Dirintis pada April 2020, Muse Indonesia didedikasikan untuk mempromosikan anime Jepang berlisensi kepada para penggemar anime di Indonesia. Selama 4 tahun terakhir, Muse Indonesia telah menjadi platform yang signifikan di pasar anime Indonesia, secara konsisten mencapai jumlah subscriber dan jumlah penonton yang memecahkan rekor. Sejak peluncuran serial anime pertamanya “The God of High School” pada 22 September 2020, saluran ini telah dengan cepat mengembangkan basis pelanggannya, menarik banyak penggemar anime. Serial seperti “Kemono Jihen” dan “Mushoku Tensei” menjadi serial yang viral dan memicu diskusi yang luas. Anime yang paling banyak ditonton di saluran ini, “Tokyo Revengers”, telah mengumpulkan lebih dari 400 juta penayangan, mengukuhkan dirinya sebagai kanal favorit.
Pada tanggal 12 Juli 2022, Muse Indonesia memperkenalkan anime sulih suara bahasa Indonesia pertamanya, “Classroom of the Elite,” disertai dengan video promosi yang dibawakan oleh pengisi suara dari Indonesia, Amar Saifullah. Versi sulih suara “SPY×FAMILY” yang diluncurkan pada tahun 2022 menjadi sangat populer di kalangan penggemar. Pengisi suara Purin memikat banyak penonton dengan penggambarannya yang luar biasa atas karakter “Anya”, yang mengarah pada peningkatan yang signifikan pada pelanggan saluran tersebut.
Selain dari streaming online, merchandise dan acara offline tentang anime juga berkembang pesat di Indonesia. Baru-baru ini, anime populer seperti “Dan Da Dan” dan “Attack on Titan” telah meluncurkan serangkaian kegiatan lisensi di Indonesia. Merchandise edisi terbatas untuk “Dan Da Dan,” yang dibuat dengan kolaborasi bersama Mono.goods, terjual dengan cepat. Toko pop-up “Attack on Titan” di AEON Mall di Jakarta juga berjalan lancar. Selain itu, REXUS akan merilis rangkaian produk elektronik konsumen yang menarik dalam kolaborasi dengan “Attack on Titan.” Lebih banyak lagi merek elektronik dan fesyen akan diluncurkan sepanjang tahun ini. Terlebih lagi, film “Attack on Titan: THE LAST ATTACK” yang sangat ditunggu-tunggu akan tayang perdana pada tanggal 14 Februari. Untuk informasi lebih lanjut mengenai film ini dan berita perizinan terkait, pastikan untuk mengikuti saluran sosial MUSE untuk mendapatkan informasi terbaru!
Dalam waktu kurang dari satu tahun setelah peluncuran salurannya, Muse Indonesia berhasil melampaui 1 juta subscriber dan mendapatkan YouTube Golden Play Button. Kini, setelah lebih dari empat tahun, channel ini telah melampaui sepuluh juta subscriber dan mendapatkan YouTube Diamond Play Button. Ke depannya, Muse Indonesia berencana untuk merilis lebih banyak konten sulih suara berbahasa Indonesia, untuk semakin memperdalam kehadirannya di pasar Indonesia sambil terus menyediakan konten anime Jepang berlisensi. Para penggemar dihimbau untuk terus mengikuti perkembangannya.
KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.