BAGIKAN
shadowverse

Card game Shadowverse, meskipun terlihat mudah dimainkan, sebenarnya memiliki segudang strategi dan taktik di dalamnya. Dan salah satu hal yang harus dikuasai oleh para pemain baru, adalah sebuah hal yang kemungkinan besar pernah anda temui ketika menelusuri situs-situs yang berkaitan dengan game ini: Archetype.

Secara garis besar, Archetype adalah jenis deck yang ingin dimainkan oleh para player. Pada umumnya, terdapat 3 jenis Archetype yang sering digunakan dan dianggap sebagai kategori utama, dan 3 jenis Archetype lainnya.

Kategori Utama

Aggro

Deck ini bertujuan untuk menghabisi lawan secepat mungkin, dengan menyerang leader musuh tanpa memperdulikan follower lawan, sering juga dikatakan “Face Decks”.

Tipe Deck ini sangat agressif, dengan komposisi kartu yang hanya diisi kartu  yang Low-Cost, memungkinkan kalian untuk  memainkan kartu dari turn pertama. Tanpa membuang satu playpoint yang tersisa.  ini menjelaskan kenapa deck ini biasanya diisi oleh kartu ber-cost kecil yang sangat kuat, diantaranya follower yang mempunyai Storm  atau Spell yang bisa memberikan damage ke leader musuh.

Tetapi  kelemahan dari archetype ini cukup fatal, jika kalian tidak bisa memenangkan game secepat mungkin, musuh kalian akan mengeluarkan kartu yang bisa memputarbalikkan board kalian, atau kalian akan kehabisan kartu di tangan duluan.

Archetype ini cocok bagi para duelist yang ingin menyelesaikan daily mission, event “chest”, atau para duelist yang ingin cepat menaikkan rank mereka, dengan cara bertaruh pada deck Aggro mereka untuk mendapatkan Curve Cost yang bagus, biasanya yang disebut Perfect Curve.

Gameplay Aggro Dragon

This slideshow requires JavaScript.

Midrange

Deck Midrange hampir sama dengan Deck Aggro: Mereka sama-sama memberikan tekanan kepada lawan di awal game dan juga mengandalkan Curve. tetapi untuk perbedaan kedua archetype tersebut adalah, Deck Midrange dirancang untuk Game yang lebih lama, biasanya komposisinya itu terdiri dari beberapa kartu low-cost high-cost yang stabil, dan beberapa kartu sebagai finisher, walau mengandalkan Curve, Deck Midrange ini tidak benar – benar bertaruh pada Perfect Curve, karena Deck Midrange diisi oleh 1 set kartu yang Konsisten.

Tipe deck ini sangatlah flexibel. Kalian bisa memainkan deck Midrange secara defensive maupun agressif. Kalian bisa saja memutarbalikkan board untuk mencounter serangan lawan dengan kartu-kartu yang mempunyai efek clearboard, ward, rush, dan lain-lain.

Tetapi kalian akan kewalahan jika kartu finisher kalian tidak muncul juga ke tangan, atau kartu finisher kalian gagal untuk menyelesaikan game tersebut. Tapi Archetype ini cocok bagi para duelist yang ingin Grinding Rank secara konsisten, karena komposisi decknya sendiri terbilang balance, tidak condong ke low-cast maupun ke high-cost, jadi kalian mempunyai kesempatan menang lebih besar dari Deck Aggro yang terlalu mengandalkan keberuntungan.

Gameplay Midrange Latham

This slideshow requires JavaScript.

Control

Archetype ini tergolong sangat lambat jika ingin memenangkan Game. tidak seperti Archetype Midrange atau Aggro, deck ini tidak dirancang untuk mengandalkan Curve bagus, Seperti nama Archetypenya. Control, Deck ini diisi oleh kartu yang bisa mengkontrol board kalian secara defensive dari awal permainan, seperti kartu removal kepada lawan, kartu yang bisa mengheal leadermu terus menerus, atau follower yang mempunyai ward. Untuk memenangkan Game ini kalian dipastikan membawa beberapa kartu Finisher yang mempunyai efek sangat kuat. Secara ringkas kalian cukup bermain secara defensive dari awal permainan sampai kalian bisa menggunakan Kartu Finisher pada Momentum yang tepat.

Walau tipe deck ini bermain secara defensif, kalian akan kewalahan terhadap Deck yang memusatkan kekuatannya pada awal permainan seperti Deck Aggro, dan juga kalian tidak bisa menyelesaikan Game dengan cepat layaknya Deck Aggro atau Midrange. Dan juga Deck ini sangat mengandalkan strategi yang matang untuk mengkontrol board agar tidak dikuasai oleh musuh.

Deck Control ini cocok bagi para player yang ingin bermain santai, tidak terburu – buru dalam menyelesaikan misi, menikmati game ini, dan merasakan pertarungan yang sangat kompetitif.

Gameplay Control Nepthys

This slideshow requires JavaScript.

Kategori Archetype Lainnya

Combo

Deck Combo adalah deck yang di mana bertujuan untuk mengumpulkan beberapa part kartu kombo di awal permainan, Jika semua part kombo berhasil dikumpulkan, kalian mempunyai kesempatan menang yang lebih besar.

Tipe deck ini bermain secara defensive seperti Control, dan harus bertahan hidup sampai part kombo itu terkumpul. Komposisinya itu biasa diisi dengan beberapa kartu removal dan part kartu kombo itu sendiri.

Kelemahan deck ini cukup fatal dibandingkan dengan Control Deck, karena removalnya tidak cukup banyak seperti Control deck, rentan kalah jika berhadapan dengan Deck aggro maupun midrange, tetapi cukup kuat untuk melawan Control Deck, karena beberapa dari Deck Combo itu sendiri ada combo yang bertujuan untuk OTK (One Turn  Kill).

Rata – rata duelist dengan Archetype ini, duelist yang ingin merasakan ketegangan dan rasa kompetitif karena mengumpulkan part  dari kartu kombo, menghitung damage yang telah terkumpulkan, ataupun duelist yang paling suka berpikir secara kritis.

Gameplay Combo Forest

This slideshow requires JavaScript.

Tempo

Inti dari bermain dari deck tempo itu yaitu memainkan kartu dengan memaximalkan playpoint setiap turn yang menghasilkan tekanan kepada lawan disertai dengan board yang kuat. dilakukan berulangkali sampai lawan kewalahan untuk mencounter tekanan dari kalian.

Biasanya permainan dengan deck tempo itu tergolong lebih cepat dari midrange, tapi tidak lebih cepat dari aggro, karena beberapa kartu finishernya itu terdapat pada midgame. akan tetapi deck tempo sendiri mempunyai kelemahan yang sama dengan deck aggro, walau sama – sama mengandalkan finisher pada midgame seperti midrange deck, Deck Tempo itu sendiri rentan mengalami Brick Hand. kondisi di mana trigger tempo itu sendiri tidak muncul.

Untuk melawan deck tempo itu cukup bermain dengan santai, dan sediakan removal yang lebih banyak untuk membersihkan follower lawan, karena biasanya Deck Tempo itu memberikan pressure board dengan cara mengisi board mereka dengan Follower dengan value yang tinggi, maka dari itu kita harus siap menggunakan kartu yang bisa memutarbalikkan keadaan.

Bagi para duelist yang ingin grinding rank secara cepat, mengandalkan keberuntungan dari RNG, dan bermain secara konsisten mungkin Archetype Tempo ini cocok untuk kalian.

Gameplay Tempo Vengeance

This slideshow requires JavaScript.

Mjerrbaine/One/Higlander/Singleton

Yang ini archetypenya tergolong baru, karena kartu kuncinya baru keluar di ekspansi Omen of the Ten. Seperti namanya, Archetype ini mengandalkan kartu Mjerrbaine, Omen of One dan komposisi kartu yang berbeda dalam 1 set decknya.

Efek dari Mjerrbaine Omen of one itu sendiri yaitu, jika tidak ada kartu duplikat didalam deck (selain Mjerrbaine, Omen of One), berikan leadermu efek “setiap akhir dari turn kamu, jika hanya ada 1 followermu di board , stat follower  akan bertambah +2/+2 ke follower milikmu secara acak, berikan 2 damage ke follower lawan secara acak, dan berikan 2 damage ke leader musuh. (efek ini tidak bisa ditumpuk sampai akhir permainan)

Archetype ini mempunyai potensi yang sangat bagus, jika Mjerrbaine, Omen of one sudah didapatkan sebelum turn 6, dan siap untuk dimainkan pada turn 6, dan juga karena syarat bermainnya itu yang agak unik, yaitu kartu yang didalam deck tidak boleh sama, memungkinkan kalian menggunakan banyak kartu yang berbeda , dan memaximalkan kekuatan setiap kartu.

Tetapi archetype ini juga mempunyai kelemahan yang cukup besar, jika kalian belum bisa mendapatkan Mjerrbaine, Omen of One sebelum  Turn 6, kesempatan untuk menang kalian akan berkurang, dan juga karena syarat bermainnya tersebut, Kalian tidak bisa membawa duplikat kartu yang mempunyai value tinggi.

Archetype ini cocok untuk kalian yang ingin bermain secara unik, beda dari yang lain, nuansa pertandingan yang berbeda, atau bosan dengan archetype yang biasa-biasa saja. dan juga archetype ini cocok juga dijadikan salah satu mode dalam turnamen, karena syarat bermainnya yang cukup unik.

Gameplay Mjerrbaine Portal
Contoh Deck Mjerrbaine: Mjerrbaine Blood

Kesimpulan

Jadi Shadowverse itu mempunyai banyak archetype yang berbeda, untuk archetype utamanya yaitu Aggro, Midrange, Control, diibaratkan bermain suit:

  • Aggro bisa menang melawan Control, karena set bermain deck control yang lama, dan juga karena deck aggro yang sangat cepat.
  • Midrange bisa menang melawan Aggro, karena dia bisa mengcounter serangan aggro di tengah permainan, dan di saat itu juga pengguna Deck Aggro sudah kehabisan kartu ditangan.
  • Control bisa menang  melawan Midrange, karena disaat pengguna deck midrange sudah kehabisan kartu finisher ditangannya dia akan mudah dikalahkan dengan pengguna deck control, karena permainan deck control memusatkan kekuatannya di late game.

Sementara untuk archetype yang lain, mereka mempunyai keunikkan dalam permainnnya sendiri:

  • Combo yang mengandalkan kartu kartu kombonya untuk menciptakan kombo finishernya.
  • Tempo yang selalu memberikan pressure board terhadap lawan setiap turn.
  • Mjerrbaine yang memberikan keunikan dalam permainannya sendiri.

Ya cukup untuk segitu penjelasan dari Archetype dari saya, saya sendiri sudah mencoba semua archetype di atas, tetapi kalau ditanya deck apa yang paling saya sukai, yaitu Deck Nepthys (Control Deck), deck yang memusatkan kekuatan pada kartu yang tidak bisa mati, Mordecai the Duelist. Salam dari saya Reza Lamunedo (Shadowverse Indonesia)

Gameplay Control Mordecai

KAORI Newsline | Panduan ini ditulis oleh: Reza Lamunedo (Shadowverse Indonesia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.