BAGIKAN
View Start Kancolle HTML 5

Siapa yang tidak kenal dengan game Browser dengan bertema kapal perang era Perang Dunia ke 2 ini? Ya benar! Kantai Collection atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kancolle! Game berbasis web yang telah dirilis sejak rilis pada tahun 2013 ini cukup digemari di berbagai negara, dari Jepang yang menjadi pusatnya hingga ke Indonesia. Pada Tahun 2018 ini, Pihak DMM sebagai founder game tersebut meriliskan fitur terbaru dari Kancolle yakni dengan sistem berbasis HTML 5 yang diyakini akan menambah kesan lebih elegan pada game ini.

Apa saja sih perubahan yang dialami oleh Kancolle setelah perubahan sistem berbasis HTML 5 ini? Yuk kita simak kesan Positif dan Negatif dari perubahan game ini dari salah satu anggota KAORI ini yakni Aditya Eka Nugraha:

1. Fitur Home

Interface Home Kancolle versi HTML 5
Advertisement Inline

Untuk fitur home tersendiri cukup banyak perubahan yang dialami sejak berbasis HTML 5 ini, yakni detil gambar lebih HD untuk Karakter Flag Ship, lalu desain bar yang terletak di bagian atas dan ditambahnya fitur translasi berbahasa Inggris. Tombol port pun dirubah desainnya secara apik dan elegan dan tidak lupa berbahasa Inggris juga. Untuk fitur Berbahasa Inggris di bagian Home ini bisa diaktifkan melalui setting yang terletak di kanan bawah yang bergambar roda gigi, ada 5 setting desain home yang bisa kalian pilih. Berikut ada 5 setting desain home yang telah disediakan oleh pihak Kancolle:

This slideshow requires JavaScript.

Cukup menarik bukan untuk fitur Home terbaru yang telah disediakan oleh pihak Kancolle ini?

2. Main Fleet

Tidak hanya bagian Home saja yang diperbaharui oleh pihak DMM, namun Main fleet pun ikut dirubah juga tampilannya agar terlihat lebih enak dipandang:

Main Fleet pada Fiture HTML 5

3. List Ship

Tidak hanya tampilan saja yang dirubah dalam versi HTML 5 ini, ada tambahan fitur terbaru yang dipercaya akan memudahkan player untuk memilih kapal yang akan digunakan yakni filter:

Filter Kancolle Pada HTML 5

Dengan adanya fitur tambahan yakni Filter, para pemain akan dimudahkan untuk memilih tipe kapal yang akan digunakan untuk melakukan sortier (berperang) atau melakukan ekspedisi untuk menambah Resource kalian. Jika kalian melihat titik warna merah pada sebelah logo Battle Ship (BB), titik merah tersebut berfungsi sebagai transllasi atau mengubah nama tipe kapal yang sebelumnya bertuliskan huruf Jepang dan akan berubah menjadi huruf alfabet bila kalian mencoba menekan tombol tersebut , dan hasilnya akan seperti ini:

Fiture Filter Kancolle Berbaha Inggris

4. Permainan Lebih Halus Berkat 60 FPS

Tidak hanya grafis desain dan fitur tambahan yang ditambahkan pada update kali ini, namun Anda akan merasakan hal yang baru sewaktu melakukan sortier atau berperang melawan musuh atau yang biasa disebut Abysal dalam game ini, yakni Anda akan merasakan pertarungan dengan frame rates sebesar 60 FPS.

60 FPS saat bermain

Bila melihat gambar ini, akan nampak seperti versi Kancolle sebelumnya. Namun bila Anda bermain game ini dan melakukan sortie, kalian akan merasakan Frame rate yang sangat menarik yakni 60 FPS. Kalian pasti paham bila bermain game dengan Frame rate mencapai 60 FPS, akan sangat lancar dan enak dipandang  sewaktu bermain.

Banyak hal yang berubah dalam fitur terbaru Kantai Collection ini, namun tidak selalu perubahan akan menimbulkan dampak positif. Di balik update terbaru sistem Kantai Collection berbasis HTML 5 ini, ada sisi negatif yang dirasakan terutama untuk PC atau Laptop anda sewaktu bermain game ini. Apa saja sisi negatif yang dirasakan sewaktu menjalankan game Kantai Collection berbasis HTML 5 ini? Mari kita simak:

1. RAM

Dengan adanya perubahan desain grafis pada game ini dan Frame Rate yang tinggi, hal ini juga akan berdampak pada Memory RAM yang Anda gunakan. Fitur HTML 5 ini akan memakan RAM Laptop/PC kalian sebanyak kurang lebih 1GB.

Pemakaian RAM di saat bermain Kancolle

Hal ini akan menimbulkan kinerja laptop Anda yang menggunakan RAM 2GB saja menjadi menurun. Jadi jika Anda ingin bermain Kantai Collection sekarang, direkomendasikan menggunakan atau menambah RAM laptop atau PC kalian di atas 3GB.

2. Reset Ulang World

Tidak hanya RAM saja yang menjadi sisi negatif di perubahan sistem ini. Namun World atau Map pun akan berdampak juga karena progress permainan Anda di update ini di-reset. Bila semulanya Anda sudah mencapai world 6-5, di sistem baru ini kalian harus mengulangi dari awal yakni World 1-1.

Reset World

Ini cukup merepotkan karena akan menambah beban waktu untuk menyelesaikan misi sampai World terakhir. Untungnya, progress ekspedisi tidak akan di-reset. Untuk ekspedisi sendiri pihak Kancolle tidak akan mereset World Map pada ekspedisi kalian.

Demikian perubahan yang dialami game Kantai Collection. Di setiap perubahan atau update game, pasti akan menimbulkan sisi Positif dan Negatif. Kita harap dengan adanya sistem perubahan ini pihak Kancolle segera melakukan perbaikan pada hal negatif yang dirasa cukup merepotkan bagi para pemain.

KAORI Newsline

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.