Normalnya anime fantasi dengan karakter overpowered memiliki ciri khasnya sendiri baik itu dari visual, penceritaan, ataupun karakternya. Sebut saja anime seperti Sword Art Online dan Arifureta. Kedua anime itu memiliki ciri khasnya dengan karakter yang keren dan cerita yang cukup seru. Namun anime Shikkakumon no Saikyou Kenja berkata sebaliknya. Anime ini merupakan gambaran bukti nyata bahwasannya anime ini terkadang cukup generik dan kadang tidak begitu menarik jika tidak dieksekusi dengan benar.

Anime Shikkakumon no Saikyou Kenja sendiri merupakan adaptasi anime dari novel ringan dengan judul yang sama. Novel ringan tersebut ditulis oleh Shinkoshoto dan diilustrasikan oleh Huuka Kazabana. Seri ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2016 melalui situs Shousetsuka ni Narou. Seri ini kemudian diterbitkan melalui label GA Novel dan turut diadaptasi menjadi komik oleh LIVER JAM&POPO pada tahun 2017. Adaptasi animenya sendiri diproduksi oleh studio J.C. Staff dan tayang pada musim dingin 2022.  Apakah anime ini dapat menjadi tontonan #kaoreaders selanjutnya? Mari simak ulasan berikut ini.

Premis cerita

© FACILITATED ISLANDS SB CREATIVE/ “THE STRONGEST SAGE OF DISQUALIFIED CREST” PRODUCTION COMMITTEE

Anime Shikkakumon no Saikyou Kenja menceritakan kisah ribuan tahun setelah Gaius memutuskan untuk bereinkarnasi di masa yang akan datang untuk dapat membuatnya menjadi penyihir yang lebih kuat lagi terutama dalam pertarungan. Karena di dunia ini masa depan seseorang telah ditentukan sejak kelahirannya dengan adanya tanda lahir. Akhirnya setelah ribuan tahun Gaius terlahir kembali menjadi seorang lelaki bernama Mathias dengan tanda lahir yang setidaknya lebih tinggi daripada dirinya di masa lalu. Terlahir kembali di masa depan, Mathias terkejut bahwasannya ras manusia semakin melemah terutama dalam bidang sihir. Di sisi lain terdapat ancaman penyerangan dari ras iblis untuk menghancurkan umat manusia. Karena itu Mathias berencana untuk membunuh iblis yang ada, agar dapat menjadi sosok terkuat di dunia ini.

Dalam perjalanannya Mathias bertemu dengan berbagai teman yang membantu dirinya dalam perjalanannya untuk membunuh para iblis. Bagaimanakah kisah perjalanan Mathias? Apakah Mathias mampu menyelamatkan dunia dari serangan iblis? 

Cerita sederhana mengenai karakter yang overpowered

© FACILITATED ISLANDS SB CREATIVE/ “THE STRONGEST SAGE OF DISQUALIFIED CREST” PRODUCTION COMMITTEE

Jika saya harus menyimpulkan cerita yang disajikan anime ini maka yang dapat saya katakan… Setelah ribuan tahun, ras manusia kini semakin melemah dan ancaman iblis kini semakin membesar, bahkan ancaman tersebut dapat menghancurkan seluruh ras manusia. Namun beruntunglah Mathias, lelaki yang merupakan reinkarnasi dari penyihir legendaris Gaius hadir untuk menyelamatkan dunia. Walaupun ia terlahir kembali dengan keinginan yang ia inginkan, namun ia tetap mendapatkan tanda lahir terendah, setidaknya tanda lahir itu mampu memperbesar kekuatan sihirnya. Terlepas dari itu, karena tanda lahir itu, ia kerap dilecehkan oleh orang-orang di sekitarnya.

Walaupun begitu, sama seperti karakter overpowered lainnya, ia memiliki sikap yang tenang dan ingin menjadi yang terbaik. Karena itu ia kerap menunjukan kekuatannya sebagai bukti bahwa ia bukanlah sosok yang harus diremehkan, bahkan ia langsung mendapatkan restu raja untuk membantu kerajaannya.

Setelah menonton ceritanya dari awal hingga akhir, bagi saya penceritaan di sini masih cukup “tergesa-gesa”. Sebut saja pada episode awal. Walaupun memang sudah dijelaskan secara singkat dan cepat mengapa Gaius harus bereinkarnasi di masa depan, masih ada saja “plot hole” di mana ceritanya terasa lompat begitu saja. Pada episode awal tersebut setelah ia bereinkarnasi menjadi Mathias, kita langsung disajikan ia tengah dalam perjalanan ke ibukota. Lalu karena Mathias sendiri mempunyai ingatan masa lalunya, setiap kali ada masalah atau kejadian, saya langsung mengetahui template ceritanya. 

  1. Mathias berkelana bersama teman.
  2. Mathias menemukan masalah.
  3. Mathias mengingat masalah serupa atau kejadian yang pernah ia lakukan di masa lalu.
  4. Mathias menyelesaikan masalah itu.

Menurut saya hal itu wajar saja dan bahkan saya tidak mempermasalahkan hal itu bila anime ini tidak selalu menunjukan hasil penyelesaian yang begitu saja. Sepanjang 12 episode ini, hampir tidak ada tantangan yang berbahaya bagi Mathias dan kawan-kawannya. Mereka dapat menyelesaikan masalah itu dengan cepat, sehingga setiap episodenya selalu terlihat dengan jelas akhir cerita masalah itu. Sehingga dari sisi cerita sendiri saya kurang menyukai anime ini, begitu pula pada aspek perkembangan karakternya…

Perjalanan sang karakter utama

© FACILITATED ISLANDS SB CREATIVE/ “THE STRONGEST SAGE OF DISQUALIFIED CREST” PRODUCTION COMMITTEE

Bila melihat perkembangan karakter, maka dapat saya katakan satu hal. Cerita ini sangat berfokus pada “Mathias”, hampir 70% cerita terfokus pada dirinya dan bagaimana ia dapat menggunakan ilmu di masa lalunya untuk menyelesaikan masalah. Hanya saja mathias sendiri tidak memiliki perkembangan karakter yang cukup baik, karena dia sendiri hanya mewarisi karakter di masa lampaunya, tidak ada momen di mana ia merasa pasrah, sedih, atau gembira. Semua terasa statis.

Karakter yang saya lihat ada perkembangannya hanya perempuan yang disukai oleh Mathias yaitu Lurie. Lurie sendiri digambarkan sebagai sosok perempuan yang pendiam dan pemalu, namun seiring berjalannya waktu ia menjadi semakin percaya diri dan berani untuk menyelesaikan masalah dengan segera. Namun sedikit sekali cerita yang menggambarkan siapa Lurie sebenarnya atau bahkan Alma teman terdekatnya. Penonton hanya diberikan cerita masa lalu Iris, dan itupun hanya sekilas saja. Ketiga karakter perempuan pendamping Mathias hanya diberikan karakteristik masa kini dan seperti apa mereka berkembang seiring perjalanan.

Begitu pula karakter sampingan dan musuh iblis yang dihadapi mereka. Karakter sampingan sangat terasa seperti karakter “numpang lewat” dan karakter peramai tanpa ada maksud dan tujuan tertentu dalam cerita anime ini. Iblis sendiri terasa seperti sosok yang hanya ingin melakukan sesuatu tanpa ada motivasi khusus mengapa mereka harus melakukan itu. Padahal iblis itu sendiri kenal dengan sosok Mathias, namun penonton tidak mendapatkan informasi lebih detil mengenai latar belakang para musuh di sini. Setidaknya permasalahan cerita dan karakter ini dapat dijustifikasikan dengan penggambarannya yang “cukup”

Ulasan anime Shikkakumon no Saikyou Kenja berlanjut ke halaman berikutnya.

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.