BAGIKAN
© Eiichiro Oda/TOEI Animation

Era Heisei akan segera berakhir di Jepang, tepatnya saat Kaisar Akihito akan turun tahta pada 30 April 2019 mendatang. Sepanjang era yang dimulai sejak Kaisaar Akihito naik tahta pada 8 Januari 1989 lalu ini, banyak komik-komik terkenal yang dirilis, dan meraih popularitas dari dalam hingga luar negeri, di mana banyak di antaranya masih populer hingga saat ini.

Menyambut era Heisei yang akan segera berakhir, salah satu laman e-book asal Jepang, Book Live! sempat menggelar jajak pendapat mengenai komik apa saja yang dianggap paling merepresentasikan era Heisei, di antara komik-komik yang pernah ada di Jepang. Tak kurang dari 5653 responden mengikuti jajak pendapat yang digelar pada 16 hingga 18 November 2018 lalu tersebut, setelah membeli paling tidak satu komik dari Book Live!.

Hasil dari jajak pendapat tersebut, terpilihlah 10 judul komik yang dianggap paling merepresentasikan era Heisei. Yang menarik, tidak semua komik-komik yang terpilih tersebut benar-benar diterbitkan di era Heisei, namun ada juga komik-komik yang telah diterbitkan sejak era Showa (1926 – 1989), namun popularitas dan pengaruhnya masih cukup besar, bahkan hingga kini. Adapun peringkat pertama dari 10 komik tersebut diraih oleh One Piece, komik bertema bajak laut karya Eiichiro Oda. Popularitas dari One Piece sendiri telah membuat sejumlah responden menyebut bahwa komik ini bukan hanya pantas dianggap sebagai komik yang paling merepresentasikan era Heisei, namun juga dipandang sebagai komik yang bisa dinikmati baik oleh anak-anak maupun dewasa, bahkan orang yang tidak benar-benar mengenal komik Jepang, terutama One Piecepun, pasti pernah mendengar judul One Piece.

Advertisement Inline

Berikut adalah 10 komik yang terpilih sebagai komik-komik Jepang yang dianggap merepresentasikan era Heisei:

  1. One Piece
  2. Detective Conan
  3. Dragon Ball
  4. Chibi Maruko-chan
  5. Attack on Titan
  6. Fullmetal Alchemist
  7. Naruto
  8. Kingdom
  9. Gintama
  10. Neon Genesis Evangelion

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.