BAGIKAN

morpheus

Sejak awal kemunculannya, teknologi dalam dunia game terus mengalami perkembangan. Dimulai dari game konsol, handheld, motion-gaming, hingga sekarang dimana sudah banyak developer yang mengembangkan berbagai perlengkapan VR Headset. Salah satu pihak yang turut mengembangkan perangkat VR adalah Sony.

Perusahaan elektronik yang juga dikenal dengan konsol game Sony PlayStation ini telah lebih dari satu tahun mengumumkan bahwa pihaknya akan mengembangkan sebuah perangkat VR Headset. Meski telah sedikit tertinggal dari Occulus Rift dan Re Vive Headset, baru-baru ini Sony memberikan pengumuman terkait pengembangan perangkat Morpheus.

Advertisement Inline

Dalam perhelatan Game Developers Conference (GDC) 2015, Shuhei Yoshida, selaku presiden dari Sony Computer Entertainment Worldwide Studios memberikan beberapa keterangan mengenai kelanjutan proyek Morpheus. Menurutnya, pihak Sony baru akan berencana merilis perangkat Morpheus VR Headset ini untuk konsol PS4 pada pertengahan tahun 2016 mendatang.

Selain mengumumkan rencana perilisan, Yoshida juga menyampaikan beberapa perubahan pada model terbaru perangkat Morpheus VR yang sedang dikembangkan. Perangkat Morpheus VR ini memiliki resolusi 1920 x RGB x 1080 OLED Display dengan ukuran lebar sebesar 5.7 Inci. Selain itu, berbeda dengan model prototipe sebelumnya, pada model kali ini kualitas grafis yang dihasilkan mampu dijalankan dengan 120hz refresh rate serta penurunan latency hingga 18ms (dua kali lebih baik dibanding model sebelumnya).

morpheus-640x426

Memiliki fitur head-tracking, dimana pengguna dapat menggerakkan karakter dalam game dengan gerakan kepala, model terbaru Morpheus VR Headset ini dilengkapi dengan 9 buah LED untuk menghasilkan akurasi gerakan yang pas. Tidak hanya dari fitur saja yang diperbaiki, model terbaru ini juga memiliki desain yang memudahkan pengguna untuk memakai dan melepaskan perangkat ini.

Meski telah diumumkan beberapa detail dari perangkat ini, namun hingga saat ini Sony masih belum mengumumkan nama resmi dari perangkat ini. Terkait apa saja game yang akan dapat dimainkan dengan perangkat ini juga masih belum diumumkan.

Yoshida menambahkan bahwa detail lebih lanjut mengenai Morpheus akan diumumkan pada perhelatan E3 tahun ini. Ia juga menyatakan bahwa pada E3 nanti akan disampaikan detail mengenai game apa saja yang dapat dimainkan dengan perangkat ini. Bagi sang presiden dari perusahaan elektronik ternama ini, menyatakan bahwa “virtual reality adalah inovasi berikutnya dari Playstation yang akan membentuk masa depan dari dunia game”.

KAORI Newsline

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.