gundam the origin

Mobile Suit Gundam The Origin adalah Animasi Feature yang diadaptasi dari media Komik berjudul sama, yang diterbitkan oleh Kadokawa. Mobile Suit Gundam The Origin Ep I ~Blue-Eyed Casval~ bercerita tentang masa lalu dari Karakter Antagonis di Universal Century Universe, Char Aznable (Casval Rem Deikun) dan adiknya Sayla Mass (Artesia Som Deikun).

Universal Century 0068, Zeon Zum Deikun ayah dari Casval dan Artesia akan mendeklarasikan kemerdekaan Republik Munzo dari Federasi Bumi. Pada saat Zeon Deikun akan berpidato di Parlemen Munzo, Zeon Deikun terkena serangan jantung setelah meminum air yang disediakan di podiumnya.

Advertisement Inline

Astraia, Istri dari Zeon, dan anaknya Casval dan Artesia datang ke Gedung Parlemen untuk mengetahui keadaan Zeon. Namun pada saat mereka memasuki ruangan, Zeon sudah meninggal dan Artesia menjerit Histeris setalah melihat Jasad ayahnya. Terjadi demonstrasi besar akibat meninggalnya Deikun yang berujung pada konflik politik. Konflik politik ini akhirnya mengubah kehidupan Casval dan Artesia sebagai anak dari Zeon Deikun.

Untitled

Mobile Suit Gundam The Origin Ep I, seperti judulnya menceritakan kembali Gundam 0079 dengan detail masa lalu karakter yang ada di serial Gundam pertama. Tidak seperti film Gundam pada umumnya dimana porsi drama dan Action bisa dikatakan seimbang. Porsi Drama lebih banyak dibanding dengan Action, unsur Action tertinggi hanya pada Scene awal film. Hal ini cukup kurang disenangi oleh penonton terbiasa dengan banyaknya Action di Film Mecha. Kurangnya adegan Action disebabkan karena cerita yang berfokus pada konflik politik internal di Side 3 Wilayah Otonomi Republik Munzo. Perebutan kekuasaan tidak dilakukan dengan cara pemberontakan yang militer, namun menggunakan cara pembunuhan lawan politik dengan menggunakan pihak lain untuk membunuh, serta mengkambinghitamkan pihak yang tidak bersalah dengan cara membentuk persepsi publik melalui media massa. Kekurangan ini pula yang menjadi sebagai ciri khas dan keunggulan serial Gundam klasik yang membuatnya berbeda dari seri Mecha lainnya, mempunyai intrik politik yang kuat.

Hal yang unik dari film ini yaitu karakter Casval dan Artesia. Casval meskipun umurnya masih anak-anak dia memiliki sifat yang lebih dewasa dibanding dengan anak seumurannya. kedewasaan Casval ditunjukkan pada saat Kycilia Zabi menemuinya untuk melakukan perundingan dengannya. Interaksi Casval dengan orang tuanya lebih rendah di bandingkan dengan Artesia. Artesia lebih mempuyai sifat yang lebih manja dibandingkan dengan Casval yang berkarakter dingin. Karakter Artesia yang manja dengan Ibunya menimbulkan rasa simpati bagi penonton karena Artesia yang masih kecil harus merasakan dampak dari kejamnya politik pada saat itu. Beberapa adegan mengandung unsur komedi yang mengurangi suasana tegang yang ada di film ini.

Untitled

Animasi 3d pada adegan pertempuran dan adegan lainnya cukup hidup dan di render seperti animasi 2d, sehingga menyatu dengan objek dan karakter yang dianimasikan secara 2d. Musik yang digunakan beberapa yang menggunakan OST musik Gundam 0079 pertama, Musik yang mengiringi adegan mendukung suasana dan adegan yang sedang berlangsung. Mechanical Design yang aslinya di desain oleh Okawara Kunio, dikembangkan oleh Hajime Katoki yang memiliki ciri khas yang membuat Mecha yang ada di Anime ini terlihat real karena detail dan proporsi dari Mecha terutama dari desain Mobile Suit.

Mobile Suit Gundam The Origin Ep I merupakan anime yang bagus untuk ditonton, namun ada yang kurang mengerti ceritanya karena merupakan penjawab pertanyaan-pertanyaan yang masih ada di serial TV Mobile Suit Gundam. Film ini menarik bagi penggemar Universal Century Universe, tetapi kurang ditangkap yang bukan Penggemar dari Universal Century Universe.

KAORI Newsline | oleh Andira Irawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.