Hololive Tiongkok Dibubarkan

0
ⓒ 2017-2020 cover corp

Setelah sempat beredar isu bahwa Hololive Tiongkok atau yang biasa disebut holoCN, akan dibubarkan menanggapi kemarahan dari para fans Tiongkok atas insiden dalam streaming Kiryu Coco dan Akai Haato, pada 12 November 2020, Cover Corporation, selaku manajemen yang menaungi proyek tersebut, telah melayangkan pernyataan resmi terkait pembubaran semua anggota yang tergabung dalam hololive Tiongkok.

Dilansir dari laman Facebook, Twitter, dan web resmi Hololive, telah diumumkan lewat press release bahwa Hololive Tiongkok yang terdiri dari Civia, Artia, Yogiri, Doris, dan Rosalyn, akan pensiun sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan secara berurutan. Berikut jadwalnya:

  • Civia: Rabu, 18 November, 2020
  • Artia: Sabtu, 19 Desember, 2020
  • Yogiri: Minggu, 20 Desember, 2020
  • Doris: Sabtu, 26 Desember, 2020
  • Rosalyn: Minggu, 27 Desember, 2020

Dengan ditetapkannya jadwal tersebut, maka menjadi akhir dari aktivitas masing – masing vtuber dari Hololive Tiongkok, namun dengan catatan bahwa tanggal dapat berubah sewaktu – waktu bergantung kepada situasi dan kondisi.

Seperti yang disebutkan di awal paragraf, sebelum dikeluarkannya pernyataan resmi pembubaran Hololive Tiongkok oleh Cover Corporation, dikabarkan oleh Artia dan Civia lewat streaming berbahasa Inggris nya di Twitch pada 30 Oktober lalu, bahwa mereka bersama anggota Hololive Tiongkok lainnya akan berpisah dari agensi hololive dan menjadi vtuber independen. Di dalam strimnya dijelaskan bahwa agensi yang menaungi mereka akan dibubarkan. Akan tetapi mereka masih tetap dapat memakai nama, model Live2D, dan karakternya setelah menjadi vtuber independen. Hal tersebut pun telah diungkapkan lewat pernyataan Artia sendiri di TwitLonger.

Namun sayangnya semua pernyataan tersebut tidak lagi valid setelah Artia memberikan klarifikasi di akun Twitternya bahwa semua informasi yang disampaikan dalam TwitLonger dan Twitch streamnya tidak lagi berlaku setelah diskusi lebih lanjut dengan Cover Corporation, ia pun menambahkan bahwa ke depannya akan berjalan berbanding terbalik dari semestinya.

Hololive adalah proyek agensi Vtuber yang dikembangkan oleh Cover Corporation. Agensi ini populer tidak hanya di Jepang, tetapi juga di Tiongkok, dengan lebih 2,7 juta penggemar di Youtube dan lebih dari 3,5 juta penggemar di Bilibili.

Hololive Production bergerak menggunakan basis platform YouTube dalam hiburan konten video dan livestream, dengan anggota yang tergabung dalam grup hololive untuk Vtuber wanita dan grup Holostars untuk Vtuber pria. Tak hanya itu, agensi Vtuber ini juga memiliki label musik yang bernama INNK Music. Agensi ini dibuat untuk menjadi wadah para talent “virtual” generasi selanjutnya yang mampu siaran langsung dan berinteraksi lewat Twitter, dan berspesialisasi dengan bentuk karakter 2D/3D yang canggih.

KAORI Nusantara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.