Kupas Tuntas Industri Esports dalam Webinar SEA Talks UniPin!

0

Sebagai rangkaian dari UniPin SEACA 2022, UniPin Community (UNITY) menyelenggarakan webinar SEA Talks secara daring sejak 15 November hingga 23 November. Meski telah berakhir, seluruh webinar SEA Talks layak dan menarik untuk disaksikan kembali melalui kanal YouTube UniPin Gaming.

SEA Talks mengundang 19 orang narasumber profesional untuk membagikan pengalaman mereka dalam berkarier, khususnya kaitannya dengan industri esports. Berbagai permasalahan, intrik, dan seluk-beluk industri esports dibahas secara lengkap dalam webinar-webinar ini. Beberapa topik yang dibawakan dalam SEA Talks antara lain adalah pembahasan seputar perkembangan esports di kawasan Asia Tenggara, komunitas esports, hukum, dan topik-topik menarik lainnya.

Yudistira Adipratama, Managing Partner K-Case Lawyer, sebuah firma hukum pertama di Indonesia yang didedikasikan untuk esports dan M. Rasyad Wibisono “8Ken”, seorang shoutcaster dan Jr. Legal Counsel di PT Elnusa TBK dalam webinar bertajuk “Intricacies of Esports Law” menjelaskan tentang perspektif komunitas dan industri gaming soal hukum dan penegakannya.

“Komunitas gaming Indonesia saat ini sudah mulai mengerti tentang kebutuhan dan pengaruh dari hukum dan penegakan hukum. Para pelaku esports juga sudah menaati hukum pada level preventif dan bukan di level represif, dan menurut saya hal itu sudah sangat baik.”

Pada webinar lainnya bertajuk “The Growth of Esports in SEA”, CEO Antarupa Ivan Chen dan Country Manager UniPin Filipina DC Dominguez menyatakan bahwa selama orang masih bermain games, pertumbuhan industri esports masih akan terus bergerak maju. Namun, perkembangan teknologi tentu juga berperan penting dalam pengaruhnya atas masa depan industri ini.

Adapun wawasan menarik lainnya dari webinar bertajuk “Infiltrating the Pro Scene”, Muslih Wahyudi Rachman selaku Pelatih dari Timnas Free Fire, Elz Indriani seorang Sim Racer dan Content Creator, serta Brando Oloan selaku Manajer dari tim Talon Dota 2 menjelaskan bahwa pribadi dan motivasi dari setiap individu adalah penentu utama dalam keberhasilan karier di dalam pro scene industri esports.

“Yang pertama kita harus paham ability kita, kemudian bisa menentukan dan menekuni game apa yang mau kita geluti, lalu tentukan juga role-model agar kita lebih termotivasi dan bisa meniru jalan dan cara-cara bermain yang ia lakukan.”

Temukan beragam topik-topik menarik lainnya dalam webinar SEA Talks SEACA 2022 dari para narasumber profesional lainnya yang dapat disaksikan kembali di kanal YouTube UniPin Gaming. Informasi lebih lanjut terkait kegiatan UniPin dapat diakses melalui instagram resmi @unipinindonesia.

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.