KAI Commuter Ajak Penumpang Menukarkan Tiket Harian Berjaminan dengan Kartu Multi Trip

0
kartu multitrip
KRL JR 205 persiapan masuk Stasiun Jakarta Kota (Kaori Nusantara/Unggul Rochmat Saputra)
Jakarta (24/3), ajakan untuk pengguna KRL Commuterline untuk menukarkan tiket harian berjaminan menjadi kartu multi trip kembali dilakukan KAI Commuter. Ajakan kali ini berupa promosi untuk menukarkan tiket harian yang masih aktif dengan kartu multi trip yang baru.
Program ini akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Maret 2021 di sepuluh stasiun khusus uang elektronik selama satu minggu. Program ini juga dilaksanakan pada hari kerja saja. Stasiun yang melayani penukaran adalah Stasiun Jakarta Kota, Bekasi, Kranji, Bojonggede, Depok, Depok Baru, Parung Panjang, Tanah Abang, dan Angke.Kartu mullti trip yang akan ditawarkan setiap harinya akan berjumlah seribu buah, sehingga total terdapat 7000 buah kartu selama seminggu di stasiun tersebut.
Penumpang  pengguna tiket harian yang biasanya mengembalikan tiket dengan uang jaminan sebesar Rp10.000, bisa langsung menukarnya dengan kartu multi trip. Dengan uang jaminan tersebut, penumpang hanya perlu menambah Rp10.000 lagi sehingga total uang yang dikeluarkan penumpang sebesar Rp20.000. Harga tersebut lebih murah Rp 10.000 dibandingkan kartu multi trip biasa yang dijual dengan harga Rp30.000
KAI Commuter berpendapat bahwa program ini dilakukan demi kemudahan penumpang KRL yang tidak perlu lagi mengantre di loket. Trend penumpang yang menggunakan kartu uang elekktronik juga meningkat hingga mencapai proporsi 78,9% di tahun 2021. KAI Commuter juga beralasan bahwa tiap harinya terdapat ribuan tiket harian yang tidak dikembalikan, sehingga menciptakan kerugian bagi penumpang dan KAI Commuter sendiri. Alat penjualan tiket mandiri juga masih minim digunakan penumpang yang menggunakan tiket harian.
Walaupun itu, tiket harian masih tetap tersedia di stasiun non khusus uang elektronik. Stasiun khusus uang elektronik juga masih bisa digunakan untuk tap-in dan tap-out asalkan penumpang menggunakan tiket harian pp yang dibeli di stasiun non khusus uang elektronik. Penumpang yang tidak rutin menggunakan KRL dapat menggunakan aplikasi Linkaja yang bisa diunduh di gawai penumpang. Aplikasi tersebut hanya perlu diisi saldo dan melakukaan scanning kode QR di pintu masuk peron stasiun.
Cemplus Newsline by Kaori Nusantara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.