BAGIKAN

frozen

Lembaga survei pasar di Jepang Oricon mengumumkan bahwa penjualan Blu-Ray dan DVD film Anime buatan Walt Disney Frozen telah terjual sebanyak 2.269.477 keping selama tahun 2014. Angka ini telah memecahkan rekor penjualan terbanyak sejak tahun 1991.

Adapun peringkat kedua diraih oleh Puella Magi Madoka Magica The Movie Part 3: Rebellion yang mencatat penjualan sebesar 154.042 kopi.

Advertisement Inline

Frozen tercatat telah melampaui rekor yang sebelumnya dipegang oleh Spirited Away karya Studio Ghibli di mana Spirited Away tercatat telah terjual sebanyak 2.039.000 kopi pada tahun 2002 lalu meskipun Spirited Away masih tercatat sebagai pemegang rekor total penjualan video terbesar di Jepang sebanyak 2.403.000 kopi.

Frozen adalah film Anime dengan grafik 3D yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures pada tahun 2013. Diinspirasi dari dongeng The Snow Quenn karya Hans Christian Andersen. Bercerita mengenai petualangan seorang Putri pemberani yang bertualang bersama manusia gunung untuk mencari kakak perempuan sang putri yang menyebabkan kerajaan mereka mengalami musim salju abadi.

Di Jepang sendiri Frozen dikenal sebagai Ana to yuki no joō atau Anna and the Snow Quenn dan memecahkan rekor box offices di Jepang selama 16 minggu berturut-turut dan masih digemari publik di Jepang terutama semenjak versi DVD dan Blu-Raynya dirilis. Adapun sehari sebelum perilisan Blu-Raynya di Jepang, Frozen sendiri sudah tersedia di berbagai situs Video on Demand yang juga dilaporkan telah memecahkan rekor.

KAORI Newsline | Courtesy of Oricon & Anime News Network