BAGIKAN

Sama seperti tahun sebelumnya, kali ini Agate Studio akan kembali hadir pada Game Prime 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 13—15  Juli, tanggal 13 pada acara Business Day di Ayana Midplaza dan 14—15 pada acara pameran di Balai Kartini, Jakarta. Pada helatan Game Prime tahun ini, selain menghadirkan kembali hiburan-hiburan menarik di stannya, di acara Business Day Agate juga mengumumkan terbentuknya dua inisiatif yang berpotensi turut menyuburkan industri gim Indonesia, Agate Academy dan Agate Development Partner.

Sebagai perusahaan dan studio gim lokal yang paling stabil, posisi dan kondisi Agate kini tentunya telah terlebih dahulu melewati perjalanan panjang untuk bertahan. Dimulai dari timpangnya angka profesional di bidang gim yang berbanding terbalik dengan konsumennya, jarak pengetahuan yang jauh dengan rata-rata industri gim global, serta kurangnya jumlah studio gim dan proyek yang dapat menampung minat para calon-calon profesional muda merupakan permasalahan yang  dipahami betul oleh Agate hingga tahun kesembilan perjalanannya kini. Hal-hal tersebutlah yang menjadi pondasi terbentuknya Agate Academy dan Agate Development Partner sebagai bentuk kontribusi terhadap industri gim di tanah air.

Agate Academy merupakan program yang bergerak di bidang edukasi gim developer. Program ini memiliki beberapa aktivitas di dalamnya yang secara proaktif mendukung pertumbuhan kreator gim, seperti Agate DevCamp, Agate Lab, Agate Scholar, dan Agate Invite yang bisa menjadi ajang belajar dan diskusi perihal pengembangan gim. Diharapkan dengan adanya kanal belajar dan berbagi pengetahuan yang khusus untuk pengembangan gim, bibit-bibit segar akan turut tumbuh mengingat suburnya angka pertumbuhan industri gim global.

Tidak jauh berbeda dengan Agate Academy, Agate Development Partner juga diharapkan menjadi rujukan dalam hal berbagi pengetahuan mengenai gim. Bedanya, apabila Agate Academy ditargetkan untuk calon-calon profesional muda yang ingin meniti karier di dunia gim, Agate Development Partner ditargetkan bagi studio dan para developer gim di Indonesia.

Agate Development Partner memiliki misi utama untuk membagikan dua hal penting kepada para developer gim di Indonesia. Yang pertama adalah berbagi pengetahuan berupa tinjauan ahli yang tersedia dari dan bisa diakses secara umum, serta diskusi terkait produksi bisnis gim yang terbatas hanya bagi partner developer yang telah bergabung. Aktivitas berbagi pengetahuan ini ditujukan bagi para developer yang memang sudah lebih serius berkancah di dunia industri gim. Yang kedua adalah penyediaan cashflow. Dalam hal ini Agate membuka kesempatan untuk membagi proyek pada developer baru yang membutuhkan pendapatan untuk bisa bertahan selama mengerjakan produknya masing-masing. Ini juga berguna untuk meningkatkan level keahlian para developer baru sebelum terlibat ke dalam projek yang lebih besar. Dan menariknya lagi, untuk para partner, tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Hal ini tentu didasari kesadaran Agate akan pelaksanaan misinya ialah murni demi membantu mempertahankan keberlangsungan industri gim di Indonesia bahkan untuk menjadi lebih baik lagi.

Selain pengumuman terbentuknya dua inisiatif tersebut, pada kedua hari pameran, pengunjung akan dapat mencoba demo gim terbaru Agate yang akan rilis pada kuartal keempat 2018, Valthirian Arc: Hero School Stories, langsung di perangkat Nintendo Switch yang sudah disediakan. Tidak hanya itu, Agate juga membuka kesempatan untuk menjadi bagian dari Agate dan bersama-sama mengembangkan serta memajukan industri gim di Indonesia melalui program rekrutmen spesial. Program rekrutmen kali ini akan membuka posisi Desainer, Produser, Artis, dan Pemrogram Gim serta Pemrogram Back-end. Lalu, khusus untuk kandidat Desainer Gim akan diakan tes di tempat secara langsung. Diharapkan, program rekrutmen special ini akan menjadi salah satu jalan pintas dalam mewujudkan mimpi para anak muda menjadi developer gim Indonesia yang mumpuni.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.