Japan Cultural Weeks 2021: Food & Music

0
Japan Cultural Weeks 2021: Food & Music

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika menyebut tentang budaya populer Jepang? Anime, komik, musik, dan makanan mungkin adalah jawabannya. Saat ini, ada banyak sekali restoran Jepang otentik tetapi tidak kalah banyak restoran lokal yang menyajikan makanan Jepang dengan rasa lokal seperti sushi, onigiri, yakitori dan lainnya. Umumnya dalam satu tempat, ada banyak jenis makanan Jepang yang ditawarkan.  Di gerai tersebut, pengunjung disuguhkan dengan suasana seperti di Jepang, dari sambutan “irrashaimase” hingga menikmati makanan dengan sumpit. Bisa dikatakan bahwa makanan adalah salah satu media pengenalan budaya yang juga berfungsi untuk mengetahui pola dan gaya hidup suatu bangsa.

Beralih ke musik, musik Jepang memiliki karakteristik menarik dan cukup berbeda dengan musik dari negara lainnya. Genre Japanese City Pop melalui lagu “Plastic Love” dari Mariya Takeuchi serta Kokoro no Tomo membuat musik Jepang tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Di awal tahun 2000-an, musisi lainnya seperti Utada Hikaru kemudian band pop dan rock Jepang memberikan pengaruh yang tidak sedikit pada sekumpulan anak muda di Indonesia. Dari sinilah

banyak anak muda Indonesia yang membentuk kelompok musik atau band dengan menyanyikan lagu-lagu modern Jepang dari musisi favoritnya. Sebagian kelompok ini mulai memproduksi lagu sendiri yang tentunya mendapatkan sentuhan pengaruh musik Jepang.

Dua hal itulah yang mendorong The Japan Foundation, Jakarta menyelenggarakan Japan Cultural Weeks 2021 (JCW) dengan tema makanan dan musik di tahun ini. JCW adalah rangkaian kegiatan pengenalan budaya Jepang yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh JF Jakarta. Tahun ini, Japan Cultural Weeks 2021: Food & Music diselenggarakan pada tanggal 24-31 Juli 2021 secara daring, dan Japan Cultural Weeks 2021: Food & Music akan menyajikan beberapa kegiatan dengan jadwal sebagai berikut:

Tanggal Pukul Kegiatan Media
24-30 Juli 2021 Bento Challenge Instagram
Sabtu, 24 Juli 2021 15:00-16:30 Workshop Furoshiki (Khusus Surabaya) Zoom
Minggu, 25 Juli 2021 09:00 Bicara Industri Musik Jepang bersama Tokyolite Podcast & Youtube
Senin, 26 Juli 2021 14:00-15:00 Road to 23rd Digicon6 Asia Instagram Live
Selasa, 27 Juli 2021 09:00 Bicara Industri Musik Jepang bersama Satria Khindi Podcast & Youtube
Rabu, 28 Juli 2021 11:00 Demonstrasi Furoshiki Youtube
Kamis, 29 Juli 2021 09:00 Bicara Industri Musik Jepang bersama Ikkubaru Podcast & Youtube
Jumat, 30 Juli 2021 16:00 Japanscope Podcast – Gigs and Bunkasai during Pandemic, Music Industry in Indonesia and Japan Moves to Digital Platforms Podcast
Sabtu, 31 Juli 2021 14:00-16:00 Workshop Ilustrasi: Cerita Makan bersama Beng Rahadian Zoom

 

BENTO CHALLENGE

Japan Cultural Weeks 2021: Food & Music

Bento adalah bekal makanan berupa nasi dan lauk-pauk dalam kemasan praktis yang mudah dibawa dan dimakan di tempat lain. Ciri khas bekal makanan Jepang ini adalah pengaturan jenis lauk dan warna yang sedap dipandang mata, ada pula yang menampilkan karakter tertentu yang disebut kyaraben (character bento). Kemasan bento umumnya berupa wadah kotak atau bentuk lainnya yang dilengkapi dengan tutup di bagian atasnya.

JF Jakarta mengajak masyarakat untuk membuat bento dan mengunggahnya pada Instagram masing-masing dengan memberikan tag khusus. Tiga bento menarik akan mendapatkan souvenir menarik dari JF Jakarta

Periode kegiatan: 24-30 Juli 2021

WORKSHOP & DEMONSTRASI FUROSHIKI

Japan Cultural Weeks 2021: Food & Music

Workshop Furoshiki

Furoshiki adalah seni membungkus gaya Jepang. Dahulu kala, furoshiki digunakan sebagai pembungkus peralatan mandi, namun sekarang masyarakat Jepang menggunakannya sebagai pembungkus kotak makan (bento), oleh-oleh, bahkan sebagai pengganti tas. Bekerja sama dengan House of Sampoerna, kegiatan ini khusus ditujukan bagi masyarakat di Surabaya dengan menghadirkan pengajar furoshiki dari Jepang, Tsutsumi Junko. Masyarakat di luar kota Surabaya bisa menyaksikan video demonstrasi furoshiki melalui Youtube The Japan Foundation, Jakarta. Detail kegiatan sebagai berikut:

Jadwal             : 24 Juli 2021 pukul 15:00 – 16:30 WIB

Pengajar          : Tsutsumi Junko

Pendaftaran    : Melalui sosial media House of Sampoerna

Media              : Zoom (terbatas)

Gratis dan khusus warga Surabaya

Peserta yang beruntung akan mendapatkan merchandise dari JF Jakarta & House of Sampoerna

Demonstrasi Furoshiki

Jadwal Tayang: 28 Juli 2021

Di Youtube The Japan Foundation, Jakarta

BINCANG INDUSTRI MUSIK JEPANG

Industri dan pasar musik Jepang adalah kedua terbesar di dunia setelah Amerika. Banyak tema menarik terkait musik Jepang yang bisa dibahas tidak hanya musisi tetapi juga dari situasi, genre yang unik, pengaruh, serta orang-orang yang terkait dengan musik Jepang di Indonesia. Bekerja sama dengan Japanese Station dan program Japanscope, dalam JCW kali ini, kami akan menyuguhkan empat episode bincang-bincang yang dapat dinikmati di Youtube dan atau podcast JF Jakarta bersama para bintang tamu yaitu:

Ikkubaru (Band/Musisi)

Tokyolite (Band/Musisi)

Satria Khindi (Fotografer Musik)

Rizky Arisun Musthafa (Peneliti Independen)

Keempat episode akan dirilis pada tanggal 25,27,29,30 Juli 2021. Beberapa episode juga dapat disaksikan melalui Youtube The Japan Foundation, Jakarta.

ROAD TO 23RD DIGICON6 ASIA

Digicon6 adalah kompetisi film pendek Asia yang diselenggarakan oleh TBS Tokyo, stasiun TV di Jepang. Tahun ini, aplikasi pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 21 Juni hingga 31 Juli 2021. Untuk itu, kami mengundang para juri dan pemenang Digicon6 Regional Indonesia di tahun sebelumnya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang kompetisi dan film pendek. Kegiatan ini akan dimoderatori oleh Ifan Ismail.

26 Juli 2021 pukul 14:00 WIB di Instagram Live @jf_jakarta

WORKSHOP ILUSTRASI: CERITA MAKAN

© Beng Rahadian

Dengan mempelajari teknik ilustrasi yang benar menggunakan cat air, masyarakat Indonesia diajak untuk mengenal lebih dalam tentang makanan Jepang yang sedang digambar. Dalam sesi ini, peserta juga akan diajak bertukar pengalaman menarik terkait makanan Jepang.

Jadwal             : 31 Juli 2021 pukul 14:00 WIB

Pengajar          : Beng Rahadian (Ilustrator)

Media              : Zoom (terbatas)

Gratis dan terbuka untuk umum.

Informasi pendaftaran dapat dicek di media sosial JF Jakarta.

Itulah kegiatan yang akan hadir pada Japan Cultural Week 2021: Food & Music. Kami berharap beragam kegiatan budaya Jepang yang kami sajikan dalam JCW 2021: Food & Music dapat dinikmati dan bermanfaat bagi para Sahabat JF di seluruh Indonesia.

INFO:

Communication Center, The Japan Foundation, Jakarta

Email: cc@jpf.or.id

Summitmas I Lantai 1-2

Jalan Jend. Sudirman Kav 61-62

Jakarta 12190

MEDIA SOSIAL:

Instagram: @jf_jakarta

Twitter: @jf_jakarta

Facebook: The Japan Foundation, Jakarta

Youtube: The Japan Foundation, Jakarta

Website: www.jpf.or.id

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak ada hubungan dengan kebijakan editorial KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.