BAGIKAN

karl_gotch

Dalam dunia Gulat Profesional di Jepang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Puroresu, nama Karl Charles Istaz atau yang lebih dikenal sebagai Karl Gotch (3 Agustus 1924 – 28 Juli 2007) adalah nama yang tidak dapat dipisahkan dari dunia Puroresu dan Combat Sports di Jepang.

Lahir di Antwerp, Belgia dan menghabiskan masa mudanya di Hamburg, Jerman, dirinya terjun ke dalam tim Gulat Nasional Belgia pada ajang Olimpiade 1948. Kemudian pada dekade 1950an, setelah menjalani berbagai latihan yang berat, dirinya mulai dikenal sebagai Pegulat yang cukup disegani oleh kawan dan lawan pada masanya sampai mulailah dirinya berkeliling dunia sevagai Pegulat pada dekade 1960 yang akhirnya membawanya ke Jepang.

Advertisement Inline

Di Negeri Matahari Terbit inilah dirinya menjadi bintang besar yang sangat dikagumi masyarakat setempat lebih dari kesuksesannya di negara lainnya. Kemampuan bergulatnya yang murni membuatnya dihormati di Jepang dan membuatnya menjadi salah satu pegulat terbaik dengan menghadapi pegulat-pegulat kenamaan di Jepang seperti Rikidozan dan Michiaki Yoshimura. Selain berjaya sebagai Pegulat, dirinya juga piawai dalam melatih generasi muda di bawahnya seperti Antonio Inoki, Hiro Matsuda dan Satoru Sayama (Tiger Mask) yang di kemudian hari menjadi icon-icon besar dalam dunia Gulat Profesional di Jepang. Atas segala kepiawainnya baik bergulat di ring maupun melatih murid-muridnya inilah, masyarakat Jepang menjulukinya sebagai Kamisama atau Dewa dalam Dunia Gulat Profesional.

Karl Gotch wafat pada 28 Juli 2007 di Tampa, Florida, Amerika Serikat pada usia 82 tahun.

Pada dokumenter berdurasi 30 menit yang berjudul Kamisama The Karl Gotch Story ini anda akan bisa mengenal sekelumit kehidupan Karl Gotch. Dengan diproduseri dan disutradarai oleh Fumihiko Saito dari Marquee International Japan, INC. bekerjasama dengan taxco, anda bisa menyaksikan dokumenter ini pada tautan Youtube yang tertera di bawah ini :

 

 

 

KAORI Newsline | teks oleh Dody Kusumanto | Courtesy of Marquee International Japan, INC., dengan taxco, Profesional Wrestling Hall of Fame, dan Pipebomb Radio

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.