Ada Mushollanya! Ini Fasilitas Kereta Inspeksi Terbaru KAI

0
Kereta Inspeksi Terbaru KAI
Tampak depan KAIS 2 milik KAI. | Foto: ‎Yonathan Kharisma Anasthasis‎.

Setelah sebelumnya sudah memiliki armada kereta inspeksi Wijayakusuma dan Railone, kali ini KAI meluncurkan kereta inspeksi terbaru. Kereta inspeksi terbaru ini diberi nama Kereta Inspeksi 2 (KAIS 2). Berbeda dengan Wijayakusuma dan Railone yang berwarna putih dan biru, KAIS 2 mengusung tema go green sehingga warnanya didominasi warna hijau.

Cabin view dari KAIS 2. | Foto: ‎Yonathan Kharisma Anasthasis‎.

Peresmian KAIS 2 ini sendiri dilakukan di Stasiun Semarang Tawang pada Sabtu (6/1). Acara peresmian ini ditandai dengan pemotongan karangan bunga di pintu kereta dan penyiraman air dari kendi di sambungan kereta oleh Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.

Baca juga: Buatan PT INKA! Inilah Kereta Inspeksi Trans Sulawesi Milik Kemenhub.

Fasilitas Musholla di KAIS 2. | Foto: ‎Yonathan Kharisma Anasthasis‎.

Memiliki nomor seri K1 3 80 01 dan K1 3 82 02, kereta ini merupakan hasil modifikasi Balai Yasa Yogyakarta dari Kereta Rel Diesel (KRD) yang sebelumnya digunakan sebagai armada KA Sriwedari dan KA Kedungsepur. KAIS 2 sayangnya tidak untuk angkutan penumpang umum dan nantinya akan digunakan untuk rapat dan inspeksi direksi saat berkunjung ke berbagai daerah.

Direksi KAI saat seremoni peresmian KAIS 2. | Foto: ‎Yonathan Kharisma Anasthasis‎.

KAIS 2 ini memiliki beberapa fasilitas penunjang berupa musholla, toilet, genset dan pantry. Selain itu, KAIS 2 ini juga dilengkapi dengan cabin view yang berada di kedua sisi belakang masinis yang cukup luas untuk bisa memantau kondisi jalur. Beberapa CCTV juga ditempatkan dalam KAIS 2 ini untuk dapat memonitor lingkungan sekeliling kereta dari dalam ruang rapat.

Peresmian Klinik Mediska

Bersamaan dengan peresmian KAIS 2, KAI juga melakukan peresmian terhadap fasilitas kesehatan di dekat Stasiun Semarang Poncol. Fasilitas itu berupa sebuah klinik bernama Mediska. Beroperasi dari Senin hingga Sabtu, klinik ini tak hanya dikhususkan untuk pegawai KAI, tapi juga dapat digunakan oleh publik dan juga melayani pasien BPJS.

Cemplus Newsline by Kaorinusantara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.