BAGIKAN

sanggar prathivi

Requiescat in pace

Telah meninggal dunia pada hari Jum’at 22 Mei 2015 dinihari tadi, Rm. Alb. Brotodarsono, S.J. Anggota senior dari Ordo Serikat Jesus Provinsi Indonesia (Provindo) yang juga adalah mantan Direktur dari Sanggar Prathivi. Almarhum meninggal dunia di RS St. Elisabeth Semarang, dalam usia 81 tahun.

Advertisement Inline

Sanggar Prathivi adalah sebuah studio yang bergerak di bidang pelayanan sosial dan berdiri tahun 1965. Ide didirikannya ini dicetuskan oleh Pater V. Daniels, S.J. atau yang lebih dikenal sebagai Romo Daniels. Sejak awal tahun berdirinya, Sanggar Prathivi telah mendominasi tayangan film iklan maupun radio. Mulai dari iklan Radio/TV hingga dubbing, dan dari Video Dokumenter hingga Film dan Showbiz pada masanya.

Sanggar Prathivi (1965 – 2011) adalah satu-satunya sanggar yang bergerak dalam bidang radio, televisi, dan film pada masanya. Tak terhitung berapa banyak artis yang pernah malang melintang menimba ilmu di Sanggar Prathivi. Sebut saja Dedy Sutomo, Tan Tjeng Bok, Sukarno M Noor, Armand Donida. Di Sanggar Prathivi pulalah banyak Seiyuu-Seiyuu papan atas di Indonesia menimba ilmu dan karirnya seperti Asriati, Ivonne Rose, Elly Kusuma, Maria Oentoe, Agus Nurhasan, Jumali Jindra, Ian Saybani, Denis Setiano, hingga sang legenda drama radio Saur Sepuh dan Tutur Tinular, Ferry Fadly dan Elly Ermawatie serta masih banyak lagi para Seiyuu yang tak terhitung jumlahnya. Sanggar Prathivi pulalah yang merupakan salah satu pelopor dari sulih suara film asing.

Bersama seniornya almarhum Romo Daniels, almarhum Romo Brotodarsono bertahun-tahun lamanya berkarya di Sanggar Prathivi hingga akhirnya menjadi direktur menggantikan Romo Daniels sang pendiri.

Semenjak pensiun dari Sanggar Prathivi, alm. Romo Brotodarsono SJ menikmati masa pensiunnya di Wisma Samadi Klender, Jakarta Timur dan beberapa tahun kemudian pindah ke Wisma Emmaus Girisonta, Karangjati, Ungaran, Kab. Semarang.

Jumat siang tadi, jenazah telah diberangkatkan menuju Kapel Emmaus, Kompleks Kolese Stanislaus Girisonta, Ungaran, Kab. Semarang.

Misa requiem akan berlangsung besok hari Sabtu tanggal 23 Mei 2015 di Gereja Paroki St. Stanislaus Girisonta pukul 10.00 WIB dan berlanjut dengan prosesi pemakaman di Taman Pemakaman Maria Ratu Damai Girisonta.

Segenap Keluarga Besar KAORI Nusantara mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian Almarhum. Semoga arwahnya diterima di sisinya, diampuni segala dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.