss itu Kak Hilman, pengisi suaranya Sasuke (kalo g salah). Soalnya krakter mrk brdua hmpir sama…, sama2 keren pula…
    Trus, suaranya Ginta itu sama dengan Lee d Naruto ya? Tapi knapa gintanya jadi aneh ya? ,g cocok..(maaf)…
    Saya berharap terus ada anime tiap pagi ( dini hari) d Globaltv…

  37. saya, paling suka film mar…..
    di Global tv , saya mau nonton mar yg, dorroti vs diana
    pemaon yg paling saya suka fi mar
    adalah:dorroti,ginta fan alvos
    l like it mar
    mnar i love you………………………….
    and saya suka tv yang menayangkan mar yaitu globaltv
    terima kasih globaltv atas penayangan film mar ya

  38. dOWNload j film n’y tulis d google web,download film marhchen awakens romance(bahasa jepang)

    • jangan yah…. kalau sudah tayang di Indonesia, filmnya berarti sudah dilisensi dan tidak dapat lagi diperjualbelikan/diunduh bebas….

  39. Tayangin mar lgi dong pagi lgi 04-05
    PLISSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

  40. Bagi pecinta MAR buka y di google web^_^ (download film marchen awakens romance)bahasa jepang.

  41. saya sebagai penggemar one piece kecewa karena anime one piece belum ditayang kan sampai sekarang,,, coba kamu pikirin sendira kalau kaliann punya anime kesukaan dan sangat kalian suka berhenti begitu saja ditengah jalan lalu diganti oleh siaran kartun yang kalian benci sampai saat ini pasti perasaan kalian sepertiku benarkan??????

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.