Sutradara Violet Evergarden: “Saya Tidak Yakin Akan Menghadirkan Gilbert”

0
violet evergarden the movie
© Kana Akatsuki/Akiko Takase/Kyoto Animation/Violet Evergarden Production Committee

Kesuksesan film Violet Evergarden the Movie di Jepang telah mencatatkan penjualan sebanyak 560000 tiket dengan besaran keuntungan mencapai 810 juta yen, atau sekitar lebih dari 100 milyar rupiah dan masih akan terus bertambah sampai film tersebut telah tersebar di beberapa negara. Meskipun begitu, ternyata film tersebut telah memberikan pertanyaan bagi para penonton yang telah menyaksikan keanggunan dari sosok Violet di film tersebut, terutama berkaitan dengan keadaan Gilbert yang menjadi mentor Violet ketika berada di bangsal militer.

Dilansir dari ANN dalam sebuah kesempatan wawancara dengan NewType, Taichi Ishidate selaku sutradara dari Violet Evergarden menyatakan “Dalam serial TV, Kehadiran Gilbert hidup atau mati memang tidak ditampilkan, tetapi meskipun begitu Violet memang direncanakan untuk tidak pernah bertemu dengannya lagi. Meskipun begitu ia akan terus hidup di hati Violet,”. “Secara pribadi, itulah kerangka keseluruhan cerita Violet Evergarden yang ingin saya tampilkan. Jadi ketika ada pembicaraan tentang sekuel muncul terutama pembahasan tentang kehadiran sosok Gilbert, saya sebenarnya mengatakan bahwa tidak ada lagi yang ingin saya lakukan. Tetapi ketika saya membaca plot yang ditulis oleh penulis naskah Reiko Yoshida, plot tersebut telah berhasil meyakinkan saya untuk menghadirkan sosok Gilbert dalam frame yang lain. Saya jadi berpikir bahwa Gilbert baik-baik saja untuk dihadirkan. Diskusi ini telah terjadi kurang dari dua tahun yang lalu“.

Untuk mencapai plot pertemuan antara Violet dan Gilbert masih memerlukan beberapa aspek penunjang yang telah dijunjung oleh Ishidate. Salah satunya adalah untuk tetap memfokuskan jalan cerita Violet Evergarden kepada perjalanan hidup Violet. Bila nanti kehadiran Gilbert sengaja dipaksakan, tentu saja perjalanan ceritanya hanya terfokuskan kepada Violet dan Gilbert, sehingga hanya akan menjadi cerita romansa biasa. Di sisi lain, Ishidate mengakui bahwa pesan moral yang telah menjadi landasan dari jalan cerita Violet tidak akan pernah berubah, dan bagaimana hal itu membuka jalan bagi perjalanan ceritanya di masa mendatang.

Ishidate juga mengatakan bahwa ia berusaha untuk berhati-hati dalam menyusun semua klimaks di akhir film Violet Evergarden the Movie agar sesuai dengan landasan cerita yang saling berkaitan satu sama lain, dan tentu saja memuaskan hati penonton. Ia berusaha untuk menjaga ceritanya tetap sederhana, meskipun tentu saja dalam pembuatan film maupun serial Violet Evergarden, Ishidate tetap mendengarkan masukan dari berbagai pihak. Termasuk dari Taichi Ogawa selaku salah satu tim sutradaranya.

Violet Evergarden the Movie, film layar lebar ini telah dirilis pada tanggal 18 September 2020 lalu, dan masih diputar di bioskop-bioskop Jepang sampai sekarang. Anime Violet Evergarden sendiri diadaptasi dari novel karangan Kana Akatsuki dengan ilustrasi oleh Akiko Takase. Novel ini merupakan pemenang Grand Prize dari Kyoto Animation Awards ke-5 yang diadakan pada tahun 2014, yang kemudian diterbitkan oleh Kyoto Animation melalui label KA Esuma Bunko miliknya pada tahun 2015. Anime ini sendiri telah dirilis sejak 10 Januari 2018 lalu.​

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.