Ulasan Komik Castle Town Dandelion Vol.1: Perjalanan Memilih Calon Raja Baru!

0
castle town dandelion joukamachi no dandelion
© 2013 Ayumu Kasuga/Elex Media Komputindo

Bagaimana jadinya bila #kaoreaders memiliki 9 saudara? Pasti akan sedikit kerepotan dalam bekeluarga apalagi jika setiap saudara memiliki kekuatan spesial masing-masing yang unik. Kira-kira, begitulah cerita dalam Joukamachi no Dandelion yang merupakan manga karangan Ayumu Kasuga. Selain terkenal karena manga ini, ia juga terkenal sebagai ilustrator yang terlibat dalam pengerjaan novel ringan Saijaku Muhai no Bahamut hingga Ore dan Twintail ni Narimasu. Manga ini juga telah diadaptasi menjadi serial anine pada tahun 2015 silam yang dibuat oleh Production IMS. Pada tahun 2019, manga ini telah diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo dengan nama Castle Town Dandelion.

Sinopsis

© 2013 Ayumu Kasuga/Elex Media Komputindo

Komik ini menceritakan kisah 9 bersaudara dari keluarga Sakurada. Salah satu saudara tersebut bernama Akane Sakurada yang merupakan putri raja seperti kedelapan orang saudaranya yang lain. Walau merupakan keluarga raja, namun mereka hidup sederhana sekali layaknya para rakyatnya. Akan tetapi, sebagai bagian dari keluarga kerajaan mereka memiliki ciri khas tersendiri daripada rakyat biasa, yakni sebuah kekuatan super yang unik. Lalu pada suatu hari sang baginda raja mengumumkan sayembara untuk memilih calon raja yang baru, dengan begitu kesembilan saudara tersebut memiliki peluang untuk menjadi raja berikutnya. Menjadi seorang raja berarti menjadi pusat perhatian seluruh rakyat, dim bagi seorang putri pemalu seperti Akane yang bahkan tidak bisa berbicara dengan orang yang tidak dikenal, hal tersebut merupakan masa depan yang paling ingin ia hindari. Bagaimanakah kisah Akane dalam memperjuangkan masa depannya?

Penceritaan Komik

© 2013 Ayumu Kasuga/Elex Media Komputindo

Premis pada manga ini cukup sederhana, yaitu keseharian kehidupan para 9 saudara keluarga Sakurada yang dibumbui oleh keunikan tersendiri. Sebagai anggota keluarga kerajaan maka mereka semua memiliki kekuatan super dibandingkan rakyat biasa, yang berarti membuat mereka unik daripada yang lainnya. Fokus topik pada awal volume ini ialah pengumuman atas kompetisi untuk mencalonkan diri sebagai raja berikutnya,k di mana kita akan diperkenalkan oleh beragam karakter dan kepribadiannya yang unik.

Ceritanya berfokus pada Akane Sakurada yang merupakan kakak tertua keempat dan juga pemalu di depan publik. Di saat ia mendengarkan pengumuman tersebut untuk menjadi raja penerus, ia bimbang karena menjadi raja penerus bukanlah hal yang ia inginkan. Namun di sisi lain, sebagai raja ia dapat mengurangi jumlah CCTV yang tersebar di negaranya sehingga ia dapat dengan aman pergi tanpa di pantau oleh cctv yang disiarkan. Kesehariannya dalam menghindari CCTV juga di ceritakan dengan penuh tawa, karena berbagai cara ia lakukan setiap harinya agar tidak terpantau oleh CCTV yang ada.

Advertisement Inline

Penggambaran Komik

© 2013 Ayumu Kasuga/Elex Media Komputindo

Pada penggambaran tersendiri dapat dibilang cukup  bagus dan menarik karena kita dapat melihat berbagai kepribadian dari setiap karakter yang ada, baik itu dari sisi lelucon maupun sisi keseriusannya. Sebagai contoh, pada adegan kompetisi pertama, Shuu Sakurada berpapasan dengan Akane Sakurada di mana Shuu berusaha untuk menghindari Akane dari kompetisi ini dengan membawanya pergi ke tempat yang lebih jauh sehingga dapat dikatakan Akane didiskualifikasi. Namun, karena kesalahan pada pemakaian kekuatannya yang terbawa hanyalah rok Akane saja.

Setiap ekspresi akan ketegangan, keseriusan, hingga lelucon tergambar dengan sangat baik pada adegan ini, namun bukan berarti setiap penggambaran di sini akan sangat bagus. Manga Castle Town Dandelion merupakan manga yang diterbitkan melalui majalah Manga Time Kirara Miracle! di mana seperti yang kita ketahui bahwa majalah ini sangat identik dengan yon-koma manga (manga 4 panel) sehingga tidak segala jenis kalangan mungkin akan menyukai akan tipe manga ini. 

Kesimpulan

© 2013 Ayumu Kasuga/Elex Media Komputindo

Sebagai salah satu penggemar putri Akane majalah Kirara Time, saya merasa komik ini cukup dapat memberikan kepuasan saat membacanya, terutama dengan alur yang sangat mudah untuk dimengerti. Premis awalnya cukup menarik sebagai penarik awal minat saya dalam membaca komik ini, terutama bagi yang sedang mencari genre slice of life karena kehidupan 9 bersaudara ini sangat kental sekali dengan kehidupan keluarga normal di Jepang (terlepas dari kekuatan super dan keluarga kerajaan). Dengan banyaknya material waifu dan husbando yang tersedia, Castle Town Dandelion dapat menjadi pilihan komik yang bagus bagi Anda yang sedang mencari karakter idaman barunya. 

KAORI Newsline | Oleh: Cakra Bhirawa

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.