Mengidolkan sesuatu tidak lengkap rasanya jika tidak melakukan dukungan atau hal yang membuat sang idola kesayangan menjadi semangat. Yap, khususnya dalam dunia peridolan JKT48. Para penggemar mengenalnya dengan sebutan Project/Proyek. Project sendiri biasanya didefinisikan sebagai sebuah usaha kolaboratif dan juga seringkali melibatkan penelitian atau desain, yang direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu.

Perlu kita ketahui bahwa dalam menjalankan Project ini dibutuhkan sebuah kelompok dari kumpulan para penggemar fanatik JKT48, perkumpulan inilah yang disebut dengan fanbase. Di Jawa Timur sendiri ada banyak fanbase JKT48 yang telah berdiri seperti contoh WANI48, Bonek Idol, Alliance Region dsb.

Seperti apa saja Project dukungan mereka dalam Circus Surabaya pada hari Sabtu (13/7) kemarin?

Advertisement Inline

Setiap fanbase memang memiliki Project dukungan yang berbeda-beda, namun ada beberapa yang sangat menarik untuk diketahui dalam JKT48 Circus Surabaya kemarin. Project dukungan yang paling umum adalah pembuatan banner/spanduk uang bertuliskan kata-kata dukungan dan foto Idolanya, ada juga Project Yel yel dukung penyemangat pada saat member performance diatas panggung, pembagian mini Flag, menebar balon dan sebagainya.

Project dukungan Fanbase
Mini Flag Project
Project Yel yel dan chant
Project banner dan bendera

Fanbase-fanbase ini juga memiliki satu pusat yaitu fanbase komando fanbase ini ialah Alliance Region.

Ada satu fanbase yang sangat menarik dan kebetulan Tim KAORI juga ditemani oleh fanbase ini dalam liputan JKT48 Circus Surabaya. Fanbase ini adalah Fans Desa 48. Mereka memiliki Projects bukan hanya untuk Idola mereka, namun juga melakukan Project dukungan kepada para penggemar JKT48 dengan cara merangkul individu yang sedang sendirian dalam setiap event JKT48. Tidak hanya itu, mereka juga membantu idola mereka agar dikenal banyak orang melalui kegiatan mereka yang bakal diunggah ke Instagram “@fans.desa48” dan akun YouTube “Fans Desa“, dan masih banyak lagi Project dari Fans Desa 48 untuk ke depannya.

Project perkumpulan

Project-project dukungan yang dijalankan oleh para penggemar ini mereka lakukan dengan senang hati. Mereka memiliki mindset pemikiran bahwa “idola kita telah memberikan berbagai macam kesenangan bagi kita para penggemar. Maka dari itu penggemar juga harus memberikan sesuatu kepada mereka.” Dan alhasil seluruh Project yang dilakukan saat Circus JKT48 Surabaya berjalan dengan lancar.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.