BAGIKAN

Game bertema teka-teki memang sudah populer sejak dulu. Namun bagaimana jika para pemain mencari game teka-teki dan dibumbui oleh suasana yang mencekam dan penuh misteri? LIMBO lah jawabannya!

Jika kita melihat mundur ke belakang lebih tepatnya pada Juli 2010 lalu, ada sebuah developer asal Denmark yang bernama Playdead yang merilis sebuah game bertema teka teki dan petualangan berjudul LIMBO. Walaupun hanya game teka-teki sederhana namun ternyata LIMBO begitu diminati oleh banyak pemain dan bahkan masih asyik dimainkan hingga sekarang. Mengapa begitu? Mari simak ulasan berikut ini.

(©Playdead/limbo)

Dalam LIMBO, pemain akan berperan sebagai anak laki-laki yang tiba-tiba terdampar di sebuah hutan misterius dengan latar hitam-putih. Tujuan anak laki-laki tersebut cukup sederhana, yaitu hanya mencari keberadaan saudara perempuannya yang berada di hutan misterius tersebut. Namun walau tujuannya sederhana, ternyata banyak rintangan yang siap menghadang anak laki-laki tersebut untuk menemukan saudara perempuannya.

Advertisement Inline

Rintangan yang dihadapi biasanya berupa teka-teki untuk menemukan sebuah jalan agar dia bisa melanjutkan perjalanannya. Tetapi di samping teka-teki, pemain juga harus bisa menggerakan anak lelaki tersebut agar terhindar dari bahaya berupa jebakan, laba-laba raksasa dan bahkan manusia lainnya yang berusaha mencelakai anak lelaki tersebut. Terdengar sederhana, tetapi game ini akan membuat pemain yang memainkannya untuk berpikir keras karena bukan hanya teka-teki tetapi pemain diharuskan untuk berusaha agar anak lelaki tersebut selamat dari bahaya yang siap menerjangnya di sepanjang permainan.

(©Playdead/limbo)

Bahkan pada game ini tidak disediakan tutorial dan semacamnya. LIMBO hanya mempunyai fitur Pause dan Rewind saja. Tetapi tenang saja, jika pemain gagal melalui sebuah rintangan dan mati, nantinya pemain akan hidup lagi dan bisa mencoba lagi di rintangan tersebut dan tidak mengulangnya lagi dari awal sampai pemain bisa melewati rintangan tersebut.

LIMBO tidak memiliki alur cerita karena pemain hanya memiliki satu tujuan saja, yaitu untuk menemukan saudara perempunnya di tengah hutan tersebut. Jadi pemain tidak akan dijelaskan peristiwa apa saja yang telah terjadi di hutan tersebut dan alasan mengapa anak lelaki tersebut bisa ada di sana serta misteri-misteri yang dimiliki hutan tersebut. Itu dikarenakan sang developer sengaja agar pemain yang memainkannya bebas berspekulasi mengenai cerita pada game ini dan menyimpulkan sendiri ceritanya.

Grafis di game ini memang sangat sederhana karena hanya sebuah latar hitam putih ditambah dengan karakter siluet dan grain effect. Walaupun sederhana tetapi sangat enak untuk dipandang. Pemain tidak perlu khawatir jika hanya memiliki PC berspesifikasi medium karena game ini sangat bisa dimainkan untuk PC dengan spesifikasi tersebut.

Dari segi kontrol pemain tidak perlu khawatir, karena untuk control pun sangat simpel. Pemain hanya perlu menekan tombol atas, kanan, bawah, kiri, dan CTRL pada keyboard, atau jika pemain menggunakan controller, hanya ada 3 tombol yang bisa berfungsi.

(©Playdead/limbo)

Walaupun sederhana, game LIMBO berhasil membuat para pemain yang memainkannya tegang. Selain teka-teki dan rintangan yang menantang sepanjang permainan, pemain akan ditemani dengan sound effect yang tidak kalah mencekam, seperti suara-suara di tengah hutan belantara, suara laba-laba raksasa dan berbagai efek suara lainnya. Walaupun tidak memiliki BGM, hanya dengan mengandalkan sound effect LIMBO berhasil menggambarkan suasana survival yang mencekam.

(©Playdead/limbo)

Nilai plus dari game LIMBO adalah berbagai jebakan dan rintangan yang disediakan game ini jarang sekali sama. Artinya hampir setiap teka-teki yang ada di game ini selalu berbeda dan semakin jauh pemain menelusuri hutan misterius tersebut, maka rintangan yang menghadang akan semakin sulit untuk dilalui dan itu yang membuatnya menjadi game yang sangat solid. Namun di sisi lain, pemain akan sering mati dalam game ini karena memang berbagai rintangannya tidak dirancang untuk dipecahkan dalam 1 kali jalan. Biasanya pemain harus mengamati terlebih dahulu apa yang terjadi jika pemain melakukan tindakan a atau b. Bahkan terkadang sebuah teka-teki dapat diselesaikan hanya dengan berdiam dan menunggu sesuatu terjadi agar mendapatkan momen yang tepat untuk melalui sebuah rintangan.

(©Playdead/limbo)

LIMBO memang sebuah game sederhana yang cukup keren dan tidak dapat diduga di sepanjang permainan serta cukup memacu adrenalin dari suasana mencekamnya. Walaupun sederhana, game ini mampu membuat pemain hanyut ke dalam permainannya.

LIMBO tersedia di beberapa platform jika pemain berniat untuk memainkannya. Jika ingin memainkannya di PC, game ini bisa didapatkan di Steam. Bahkan Limbo juga tersedia di ponsel Android melalui Google Play. Sebagai game yang cukup untuk mengasah otak ditambah dengan susana mencekam dan menegangkan, game ini sangat cocok untuk pemain yang sangat menggemari game bergenre seperti ini.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.