Netflix Dominasi Dunia Streaming Anime Global

0
Kusuriya no Hitorigoto Streaming Anime Netflix
© Natsu Hinata, Housewife's Friend Infos / "The Pharmacist's Talk" Production Committee

Sebuah studi terbaru dari Dentsu mengungkap bahwa Netflix saat ini menjadi platform utama dalam streaming anime secara global. Sebanyak 48% responden dari survei di 10 negara menyatakan mereka berlangganan Netflix demi konten anime. Posisi ini diikuti oleh Disney+ dengan 32%, dan Prime Video di 29%.

Anime Jadi Alasan Pilih Layanan Streaming

Dalam era perang platform streaming yang makin sengit, streaming anime menjadi pertimbangan utama bagi banyak penonton saat menentukan langganan. Studi ini juga mencatat bahwa sekitar 31% konsumen global menonton anime setidaknya sekali dalam seminggu, dan satu dari tiga penonton berasal dari AS.

Dominasi Netflix di Berbagai Wilayah

Netflix menguasai pasar Amerika Serikat dengan 63% penonton anime memilih platform ini, diikuti oleh Hulu dan Disney+ yang sama-sama mencatat 46%. Sementara itu, di wilayah Asia Pasifik, Netflix memegang pangsa pasar 36%, disusul YouTube TV dengan 26% dan iQiyi dari Tiongkok sebesar 25%.

Penonton Anime: Loyal dan Boros!

Penonton streaming anime ternyata sangat royal. Sebanyak 28% dari mereka menghabiskan lebih dari 200 dolar AS untuk merchandise anime dalam satu tahun terakhir. Di AS, angka ini bahkan mencapai 40%, menunjukkan bahwa anime bukan sekadar tontonan, tapi juga gaya hidup.

Alasan Memilih Anime Ketimbang Hollywood

Kelelahan terhadap sekuel dan remake Hollywood jadi salah satu alasan utama penonton AS beralih ke anime. Sebanyak 29% dari mereka mengungkap hal ini. Selain itu, faktor “cerita dan dunia yang unik” (39%), “variasi genre” (36%), dan “minat terhadap budaya Jepang” (32%) juga jadi pemicu utama kecintaan terhadap anime.

Generasi Z dan Milenial Jadi Tulang Punggung

Penonton anime mingguan didominasi oleh Gen Z dan Milenial, masing-masing sebesar 50%. Sebaliknya, hanya 9% dari generasi Baby Boomers yang rutin menonton anime setiap minggu. Di kawasan Asia Pasifik, angka penonton mingguan mencapai 48%, jauh lebih tinggi dari AS (36%) dan Eropa (21%).

KAORI Newsline | Sumber

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses