BAGIKAN

bg_parts_01

ME!ME!ME! adalah salah satu kartun khas Jepang (anime) pendek yang diproduksi oleh studio Khara dan perusahaan multimedia Dwango (pemilik situs Nico Nico Douga). Kartun pendek ini adalah bagian dari program Japan Animator Expo yang bertujuan mewadahi sineas dan staf muda berbakat, di mana setiap minggu dirilis satu film pendek untuk bisa dinikmati secara daring. ME!ME!ME! adalah seri ketiga dari program ini dan telah mengudara sejak 24 November lalu.

Vdeonya melalui kanal resminya sampai Senin lalu (membutuhkan akses log masuk Nico Nico Douga) dan akses lain bisa dicek melalu unggahan tidak resmi seperti melalui YouTube maupun Facebook. (peringatan: konten khusus dewasa!)

Advertisement Inline

Siapa saja staf di balik layar kartun pendek ini?

Pengisi Suara: Kouichi Yamadera dan Megumi Hayashibara
Sutradara: Hibiki Yoshizaki
Studio: Studio Khara
Ide, pengarah teknik, storyboard: Hibiki Yoshizaki
Musik: “ME!ME!ME! feat.daoko” by Teddyloid
Desain karakter, pengarah animasi: Shuichi Iseki
3DCGI: sankaku
Tata Warna: Yuichi Furuichi
Pengarah Gaya: Hiroshi Kato
Editor: Hibiki Yoshizaki
Produksi Musik: Rie Shimasue (King Records)

Berikut tinjauan satu paragraf dari masing-masing staf KAORI:

Kevin W, Administrator KAORI Nusantara

Melihat Studio Khara, mau tidak mau kita harus memerhatikan Anno, Gainax, dan tentu saja, Evangelion! Dalam ME!ME!ME! banyak sekali #kode tersembunyi dan kalau kita mengaitkan dengan pernyataan Anno tentang kehancuran industri anime, bagi saya ME!ME!ME! menyindir secara halus penggemar anime dan khususnya, NEET masa kini yang tidak bisa lepas dari dunia delusinya. ME!ME!ME! dalam enam menit merangkum pergulatan batin seseorang dalam dunia delusinya, mengingatkan akan Evangelion dan diakhiri dengan adegan ciuman yang menyimbolkan pembunuhan karakter diri seorang penggemar anime. Sangat menyentil dan menyindir!

Rafly N, Kepala UPT KAORI Newsline

What did i just see… cukup syahdu sih, animasinya asik, musiknya asik, syahdu dan asik…. dan gue menghabiskan 8 menit untuk beginian, apa pula ini

Dody K, Editor Senior KAORI Newsline

Hideaki Anno yang saya kenal itu cuma Nadia.

Shofa P, Kontributor KAORI Newsline

ME!ME!ME! menampilkan suatu video musik yang unik, di mana karena tanpa lirik, inti lagu hanya bisa didapat dari videonya. ME!ME!ME! sendiri seperti menceritakan seseorang yang depresi dan melampiaskannya pada satu hal yang merugikan, lalu terjerumus ke dalamnya. Pada suatu titik, orang tersebut bangkit karena ingat akan suatu hal penting yang layak untuk dibela, namun dikeranakan niat dan tidak ada dukungan, perlawanan tersebut sia-sia belaka dan orang tersebut kembali ke posisi awal. Suatu hal di mana intinya, perjuangan itu perlu niat dan dukungan, namun bisa membuat seseorang menyerah dan bila gagal, ia akan kembali nelangsa seperti sediakala.

Marwa P, Kontributor KAORI Newsline

ME!ME!ME! Adalah sebuah kisah tentang seorang pemuda yang lari dari kenyataan dengan melakukan rekreasi narkotik. Ditengah-tengah sesi rekreasi, dia justru teringat kembali dengan masalah yang membuatnya lari dari kenyataan.

Luthfi S.A, Kontributor creativedisc.com dan KAORI Newsline

ME!ME!ME! yang merupakan proyek dari Studio Khara studio besutan sutradara anime paling kontroversial bernama Hideaki Anno. Proyek ini merupakan proyek video klip sebuah lagu hasil dari TeddyLoid yang pernah membuat musik untuk Panty, Stocking & Garterbelt. ME!ME!ME! mempunyai tema yang kuat tentang dissociative reality dan lust dimana si pameran utama (lelaki) mempunyai fetish terhadap hal yang berbau 2 dimensi dan seolah-olah dia menganggap bahwa dunia 2 dimensi itu nyata dan seolah menjamah dia. Tema dissociative reality pun muncul ketika gambar yang dia fantasikan berubah menjadi nyata dan terus menghantui dia sampai dia akhirnya putus asa dan bunuh diri. Ternyata yang membuat dia begitu desperate karena dia meninggalkan hal yang nyata dan menjadikan dunia dua dimensi sebagai pelariannya. Soal animasi, Khara yang notabene isinya adalah beberapa orang Gainax masih mampu menawarkan animasi yang trippy, fast paced and vulgar. Meskipun saya sedikit merasa aneh dengan musiknya yang tidak bisa menjaga temponya dan seolah naik turun namun karya selama 4 menit ini saya bilang sudah lumayan karena masih bisa memainkan gaya khas Gainax, out of the box, mengandung simbolisme meskipun anime pendek ini penuh dengan erotisme yang sebenarnya cukup aneh dan mengganggu, but hey that’s what Gainax did in the past!

KAORI Newsline | situs resmi

1 KOMENTAR

  1. Walaupun tampak vulgar, sya sebagai seorang penikmat anime sangat mendapati pesan ini. Dan alhamdulillah sya masih bisa menjaga batas penggunaan waktu dengan anim dan kegiatan harian. Mungkin jika dilihat dari org dngan sudut pandang yng terjadi hal reaksi pasti berbeda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.