mayasi
Copyright @ 2019 - PT. Manohara Asri

Siapa yang tidak kenal dengan Naruto? Sosok ninja rekaan Masashi Kishimoto ini begitu digemari oleh jutaan penggemarnya di seluruh dunia. Berangkat dari fenomena ini, salah satu produk makanan ringan di Indonesia, Kacang Jepang Mayasi mencoba memarodikan sosok ninja fiktif populer tersebut dalam iklan komersial mereka. Tak kurang dari 2 versi iklan parodi dari Naruto telah dipublikasikan di akun Youtube Kacang Jepang Mayasi.

Advertisement Inline

Iklan versi pertama telah dipublikasikan pada 7 Maret 2019, dan telah ditonton hingga 10 juta penonton. Sementara itu iklan versi kedua dipublikasikan pada 19 November, dan telah ditonton oleh hampir 2 juta penonton. Yang menarik, iklan-iklan tersebut seolah juga memarodikan situasi politik di Indonesia pasca Pemilihan Presiden 2019. Dalam iklan versi pertama dikisahkan mengenai Narto (parodi dari Naruto) dan Saskeh (parodi dari Sasuke) yang berpartisipasi dalam pemilihan Kepala Desa Konohahahahahahahah (parodi dari Konoha). Sementara itu iklan kedua berkisah mengenai Narto yang berhasil memenangi pemilihan Kepala Desa, dan kini harus menghadapi Akatskuy (parodi dari Akatsuki), dan belakangan Narto dibantu oleh Saskeh dalam menghadapi Akatskuy. Alur cerita ini seolah memarodikan fenomena pasca Pemilihan Presiden 2019, di mana calon penantang Prabowo Subianto yang dikalahkan oleh calon incumbent Joko Widodo, namun belakangan Presiden terpilih Joko Widodo justru menunjuk Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan.

Naruto adalah komik karya Masashi Kishimoto, yang pertamakali diterbitkan di Jepang melalui Weekly Shonen Jump pada tahun 1999. Ditulis berdasarkan cerita pilot berjudul sama yang ditulis oleh Kishimoto pada tahun 1997 melalui majalah Akamaru Jump, komik ini bercerita mengenai petualangan Naruto Uzumaki seorang Ninja yang bercita-cita menjadi pemimpin di negaranya dan meraih sambutan yang luas dan kesuksesan bahkan di luar Jepang. Kesuksesan serialnya telah diangkat ke dalam serial Anime sejak tahun 2002. Komik ini sendiri sudah tamat tahun 2016 lalu. Komiknya sendiri telah diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media Komputindo, dan animenya juga telah diputar di Indonesia oleh sejumlah stasiun televisi seperti Trans TV, Indosiar, dan GTV (dulu Global TV). Adapun kisah petualangan sang ninja tersebut kini juga diteruskan dengan kisah anaknya, yang bernama Boruto, di mana komiknya juga telah diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media, dana animenya juga diputar di Indonesia oleh GTV.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.