Ennichisai Blok M 2015: Perpaduan Budaya Tradisional Dan Budaya Pop

1

IMG_9121

Sempat dikabarkan tidak akan diselenggarakan kembali, akhirnya perhelatan akbar Ennichisai Blok M 2015 pun kembali hadir. Pada akhir pekan lalu, tepatnya pada tanggal 9-10 Mei 2015, area Blok M Square dipadati oleh para pengunjung Ennichisai yang cukup antusias menjadi bagian dari perhelatan akbar ini.

Ketika Blok M Square Dipadati Penggemar Budaya Jepang

11247801_922610434493023_1203194313255011205_n

Sudah seakan menjadi satu tradisi sendiri, dimana pada setiap penyelenggaraan Ennichisai Blok M, area Blok M Square yang menjadi venue akan dibanjiri oleh lautan pengunjung. Pada penyelenggaraan di tahun 2015 ini, Ennichisai masih tetap diramaikan oleh para pengunjung.

Advertisement Inline

Di setiap pelosok area Little Tokyo, dipenuhi oleh para pengunjung yang hadir. Salah satu yang membuat keramaian yang cukup luar biasa ini adalah karena banyaknya hal menarik yang terdapat di sekitar area Little Tokyo.

Perpaduan Apik Antara Budaya Tradisional Dengan Budaya Pop

DSC08811

Salah satu daya tarik utama dari perhelatan Ennichisai Blok M adalah dipadukannya kebudayaan tradisional Jepang dengan budaya pop Jepang. Bagi anda yang menggemari budaya tradisional Jepang, area Little Tokyo Ennichisai adalah area yang dapat menjawab keinginan anda. Dan pada Ennichisai pekan lalu, area Little Tokyo masih tetap menawarkan daya tarik kebudayaan tradisional Jepang seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pada area Little Tokyo Ennichisai yang terbentang di area Blok M ini ditampilkan berbagai atraksi budaya tradisional Jepang. Berbagai atraksi kebudayaan tradisional Jepang mulai dari seni musik, tari, hingga makanan pun dihadirkan disini.

11165164_922613984492668_514655428350406788_n

“Sangat senang bisa menjadi bagian dari Ennichisai tahun 2015 ini.” ujar Setya yang bertugas sebagai pembawa Omikoshi di perhelatan Ennichisai pekan lalu.

Selain ditampilkan di jalanan, pada area Little Tokyo Ennichisai Blok M juga terdapat panggung utama. Di panggung inilah berbagai aksi budaya tradisional Jepang ditampilkan. Namun menariknya, tidak hanya musik tradisional saja yang menjadi sajian dari panggung utama ini, tetapi ada juga pertunjukan dari musik modern yang ditampilkan di panggung ini.

DSC08720

Tidak hanya menampilkan budaya tradisional saja, Ennichisai Blok M 2015 diramaikan oleh sajian kebudayaan populer Jepang, pada Ennichisai Blok M 2015 juga diramaikan oleh aksi budaya tradisional asal Jakarta. Salah satu budaya tradisional asal Jakarta yang meramaikan acara ini adalah Tanjidor.

Diramaikan Oleh Berbagai Bintang Tamu

Ennichisai tahun ini bisa dibilang sebagai Ennichisai yang diramaikan oleh berbagai bintang. Hal tersebut karena pada Grand Final CLAS:H 2015, Pop Culture Stage menampilkan berbagai bintang tamu yang cukup menarik antusiasme para pengunjung.

Berbagai grup idola asal Jepang meramaikan perhelatan Grand Final CLAS:H 2015 pekan lalu. Grup idola yang meramaikan perhelatan ini adalah Pink Babies, LOVE ANDROID, Faint Star, Tokyo Hits Joushi dan juga Starmarie. Selain grup idola, terdapat juga penyanyi Faylan dan Hiroaki Kato yang meramaikan Ennichisai tahun ini.

“Ennichisai tahun ini masih tetap lumayan meriah dan seru, namun sayang disaat Faylan tampil dipanggung sempat gerimis dan membuat agak sepi.” ujar Hood, salah satu pengunjung yang menghadiri Ennichisai Blok M 2015.

Tidak hanya diramaikan oleh grup idola saja, perhelatan Grand Final CLAS:H 2015 juga dihadiri oleh cosplayer ternama asal Jepang, Kisaki Urumi. Antusias para pengunjung cukup besar pada sosok cosplayer wanita ini.

kiyono-yasuno-saekano-seiyuu-ennichisai

Salah satu bintang utama dari panggung Pop Culture Stage adalah kehadiran salah satu seiyuu (pengisi suara) asal Jepang yakni Kiyono Yasuno. Seiyuu yang menyuarakan karakter Kato Megumi di seri anime Saekano (Saenai Heroine no Sodate-kata) ini berhasil memancing antusias para pengunjung. Terbukti saat ia tengah naik keatas panggung, banyak teriakan dari penonton yang menginginkan dirinya menyuarakan suara dari karakter Kato Megumi. Hal tersebut membuat Kiyono Yasuno sempat kaget begitu mengetahui karakter Kato Megumi dari seri anime Saekano cukup terkenal di Indonesia.

Diwarnai Berbagai Kompetisi Menarik

Selain menawarkan kebudayaan tradisional dan pop, serta bintang tamu, Ennichisai 2015 juga diramaikan oleh berbagai kompetisi yang tidak kalah menarik. Berbagai kompetisi ini digelar baik di area panggung utama Little Tokyo Ennichisai maupun di area Pop Culture Stage.

DSC08717

Untuk di area panggung utama, digelar Yosakoi Contest yang cukup menarik antusiasme pengunjung. Menariknya pemenang juara 1 & 2 dari Yosakoi Contest ini langsung mengadakan pertunjukan di hari kedua Ennichisai 2015.

_MG_1070

Dari area Pop Culture Stage, digelar berbagai macam perlombaan. Selain kompetisi utama yakni perlombaan cosplay Grand Final CLAS:H serta ICGP (Indonesia Cosplay Grand Prix), tahun ini Pop Culture Stage menampilkan berbagai macam perlombaan yang tidak kalah menarik.

Tahun ini Pop Culture Stage menampilkan berbagai perlombaan diantaranya adalah Dance Cover Competition, Ramen Contest, serta Seiyuu Contest. Pada saat perhelatan Dance Cover Competition, pengunjung memadati area Pop Culture Stage untuk melihat kebolehan aksi dari para peserta.

Lomba yang cukup mendapat banyak perhatian adalah Seiyuu Contest. Pada Seiyuu Contest ini, para peserta harus mengisi suara dari karakter yang ada di berbagai seri anime. Aksi para peserta yang mengisi suara ini cukup memukau lantaran kemampuan para peserta untuk menjiwai suara dari karakter yang disuarakan. Hadirnya Kiyono Yasuno sebagai juri dalam perlombaan ini juga menjadikan perlombaan ini semakin ramai.

Akhir kata, perhelatan Little Tokyo Ennichisai Blok M 2015 yang sempat diberitakan tidak akan terlaksana berhasil kembali dilaksanakan dengan sangat meriah. Berbeda dari event khas Jepang lainnya yang hanya menampilkan bazaar, unsur budaya dari Ennichisai sangatlah kental dan mampu menarik antusias yang sangat tinggi.

DSC08705

Banyaknya bintang tamu yang hadir pada Grand Final CLAS:H 2015 juga menjadi penambah kemeriahan dari perhelatan Ennichisai tahun ini. Dari cosplayer hingga seiyuu asal Jepang berhasil memukau para pengunjung yang memadati area Blok M Square pekan lalu. Seperti namanya, Ennichisai 2015 menyuguhkan suasana Little Tokyo yang kental dengan budaya tradisional dan pop bagi para pengunjungnya. Semoga kemeriahan ini masih akan terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya.

Berikut ini adalah beberapa momen lain yang berhasil ditangkap oleh kru KAORI Newsline pada Ennichisai 2015:

This slideshow requires JavaScript.

KAORI Newsline | Teks oleh Rafly Nugroho | Foto oleh Irfan Dhafirwan, Halimun Muhammad, & Johan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.