Teman? Menurut #Kaoreaders apa itu teman sejati atau sohib itu? Apakah teman yang sepaham? Teman yang menderita bersama? Beberapa jawaban mungkin akan menjawab pertanyaan itu, namun hal tersebut nampaknya sangat akurat sekali menggambarkan kisah kehidupan anak-anak SMA yang “unik” di Jepang dalam komik Daily Lives of High School Boys atau dikenal juga sebagai Danshi Koukousei no NichijouDengan penyajian tema kehidupan sehari-hari beserta lawakan anak SMA, komik ini dapat memberikan tawa dalam kehidupan #kaoraeaders.

Komik Daily Lives of High School Boys merupakan komik karya Yasunobu Yamauchi yang pertama kali dirilis pada tahun 2009 dengan total 7 volume dan telah diadaptasi menjadi anime pada tahun 2012. Seri ini juga telah diadaptasi menjadi film live action pada tahun 2013 juga.

Di Indonesia sendiri komik ini diterbitkan oleh Elex Media pada tanggal 4 November 2020 lalu. Mari simak ulasan volume pertama dari komik Daily Lives of High School Boys Volume 1 berikut ini!

Sinopsis

Daily Lives of High School Boys
© 2010 Yasunobu Yamauchi/SQUARE ENIX CO.,LTD/Elex Media

Ini kisah tentang sekelompok anak laki-laki gila dari SMA Sanada yang sedang mencari jati diri, lengkap dengan komedi dan petualangannya.

Baik dari sosok laki-laki bergaya preman hingga laki-laki biasa yang menjalankan hidup secara “biasa” dengan teman sekitarnya. Di sinilah keindahan kehidupan para pemuda-pemuda (dan beberapa pemudi) terjadi.

Penceritaan Komik – Kehidupan Anak “SMA”

Danshi Koukousei no Nichijou
© 2010 Yasunobu Yamauchi/SQUARE ENIX CO.,LTD/Elex Media

Karena komik Daily Lives Of High School Boys merupakan komik dengan tema kehidupan sehari-hari, penceritaan di sini tidak terlalu konsisten secara alur. Namun, setiap penceritaan di sini selalu disajikan dengan baik dan setidaknya mampu memberikan tawa kepada pembaca. Secara garis besar pembaca akan diperkenalkan dengan 3 karakter utama, yaitu Tadakuni, Tanaka, dan Hidenori. Ketiga karakter tersebut akan menemani perjalanan kehidupan anak “SMA” di Jepang. Baik yang wajar ataupun yang tidak wajar.

Namun bagi beberapa pembaca, awalan komik ini mungkin akan terasa sangat aneh karena tanpa adanya narasi siapa nama karakter dan kondisinya pada saat itu. Akan tetapi karena memang tidak ada alur yang merata maka hal tersebut dapat dihiraukan saja. Sebagai contoh pada bagian awal, pembaca langsung disajikan oleh adegan di mana Tadakuni dan teman-temannya langsung berbicara tanpa konteks hingga lanjut ke topik pembahasan utamanya, yaitu “mengapa perempuan memakai rok?”. Mungkin saya tidak akan menyinggung lebih dalam lagi karena pada awal cerita ini saja, pembaca dapat langsung tertawa dengan keras.

Bagi pembaca yang memang ingin membaca komik ini, kalian tidak perlu kalian membacanya dengan serius, cukup baca saja dengan seksama tanpa perlu memahami alur ataupun latar belakang ceritanya. Walaupun mungkin terkadang ada cerita yang tidak “masuk” karena adanya perbedaan kebudayaan, namun menurut saya hampir semua adegan di sini dapat dibilang cukup relatable maupun lucu dalam ceritanya sendiri.

Penggambaran Komik – Beragam Komuk Lucu Yang Siap Memberikan Tawa

© 2010 Yasunobu Yamauchi/SQUARE ENIX CO.,LTD/Elex Media

Kelucuan tersebut didukung juga oleh ekspresi muka atau komuk yang memadai pada setiap panel. Bahkan, pembaca dapat langsung dapat tertawa hanya dengan melihat komuk yang digambarkan. Sayangnya, penggambaran seperti latar belakang maupun detil karakter di sini tidak terlalu difokuskan (ya namanya juga komik komedi). Namun, bagi klian yang mungkin yang pernah menonton adaptasi animenya, beberapa ilustrasi di sini malah kurang kerasa impact-nya. Saya berpikir seperti itu terutama dari penggambaran latar belakangnya, banyak panel yang memang terasa hampa dan kosong. Akan tetapi hal itu dapat saya buang hanya dengan melihat komuk-komuk para karakter di sini.

Kesimpulan

© 2010 Yasunobu Yamauchi/SQUARE ENIX CO.,LTD/Elex Media

Komik Daily Lives Of High School Boys dibanderol dengan harga 28.000 Rupiah (untuk pulau Jawa). Sama seperti komik di rentang harga yang sama, komik ini memiliki kualitas yang serupa dengan digunakannya kertas koran untuk bahan cetaknya. Namun untuk komik yang saya beli, terdapat masalah yang umum terjadi seperti adanya halaman yang terlipat bagian tengahnya. Dari segi penerjemahannya sendiri, bagi saya sudah cukup baik untuk dibaca terutama dalam bahasa Indonesianya.

Bagi kalian yang tengah mencari komik komedi bertemakan kehidupan sehari-hari terutama masa-masa muda dengan kehebohan dan kebodohannya, maka komik Daily Lives Of High School Boys sungguh menjadi rekomendasi bagi pembaca baru ataupun yang pernah menonton adaptasi anime dan live-action-nya. Walaupun pembaca tidak memahami alur ataupun hal-hal kecil lainnya, cukup membaca satu bagian dari ceritanya saja sudah dapat membuat diri pembaca tertawa akan cerita yang dibawakannya ini.

KAORI Newsline | Oleh Cakra Bhirawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.