Sebuah Petisi Menuntut Dihilangkannya Adegan Shizuka Mandi Dibuat Oleh Fans Doraemon di Jepang

0
doraemon
©Fujiko-Pro, Shogakukan, TV-Asahi, Shin-ei, and ADK

Salah satu adegan yang cukup terkenal dalam serial Doraemon, dan seringkali menjadi lelucon adalah adegan Shizuka mandi. Namun seiring berjalannya waktu, rupanya mulai ada sejumlah kalangan fans yang tidak nyaman dengan adegan ini, dan menganggapnya sebagai sebuah pornografi yang tidak seharusnya ada dalam seri hiburan keluarga seperti Doraemon. Atas dasar kegelisahan itulah, seorang warganet asal Jepang bernama Midorino Mushima membuat petisi online di Change.org yang meminta dikurangi atau bahkan dihilangkannya adegan Shizuka mandi, dan sejumlah adegan lainnya yang dirasa tak senonoh seperti adegan telanjang ataupun rok terangkat dalam episode-episode terbaru Doraemon.

Doraemon diangkat dari serial komik karangan Fujiko F. Fujio. Bercerita mengenai sosok robot kucing dari masa depan bernama sama yang membantu kehidupan seorang bocah bernama Nobita yang selalu dirundung masalah dengan bantuan alat-alat ajaib milik sang robot. Animenya diproduksi oleh Shin-Ei Animation Co., Ltd dengan distribusi di Jepang oleh Toho Co., Ltd.

Di Indonesia sendiri Doraemon diedarkan atas lisensi dari PT Perdana IMMG Indonesia dan Animation International IndonesiaKomiknya oleh penerbit Elex Media Komputindo dan telah diterbitkan sejak awal dekade 1990an bersamaan dengan masuknya banyak serial-serial komik Jepang ke pasaran Indonesia dan serial Animasinya sendiri ditayangkan di waktu yang hampir bersamaan oleh stasiun TV RCTI dengan hak siar pada saat itu dimiliki oleh PT Hikmad & Chusen. Kini Animenya ditayangkan setiap hari Minggu pukul 08.00 WIB di stasiun televisi RCTI.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.