Tingkatkan Kecepatan, JR East Akan Operasikan Tohoku Shinkansen ke 320 km/jam

0
jr east
Shinkansen Seri E5 saat memasuki Stasiun Omiya (Toshinori Baba/Wikipedia)

East Japan Railway Company (JR East) mengumumkan akan meningkatkan kecepatan operasi di jalur Tohoku Shinkansen. Tepatnya, di jalur antara Morioka-Hachinohe hingga ke Shin-Aomori. Sebelumnya, jalur sepanjang 178,4 km ini hanya dapat beroperasi hingga 260 km/jam. Nantinya, jalur ini akan dapat dilintasi dengan kecepatan maksimum 320 km/jam dan dapat memotong waktu perjalanan selama 5 menit.

JR East sendiri menyatakan bahwa pekerjaan ini sudah mulai dilaksanakan pada bulan ini. Dengan waktu pengerjaan selama 7 tahun, JR East sendiri berfokus ke perbaikan peredam suara yang ada di sepanjang jalur. Kecepatan KA yang meningkat tentunya akan meningkatkan kebisingan yang ada di lintasan. Selain itu, dengan peningkatan kecepatan juga akan mengakibatkan adanya tekanan di terowongan yang akan mengakibatkan sonic boom.

Oleh karena itu, JR East akan memasang peredam suara yang baru sepanjang 1,3 km. Selain itu, peredam suara yang sudah terpasang pun akan di-upgrade sepanjang 3,6 km. JR East juga akan menambah peredam suara yang ada di setiap ujung terowongan dengan total 24 terowongan yang akan ditambah peredam suaranya.

JR East juga mengumumkan bahwa jalur shinkansen antara Stasiun Ueno dan Omiya sudah ditingkatkan kecepatannya menjadi 130 km/jam. Sebelumnya, jalur ini hanya dapat dilintasi dengan kecepatan 110 km/jam. Dengan perbaikan ini, waktu tempuh pun terpangkas 1 menit. Sedangkan, jalur antara Stasiun Tokyo dan Ueno tetap di 110 km/jam.

Cemplus Newsline by KAORI

 

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.