Wow, Anime Yurucamp Muncul di Iklan Kementrian ESDM!

0
yurucamp kementerian esdm
© Afro Houbunsha / Yurucamp Production Committee

Ketenaran dari serial anime Yurucamp telah terbukti menarik perhatian penonton untuk mendatangkan potensi pariwisata wisata alam yang terdapat di Jepang. Selain itu, serial anime yang diadaptasi dari seri komik yang terbit di majalah Manga Time Kirara ini juga terkenal di Indonesia karena menyajikan cerita yang santai dengan karakternya yang moe.  Melihat potensi hypedari anime tersebut, akun media sosial Kementrian ESDM di Twitter melakukan gebrakan pembuatan program kampanye yang berbeda dari biasanya, yaitu “menghadirkan” para karakter anime Yurucamp dalam postingannya akun Twitter Kementerian ESDM!

Dilansir dari Twitter resminya di @KementerianESDM, terlampir cuplikan video kampanye program “Patriot Energi Surya” yang bertujuan untuk mensosialisasikan pengunaaan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) melalui atap – atap rumah, sekolah, maupun tempat umum di sekitar kita. Pada cuplikan video tersebut terlihat pengambilan beberapa bagian scene dari anime spin-off dari seri Yurucamp, Heya-camp episode ke-2. Talent yang terdapat di video tersebut terkesan natural berinteraksi secara langsung dengan Nadeshiko dkk. Tentu saja teks subtitel yang diberikan di video “kolaborasi tidak resmi” ini dibuat tidak mengikuti penerjemahan aslinya di anime Yurucamp dengan lebih menekankan kepada isi program yang diusung oleh Kementerian ESDM.

Sebelumnya, akun media sosial Kemenkominfo beberapa kali bersentuhan dengan tren pop culture Jepang dengan menampilkan serial Attack on Titan yang sedang nge-tren di Indonesia dengan topik vaksinasi COVID-19 yang hangat dibicarakan pada saat itu. Melihat hal tersebut, terjadi perubahan cara kampanye kementerian. Jika sebelumnya kampanye dari pihak kementerian terkesan kaku, kini kampanye tersebut dikemas dengan bersentuhan dengan ranah hiburan dan juga tetap informatif. Bukan tidak mungkin akan banyak kampanye – kampanye serupa yang mengikuti tren pop culture Jepang di Indonesia.

yurucamp kementerian esdm
© Afro Houbunsha / Yurucamp Production Committee

Yurucamp adalah sebuah komik karya afro yang bertemakan mengenai kegiatan kemping outdoor. alkisah, dua dara jelita, Rin yang menyukai kemping sendirian di Gunung Fuji, dan Nadeshiko yang suka bersepeda menikmati keindahan Gunung Fuji. Suatu hari mereka berdua bertemu, berteman, dan berkemping bersama. Musim kedua dari serial animenya telah ditayangkan pada musim dingin 2021 lalu dan juga dapat ditonton secara legal dan gratis di channel YouTube Ani-One, sedangkan versi dorama live-actionnya baru saja ditayangkan bulan April ini.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.