BAGIKAN

Tahun 2017 telah berakhir. Meskipun telah memasuki tahun baru, berbagai judul anime dengan berbagai keunikannya yang tayang pada tahun lalu tentu masih membekas di ingatan kita. Lalu, serial anime apa sajakah yang menjadi favorit para pembaca KAORI Nusantara pada tahun 2017?

Metodologi Survei

Survei dilakukan secara online melalui grup pembaca KAORI dan jejaring sosial KAORI dan berhasil mengumpulkan sebanyak 318 tanggapan selama 8 hari dari 22 Desember sampai 29 Desember 2017. Responden diberikan opsi untuk mencantumkan data diri yang valid pada akhir kuesioner untuk dapat memenangkan hadiah pilihan. Hasil survei ini merupakan representasi basis pengguna KAORI dan tidak dimaksudkan untuk merepresentasikan penggemar anime di Indonesia pada umumnya.

Dan inilah 20 serial anime terfavorit 2017 yang dipilih oleh para pembaca KAORI Nusantara!

Anime Terfavorit 2017 versi KAORI Nusantara

1. My Hero Academia (Boku no Hero Academia) (130 suara)

© Kohei Horikoshi/Shueisha, My Hero Academia Production Committee

Plotnya ngambil persis sama komiknya, which is great. Animasinya? Hngg, eyegasm parah pas liat fight scene Midoriya lawan Todoroki. Musik? Kenshi Yonezu sama Amazarashi yang nyanyi OP-nya, karena gue pribadi demen sama lagu-lagu mereka, jadi ya seneng aja dengerinnya, gak pernah skip OP-nya sama sekali. Kecuali ED, gak bilang mereka jelek, tapi karena penasaran sama preview episode minggu depan jadi autoskip hehe. Bones really did a good job for this anime. (Abi Fajri Abdillah)

2. Attack on Titan (Shingeki no Kojin) Season 2 (126 suara)

© Hajime Isayama, KODANSHA/”ATTACK ON TITAN” Production Committee

Opini saya Shingeki No Kyojin Season 2 dapat dikatakan anime terbaik di tahun 2017 karena mulai dari plot dan alur cerita cenderung membuat penonton optimis untuk ingin tahu bagaimana kelanjutan bahkan akhir daripada anime itu sendiri, tidak lupa juga di anime ini juga menggandeng unsur action yang terkesan tidak terburu-buru dalam animenya, ditambah lagi bagaimana anime tersebut dalam segi grafis boleh dikatakan bagus. (Michael Jordan Sirait)

3. Shokugeki no Soma: San no Sara (123 suara)

Alasan: Salah satu anime terepik, dari S1 hingga S2. Mulai dari ceritanya, komedi, ilmu dunia masaknya, hingga aksinya penyajiannya sempurna! (Ahmad Hidayat)

4. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo! S2 (121 suara)

© Natsume Akatsuki – Kurone Mishima/KADOKAWA/Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku O! 2 Production Committee

Konosuba S2 memang bukan anime terlucu 2017, tapi interaksi antar karakter, khususnya yang ada di party utama, asik dan ngena banget, seakan – akan penonton diajak ikut berpetualang bersama mereka. Definitely gonna miss them a lot. (Akbar Maulida Arissadewa)

5. Re:CREATORS (114 suara)

© 2017 Hiroe Hiroe / Shogakkan / Aniplex

Pertama kali nonton yang satu ini karena musiknya digarap oleh Hiroyuki Sawano. Tapi ternyata mendapatkan lebih dari yang diharapkan dengan tema memutarbalikkan isekai (masuk ke dunia fantasi) atau yang saya sebut Reverse Isekai. Setiap tokoh punya resolusi dan pandangan masing-masing terkait dunia mereka, gimana mereka melihat dunia kita dan tentunya Creators dari mereka sangat menarik. Oh ya, recap episode dari anime ini sangat bagus dan sangat rugi jika dilewatkan. (Keinda Dwi Adilia)

6. Fate/Apocrypha (103 suara)

“Karena kami suka Astolfo.” (© Yuichiro Higashide · TYPE MOON / FAPC)

Fate/Apocrypha, alasannya lanjutan dari seri Fate sebelumnya. seri Fate selalu membawa genre action yang berasa, apalagi scene pertarungannya yang epik + grafik yang bagus. (Alif Ari Farransahad)

7. Blend S (100 suara)

©Miyuki Nakayama/Yousuke Okuda/A-1 Pictures

Menurut saya, Blend S layak menjadi anime terbaik tahun ini karena telah membuat jagat dunia per-anime-an heboh dengan isi ceritanya. Isi cerita pada anime ini sangat dikemas secara menarik, di mana ada seorang karakter utama dengan sifat yang agak “mengerikan” ternyata sangat baik dan justru dia sangat membenci sifatnya yang seringkali membuat banyak orang lari ketakutan (kecuali karakter lain di kafe). Juga, anime ini menyajikan karakter utama yang di luar dugaan bisa memikat para penonton dengan sifat mereka yang berbeda-beda saat bekerja di cafe dan diluar jam kerja kafe. Saking hebohnya, banyak sekali guyonan (meme) tentang anime ini yang tentunya semakin membuat nama anime ini terangkat. Ini membuktikan para penonton sangat puas dengan anime ini. (Muhammad Iqbal Palgunadi)

8. Kobayashi-san Chi no Maid Dragon (96 suara)

© Cool Epistle · Futaba Shrine / Dragon Life Improvement Committee

AOTY 2017 = Kobayashi-san chi no Maid Dragon, anime yang membawa karakter naga menjadi imut-imut. sangat sederhana namun cerita slice of life yang diberikan sangatlah bagus 😀 menjadikan anime ini menjadi anime pilihan saya menjadi AOTY 2017. Tohru dan Kana-chan menjadi inti cerita dan sangat cocok ditonton untuk santai :3 hehehe (Rizqi Koesoema Atmaja)

9. Just Because! (91 suara)

© Hajime Kamoshida, Kiseki Himura / JB Production Committee

Just Because. Alasan: awal-awal episode nih anime masih gaje tapi pas udah pengen tamat malah nge-feel (Hafizh Abdul Azis)

10. Made in Abyss (91 suara)

© 2017 Akihito Tsukishi / Takeshobo / Kinema Citrus Production Committee

Everything In This Anime Is Top Kek (Jihadi Wafa Al-Farisi)

11. Eromanga Sensei (90 suara)

12. Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e (89 suara)

13. Saenai Heroine no Sodatekata Flat (88 suara)

14. Tsuki ga Kirei (86 suara)

15. Masamune-kun no Revenge (85 suara)

16. New Game!! (81 suara)

17. Aho Girl (80 suara)

18. Gamers! (78 suara)

19. Gabriel Dropout (76 suara)

20. Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records (74 suara)

KAORI Newsline | Litbang KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.